Cara Membuat Virtual Background di Zoom di Laptop

Di masa pandemi ini semakin banyak aktivitas yang mengharuskan seseorang menggunakan aplikasi video Conference seperti Zoom. Maka tidak heran bila banyak yang mencari cara membuat virtual background di Zoom. Ini semua bertujuan agar pengguna tidak repot melakukan setting latar belakang ketika mengikuti video call di Zoom dan tampilan lebih menarik.

Cara Membuat Virtual Background Pada Zoom

Ketika melakukan video conference, entah itu rapat, belajar online atau lainnya membutuhkan background. Tapi, terkadang seseorang merasa tidak percaya diri dengan background di belakangnya atau bisa juga bosan dengan tampilan background yang itu itu saja.

Dengan mengganti virtual background ketika melakukan video call akan mendapatkan nilai tambah, yaitu tampilan di layar lebih menarik dan akan lebih percaya diri. Lantas bagaimana cara membuat virtual background di Zoom tersebut? Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

1. Update Aplikasi Zoom

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengupdate aplikasi Zoom ke versi yang paling baru. Untuk para pengguna android, fitur virtual background di zoom bisa digunakan dengan versi 8 ke atas. Jadi untuk versi di bawah 8 bisa dipastikan tidak bisa menggunakan fitur tersebut. Oleh karena itu, segera buka Play Store dan update aplikasi Zoom ke versi terbaru.

2. Buka Aplikasi Zoom

Jika aplikasi Zoom yang dimiliki sudah terinstall dengan versi terbaru, langkah atau cara membuat virtual background di Zoom selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Ketika membuka aplikasi tentunya akan diminta untuk login terlebih dahulu kemudian setelah login carilah pertemuan virtual yang dituju.

Baca juga:  Cara Setting Channel YouTube Agar Banyak yang Nonton, Wajib Dicoba

3. Klik Tiga Titik di Kanan Bawah

Setelah masuk ke pertemuan virtual yang diinginkan tadi, langkah selanjutnya adalah mengklik tiga titik atau yang dikenal dengan nama “more”. Tiga titik ini berada di bagian kanan bawah pada layar ponsel.

4. Pilih Menu “Virtual Background

Jika sudah mengklik tiga titik atau more tadi, akan muncul beberapa pilihan. Pilihlah menu virtual background yang bisa merubah background video conference yang sedang diikuti. Amati dengan baik-baik menu yang dipilih, agar tidak salah ruang.

5. Pilih Background yang Diinginkan

Ketika sudah mengklik menu virtual background, cara membuat virtual background di zoom belum selesai. Masih ada satu langkah terakhir yaitu dengan memilih background apa yang mau digunakan. Ada banyak sekali pilihan background yang ada di Zoom, dari resmi hingga background menarik.

Namun pengguna juga bisa memilih atau menambahkan background sendiri. Background ini berasa dari gambar dari ponsel. Caranya adalah dengan mengklik simbol “+” yang ada di menu Zoom. Setelah itu pilih gambar atau foto yang akan digunakan sebagai layar belakang Zoom.

Tips Membuat Background Zoom Menyatu dengan Wajah

Sering kali ditemui kasus, wajah seseorang tidak menyatu dengan background virtual. Hal ini tentunya membuat kerapian tampilan berkurang bahkan bisa membuat peserta tidak fokus, karena terganggu dengan background tersebut. Berikut ini beberapa cara menggunakan background virtual agar menyatu dengan wajah seseorang, yaitu:

  • Gunakan latar belakang yang rata, misalnya dinding yang polos atau bisa juga menggunakan kain yang lebar. Namun pastikan kain atau dinding tersebut bersih.
  • Pilih “pick colour” dan nonaktifkan Green screen zoom. Carilah di bagian bawah “pick colour” dan hilangkan tanda ceklis di bagian “i have Green screen”.
  • Jika sudah melakukan semua langkah diatas, kembalilah ke halaman video. Lalu lihatlah hasil akhir dari pengaturan yang sudah dilakukan.
Baca juga:  Cara Memperbaiki File Corrupt di Laptop atau PC

cara membuat virtual background

Demikian cara membuat virtual background di Zoom dan tips yang juga bisa digunakan untuk mensetting aplikasi Zoom yang ada di smartphone. Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dan yang jelas dengan menerapkan tips diatas, maka tampilan video akan lebih menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.