aplikasi, aplikasi edit video, aplikasi edit foto, aplikasi penghasil uang, aplikasi bpjs ketenagakerjaan, aplikasi jaki, aplikasi edit video di laptop, aplikasi bpjs kesehatan, aplikasi pinjaman online, aplikasi awal bros, aplikasi adalah, aplikasi akuntansi, aplikasi absensi online,aplikasi arisan, aplikasi accounting, aplikasi awal bros batam, aplikasi admin slot, aplikasi belajar bahasa inggris, aplikasi baca novel gratis, aplikasi buat paspor, aplikasi bibit, aplikasi bobol wifi, aplikasi belanja online, aplikasi cek bansos, aplikasi cari jodoh, aplikasi cek pajak kendaraan, aplikasi capcut, aplikasi canva, aplikasi chat, aplikasi cari teman sekitar, aplikasi cek suhu tubuh, aplikasi desain rumah, aplikasi disdukcapil, aplikasi download video, aplikasi download video youtube, aplikasi dana, aplikasi download youtube, aplikasi desain baju, aplikasi daftar paspor online batam, aplikasi edit video di hp, aplikasi edit pdf, aplikasi edit foto terbaik, aplikasi edit background foto, aplikasi edit video terbaik, aplikasi foto, aplikasi freelance, aplikasi facebook, aplikasi foto jadi kartun,aplikasi flip, aplikasi foto bergerak, aplikasi film gratis, aplikasi foto di laptop,aplikasi gambar, aplikasi ganti background foto, aplikasi get contact, aplikasi gambar di ipad, aplikasi gambar denah rumah, aplikasi gojek, aplikasi gabung foto, aplikasi google, aplikasi halo awal bros, aplikasi hijau, aplikasi hotel, aplikasi hapus background, aplikasi hitung kalori, aplikasi hd foto, aplikasi hacker, aplikasi hotel murah

Kelemahan Usaha Bengkel Motor dan Cara Mengatasinya

Usaha Bengkel Motor – Menjalankan usaha sebagai bengkel motor memang membutuhkan modal yang banyak namun keuntungan yang besar. Hal ini disebabkan banyaknya peralatan penting yang dibutuhkan mempunyai harga cukup mahal. Di samping kelebihan yang dimiliki, tentu ada juga kelemahan usaha bengkel motor tersebut. Namun hal ini tidak menjadi kendala untuk membuka usaha.

Kelemahan Bisnis Bengkel Motor

Bukan hanya mempunyai kelebihan yang dimiliki oleh bisnis tersebut, namun ada juga kelemahannya. Dimana kelemahan yang dimiliki juga menjadikan alasan yang dipertimbangkan oleh seseorang untuk memulai usaha. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan pembahasan lengkap mengenai kelemahan usaha bengkel motor:

1. Upah Montir Tinggi

Istilah montir memang kerap kali digunakan pada pekerjaan bengkel baik bengkel motor maupun bengkel mobil. Namun upah dari montir inilah yang menjadi kelemahan yang dimiliki usaha bengkel. Bagaimana tidak, gaji yang diberikan harus sesuai dengan pengalaman yang dimiliki montir tersebut. Apabila tidak sesuai, bisa saja montir tersebut pindah bekerja.

2. Sulit Menemukan Lokasi Strategis

Setiap bisnis secara offline yang dijalankan tentu membutuhkan lokasi yang sangat strategis. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut menjadi pengaruh untuk kemajuan bisnis. Namun ada juga bisnis yang sulit menemukan lokasi strategis sebagai tempat bisnisnya. Bisnis yang dimaksud yakni bengkel motor karena jika lokasi yang dipilih kurang cocok tentu pelanggan tidak mudah ditemukan..

Baca juga:  Strategi Jualan Donat Kentang bagi Pemula

3. Memiliki Ongkos Kerja Mahal

Ongkos kerja yang akan dibayarkan nantinya oleh pelanggan menjadi modal yang akan dijadikan upah untuk montir. Akan tetapi dalam usaha bengkel sebaiknya memberikan ongkos kerja yang terjangkau. Dengan begitu, pelanggan tidak akan mudah untuk kabur. Apabila ongkos kerja yang ditawarkan mahal maka pelanggan akan mudah berpindah bengkel.

4. Memiliki Persaingan Cukup Ketat

Dalam dunia bisnis, persaingan memang merupakan kendala yang sulit untuk dihadapi oleh pengusaha. Dengan adanya pesaing yang ketat, bisa saja bisnis yang dijalankan tidak memperoleh keuntungan yang besar. Hal inilah yang menjadi kelemahan dari sebuah bisnis seperti bisnis bengkel motor. Olehnya itu, pengusaha harus pintar menarik hati pelanggan.

5. Pelayanan Kurang Maksimal

Pelayanan yang diberikan sebaiknya harus maksimal dengan tujuan agar pelanggan bisa menggunakan jasa yang ditawarkan. Apabila pelayanan servis yang dilakukan tidak maksimal tentu pelanggan tidak datang lagi ke bengkel. Oleh karena itu, dalam pemilihan montir sebaiknya memilih montir yang mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

6. Memiliki Konsumen yang Sedikit

Apabila dibandingkan dengan usaha yang lain, memang usaha bengkel motor ini tidak memiliki konsumen yang banyak. Apalagi jika lokasi dari bengkel tersebut tidak strategis tentu keuntungan yang diperoleh lebih sedikit karena konsumen sulit menjangkau lokasi tersebut. selain itu, usaha ini juga biasa tidak menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan servis.

Cara Mengatasi Kelemahan Usaha Bengkel Motor

Untuk mengatasi kelemahan yang dimiliki dari usaha ini memang diperlukan beberapa tips. Dimana seorang pengusaha bengkel dapat menjaga relasi dengan para montir yang bekerja di bengkel tersebut. Dengan begitu potensi terjadinya pelayanan yang kurang maksimal tentu dapat diatasi dengan baik sehingga pelanggan bisa bertahan lebih lama dan memperoleh keuntungan.

Baca juga:  Pengertian dan Ciri Ciri Badan Usaha Milik Swasta

Bukan hanya itu saja, urusan bengkel juga harus diketahui oleh pemilik usaha tersebut. Dengan kata lain bahwa cara melakukan servis yang baik pada kendaraan pelanggan harus diketahui sehingga tidak membutuhkan banyak montir untuk mendukung usahanya. Olehnya itu, modal yang disediakan untuk membayar montir tentu tidak membutuhkan modal yang banyak.

Itulah penjelasan lengkap mengenai kelebihan dan kelemahan usaha bengkel motor yang dijalankan sebagai masyarakat. Memang bisnis ini mempunyai potensi yang besar untuk memperoleh keuntungan namun harus juga menghindari kelemahan yang akan terjadi. Olehnya itu, pengusaha harus pintar-pintar untuk menarik hati para pelanggan.