2 Cara Merubah Kode WiFi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Merubah Kode WiFi – WiFi merupakan perangkat yang sangat dibutuhkan di masa kini. Adanya pandemi membuat banyak orang terpaksa untuk tetap di rumah saja. Meskipun begitu, semua orang tetap harus bekerja dari rumah. Kegiatan WFH umumnya memerlukan koneksi internet yang akan lebih nyaman bila didukung WiFi. Saat ini, banyak orang mencari tahu cara merubah kode WiFi karena memiliki beragam alasan.

 cara merubah kode wifi

Biasanya WiFi yang baru dipasang akan memiliki password default yang sangat mudah untuk diketahui. Nah, pengaturan default ini harus segera diganti supaya koneksi WiFi tidak digunakan oleh orang lain yang tidak diinginkan pengguna. Hal itu perlu dilakukan karena ketika sudah banyak orang yang mengetahui password WiFi dan menggunakannya maka kecepatannya akan semakin menurun.

Merubah Password WiFi dengan PC

Menggunakan PC untuk merubah password WiFi adalah pilihan terbaik karena sangat mudah. Dari segi tampilan PC akan menampilkan pengaturan-pengaturan dengan lebih jelas. Proses merubah password pun juga akan lebih mudah karena layar PC lebih luas sehingga bisa meminimalisir kesalahan. Berikut ini cara merubah kode WiFi dengan PC:

1. Masuk ke Jaringan WiFi yang Akan Diganti

Langkah pertama adalah sambungkan PC dengan jaringan WiFi yang akan diganti passwordnya. Ketika sudah berhasil tersambung, beralihlah ke software browser. Proses ini bisa menggunakan software apapun.

Pada browser ketik angka 192.168.1.1 lalu klik Search. Kemudian, masukkan password dan username. Jika ini pertama kalinya pengguna merubah password WiFi maka masukkan kata admin pada 2 kolom tersebut.

Baca juga:  5 Cara Memperbaiki Router WiFi yang Tidak Bisa Connect di Handphone

2. Ganti Password WiFi

Setelah berhasil masuk ke jaringan maka sekarang pengguna bisa mulai mengatur password WiFi yang ingin digunakan. Caranya adalah dengan pergi ke menu Network. Selanjutnya, pilih WLAN lalu klik Security. Akan muncul kolom penggantian password di sebelah WPA Passphrase. Masukkan password baru dengan minimal 8 karakter. Gunakan password yang sulit ditebak supaya WiFi jadi lebih aman.

3. Lalu Ganti Nama Jaringan

Terkadang pengguna WiFi baru kurang nyaman dengan nama jaringan bawaan sehingga ingin menggantinya. Pengguna bisa melakukannya dengan cara yang tidak jauh berbeda dengan mengganti password.

Caranya pilih menu Network, kemudian klik WLAN. Setelah itu pilih SSID Settings. Di situ pengguna bisa merubah nama jaringan WiFi sesuai keinginan. Jangan lupa untuk klik Save supaya pengaturannya tersimpan.

Begini Cara Ubah Password WiFi Hanya dengan HP

Merubah password WiFi dengan HP memang agak sulit karena tampilan layar yang kecil. Namun, dengan HP pengguna bisa merubah password WiFi dengan mudah dan bisa dilakukan dimanapun. Pengguna juga tidak perlu menginstall aplikasi tambahan karena HP sudah menyediakan browser bawaan. Berikut ini cara merubah kode WiFi cukup dengan menggunakan HP:

  • Hubungkan HP dengan jaringan WiFi. Sambungkan terlebih dahulu HP dengan jaringan WiFi yang ingin diganti kodenya. Kemudian, buka aplikasi browser yang sudah tersedia di HP. Pada kolom pencarian ketik angka 192.168.1.1 lalu klik Cari. Pengguna akan diminta memasukkan password dan username.
  • Ganti sandi WiFi. Setelah berhasil masuk maka sekarang pengguna bisa mulai mengganti password sesuai keinginan. Caranya adalah dengan masuk ke menu Network. Setelah itu, klik WLAN dan pilih Security. Di sebelah WPA Passphrase akan muncul kolom untuk mengganti password. Masukkan password baru dengan jumlah minimal 8 karakter.
  • Ubah nama WiFi sesuai keinginan. Terkadang pengguna WiFi kurang suka dengan nama jaringan bawaan dan ingin menggantinya dengan nama yang baru. Seperti halnya password WiFi, pengguna juga bisa mengganti nama jaringan. Caranya pilih menu Network, kemudian masuk ke WLAN. Lalu, klik SSID Settings. Setelah itu masukkan nama jaringan sesuai keinginan.
Baca juga:  Cara Memperbaiki File Corrupt di Laptop atau PC

Itulah tadi 2 cara merubah kode WiFi yang bisa dilakukan dengan mudah. Jika pengguna tidak ingin banyak orang menggunakan koneksi WiFi miliknya maka penggantian password WiFi perlu dilakukan secara rutin. Nah, ketika pengguna koneksi tersebut hanya sedikit maka kecepatannya akan semakin meningkat. Hal tersebut tentunya bisa membuat kegiatan WFH berjalan dengan sangat baik.