aplikasi, aplikasi edit video, aplikasi edit foto, aplikasi penghasil uang, aplikasi bpjs ketenagakerjaan, aplikasi jaki, aplikasi edit video di laptop, aplikasi bpjs kesehatan, aplikasi pinjaman online, aplikasi awal bros, aplikasi adalah, aplikasi akuntansi, aplikasi absensi online,aplikasi arisan, aplikasi accounting, aplikasi awal bros batam, aplikasi admin slot, aplikasi belajar bahasa inggris, aplikasi baca novel gratis, aplikasi buat paspor, aplikasi bibit, aplikasi bobol wifi, aplikasi belanja online, aplikasi cek bansos, aplikasi cari jodoh, aplikasi cek pajak kendaraan, aplikasi capcut, aplikasi canva, aplikasi chat, aplikasi cari teman sekitar, aplikasi cek suhu tubuh, aplikasi desain rumah, aplikasi disdukcapil, aplikasi download video, aplikasi download video youtube, aplikasi dana, aplikasi download youtube, aplikasi desain baju, aplikasi daftar paspor online batam, aplikasi edit video di hp, aplikasi edit pdf, aplikasi edit foto terbaik, aplikasi edit background foto, aplikasi edit video terbaik, aplikasi foto, aplikasi freelance, aplikasi facebook, aplikasi foto jadi kartun,aplikasi flip, aplikasi foto bergerak, aplikasi film gratis, aplikasi foto di laptop,aplikasi gambar, aplikasi ganti background foto, aplikasi get contact, aplikasi gambar di ipad, aplikasi gambar denah rumah, aplikasi gojek, aplikasi gabung foto, aplikasi google, aplikasi halo awal bros, aplikasi hijau, aplikasi hotel, aplikasi hapus background, aplikasi hitung kalori, aplikasi hd foto, aplikasi hacker, aplikasi hotel murah

Kelebihan Air Raksa Sebagai Pengisi Termometer

Kelebihan Air Raksa Sebagai Pengisi Termometer









Pengertian Termometer Raksa dan Alkohol, Keuntungan dan Kerugiannya serta Perbedaannya –


Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperature) ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin,
thermo
yang berarti bahan dan
meter
yang berarti untuk mengukur.

Termometer mempunyai beberapa jenis, yaitu seperti termometer raksa, termometer alkohol dan yang lainnya, namun pada kesempatan kali ini mimin akan lebih menjelaskan tentang termometer raksa dan alkohol saja. Adapun penjelasan jenis termometer dijelaskan lebih jelas sebagai berikut :


Termometer Raksa

Termometer yang pipa kacannya diisi dengan raksa disebut termometer raksa. Termometer raksa dengan skala celcius adalah termometer yang umum dijumpai dalam keseharian.


Termometer raksa biasanya ada tanda yang dikalibrasi pada tabung sehingga membuat temperatur dapat dibaca sesuai panjang air raksa di dalam gelas, bervariasi sesuai dengan suhu. Untuk meningkatkan ketelitian pada pada termometer tersebut, biasanya ada bohlam air air raksapada ujung termometer yang berisi besar air raksa, pemuaian dan penyempitan volume. Adapun gambar termometer raksa ditunjukkan pada gambar one.

Gambar 1. Termometer Raksa


Keuntungan



Termomer Raksa


:

Keuntungan menggunakan raksa sebagai media pengisi termometer adalah sebagai berikut:


a.



Raksa mudah dilihat karena mengkilat.


b.



Volume raksa berubah secara teratur ketika terjadi perubahan suhu.


c.



Raksa tidak membasahi kaca ketika memuai atau menyusut.


d.



Jangkauan suhu raksa cukup lebar dan sesuai untuk pekerjaan laboratorium (

40 derajat Celcius southward.d 350º Celcius).

Baca juga:  Bagaimana Cara Melakukan Kombinasi Melambungkan Melempar Menangkap Dan Berlari


east.



Raksa dapat terpanasi s
e
cara merata sehingga menunjukkan suhu cepat dan tepat.


Kerugian



Termometer Raksa


:

Kerugian menggunakan raksa sebagai media pengisi termometer adalah sebagai berikut:


a.



Raksa mahal hargannya.


b.



Raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah (misalnya suhu di kutub utara dan kutub selatan).


c.



Raksa termasuk zat berbahaya (sering digunakan “air keras”) sehingga termometer raksa berbahaya jika tabungnya pecah.


Termometer Alkohol

Termometer alkohol merupakan termometer yang menggunkan alkohol sebagai media pengukur. Termometer alkohol ini merupakan alternatif dari termometer raksa dengan fungsi yang sama. Tetapi berbeda dengan dengan raksa dalam termometer kaca, isi termometer alkohol tidak beracun dan bisa menguap lebih cepat. Dalam termometer alkohol diberi ruang di bagian atas cairan yaitu merupakan cairan dari nitrogen uap dari cairan. Apabila suhunya meningkat maka volumenya naik. Cairan yang digunakan dapat berupa etanol murni atau asetat isoamyl, tergantung pada produsen dan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan suhu. Adapun gambar termomer alkohol ditunjukkan pada gambar 2.

Pengertian Termometer Raksa dan Alkohol, Keuntungan dan Kerugiannya serta Perbedaannya

Gambar 2. Termometer Alkohol


Keuntungan



Termometer Alkohol


:

Keuntungan menggunakan alkohol sebagai media pengisi termometer adalah sebagai berikut:


a.



Alkohol lebih murah dibandingkan dengan raksa.


b.



Alkohol teliti, karena kenaikan suhu yang kecil, alkohol mengalami perubahan volume yang besar.


c.



Alkohol dapat mengukur suhu yang sangat dingin (misalnya suhu di daerah kutub) karena titik beku alkohol sangat rendah, yaitu -112º C.


Kerugian



Termomer Alkohol


:

Kerugian enggunakan alkohol sebagai media pengisi termometer adalah sebagai berikut:


a.



Alkohol memiliki titik didih rendah, yaitu 78ºC sehingga pemakaiannya terbatas, antara lain tidak dapat mengkur suhu air ketika mendidih.

Baca juga:  Di Antara Asam Berikut Yang Merupakan Asam Terkuat Adalah


b.



Alkohol tidak berwarna sehingga harus diberi warna terlebih dahulu agar mudah dilihat.


c.



Alkohol membasahi (melekat) pada dinding kaca.


Perbedaan Termometer Raksa dan Termometer Alkohol

Karena memiliki media pengisi yang berbeda pada termometer raksa dan alkohol, otomatis kedua termometer tersebut mempunyai perbedaan, adapun perbedaanya adalah sebagai berikut:


a.



Termometer raksa mempunyai raksa dalam bola sebagai cairan sensitif untuk mengukur suhu, sedangkan termometer alkohol yaitu alkohol.


b.



Alkohol tidaklah beracun, sehingga termometer alkohol lebih aman digunakan daripada termometer raksa.


c.



Termometer alkohol bisa digunakan untuk mengukur suhu yang lebih rendah. Sedangkan termometer raksa bisa digunakan untuk mengukur suhu yang tinggi.

Sumber : R.A. Hetti. 2009.
Termometer dan Kegunaannya.
Bandung : Penerbit PT. Puri Pustaka.

Kelebihan Air Raksa Sebagai Pengisi Termometer

Source: https://sekitarkita0.blogspot.com/2018/04/Termometer-raksa-alkohol-keuntungannya-kerugiaannya-perbedaannya.html