Begini Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna WiFi dengan Mudah

Bagi para pemilik WiFi, tentu cara mengetahui aktivitas pengguna WiFi sangat penting untuk diketahui. Sehingga dengan ini, ketika terjadi sesuatu hal pada jaringan WiFi seperti tiba-tiba lemot atau lambat. Dengan seperti ini, pemilik atau admin WiFi bisa dengan  cepat mengetahui apa penyebab Wifi lemot atau lambat dan cara mengatasinya.

Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna WiFi dengan Mudah

cara mengetahui aktivitas pengguna wifi

Selain itu, dengan cara untuk mengetahui aktivitas pengguna WiFi, para orang tua juga bisa mengawasi dan  mengetahui aktivitas internet anak. Aplikasi Wireshark adalah salah satu cara untuk dapat mengetahui aktivitas internet apa yang sedang dilakukan, yang tersambung pada WiFi. Simak pembahasan berikut ini, mengenai bagaimana mengetahui aktivitas para pengguna WiFi!

1. Download Aplikasi Wireshark

Aplikasi Wireshark merupakan aplikasi yang mempunyai fitur utama untuk menganalisa protokol jaringan yang lengkap. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melacak aktivitas apa yang sedang terjadi pada jaringan internet. Salah satunya, untuk mengetahui aktivitas pengguna jaringan WiFi. Dengan aplikasi ini, admin atau pemilik WiFi dapat memastikan jaringannya aman atau tidak.

Agar mengetahui aktivitas apa yang dilakukan oleh para pemakai WiFi, maka download terlebih dahulu aplikasi ini. Setelah mengunduh aplikasi Wireshark, maka lakukanlah penginstalan terlebih dahulu di laptop atau PC. Untuk mendapatkan aplikasi Wireshark bisa ditemukan melalui website yang ada pada Google pencarian. Setelah mendownload dan menginstal maka buka aplikasinya.

2. Masuk ke Aplikasi Wireshark

Cara mengetahui aktivitas pengguna WiFi harus dilakukan adalah masuk ke aplikasi Wireshark. Ketika sudah berada di dalam aplikasi Wireshark, maka akan menunjukkan tampilan The Wireshark Network Analyzer.

Baca juga:  5 Rekomendasi Konverter YouTube ke MP4 Via Online Terbaik

Pada tampilan ini, di dalamnya terdapat berbagai macam menu dan tools untuk pengoperasiannya. Pada bagian tengah terdapat daftar jaringan yang ada di sekitar. dan bisa digunakan sesuai kebutuhan.

3. Pilih Jaringan WiFi

Selanjutnya, pada daftar jaringan klik kolom WiFii. Tunggu hingga menampilkan tampilan selanjutnya, maka tampilan akan menunjukkan lalu lintas internet yang terhubung di jaringan WiFi.

Dalam tampilan ini akan menunjukkan pergerakan jaringan di dalam WiFi. Pada tampilan ini, pengguna dapat mengetahui nomor paket data, waktu, sumber, destination, protocol, length dan info.

4. Klik kolom Filter

Untuk menganalisa atau mengetahui aktivitas yang sedang berlangsung oleh pengguna WiFi, maka klik ikon stop. Tombol stop berada di sebelah kanan ikon Wireshark pada tools. Lalu ketik “http” pada kolom filter, lalu tekan enter.

Tunggu sebentar, untuk Wireshark memprosesnya hingga selesai. Setelah selesai, maka akan muncul tampilan lalu lintas penggunaan jaringan pada internet WiFi yang bisa digunakan untuk tahapan selanjutnya.

5. Cek History Pada Kolom Hypert Transfer Protocol

Cara mengetahui aktivitas pengguna WiFi Pada bagian ini, pengguna dapat melihat dan mengetahui nama website yang tengah dibuka oleh pemakai WiFi. Dengan catatan, setelah melakukan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Cara yang terakhir ini, dengan mengklik kolom hypert transfer protocol, kolom ini bisa ditemukan dengan cara scroll di bagian bawah pada tampilan layar.

Tidak hanya melihat dan mengetahui alamat website apa yang sedang dibuka, pengguna aplikasi Wireshark juga dapat mengetahui alamat IP. Lalu bagaimana bisa mengetahuinya? Untuk mengetahui alamat IP pengguna WiFi, cukup dengan mencari di bagian source. Dengan melihat di bagian source, pengguna aplikasi ini bisa mengetahui alamat IP yang ditampilkan.

Baca juga:  Apa Saja Ternak Kesayangan Yang Ada Di Sekitarmu

Penjelasan di atas mengenai cara mengetahui aktivitas pengguna WiFi, dapat menjadi solusi alternatif untuk mengetahui aktivitas pengguna WiFi. Dengan hal ini, pemilik atau orang tua dapat mengontrol pemakaian internet dan bisa memutus jaringan apabila diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.