Syarat Serta Cara Mendapat Adsense dari YouTube

YouTube merupakan platform berbagi video yang bisa menghasilkan uang. Adsense adalah salah satu metode menghasilkan uang tersebut. Tergiur akan penghasilan ini, banyak orang yang mencari cara mendapat Adsense dari YouTube. Tetapi uang tidak bisa langsung didapatkan, melainkan dengan beberapa upaya yang perlu dilakukan.

Prinsip kerja Adsense adalah dengan memasangkan iklan pada konten yang ada. Tetapi untuk dapat melakukan hal ini tentu saja membutuhkan beberapa hal yang perlu dilakukan. Berikut adalah beberapa persyaratan serta cara mengaktifkan Adsense pada kanal YouTube, antara lain:

Syarat Mengaktifkan Adsense

YouTube sebagai platform berbagi video, tentunya memiliki standar tersendiri untuk aktivasi Adsense. Standar-standar tersebut tentunya perlu dipenuhi agar YouTube mau memberikan akses Adsense kepada penyedia konten. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dipenuhi untuk mengaktifkan Adsense, yaitu:

1. Memiliki Reviewer dan Subscriber

Adsense adalah salah satu metode balas jasa YouTube terhadap penyedia konten. Maka dari itu sebelum memberikan akses Adsense, YouTube perlu memastikan bahwa penyedia konten tersebut menguntungkan baginya. Salah satunya dengan melihat jumlah viewer dan subscriber pemilik konten.

Minimal jumlah reviewer yang diperlukan pemilik konten adalah 4 ribu jam tayang. Sedangkan minimal jumlah subscriber yang diperlukan pemilik konten adalah seribu orang. Jumlah ini haruslah terpenuhi agar pihak YouTube dapat menilai potensi dari kanal yang dimiliki.

2. Terverifikasi

Verifikasi pada YouTube berguna untuk pemasangan Adsense. Ini ada kaitannya dengan panjang durasi video yang diupload. YouTube menganggap video yang berdurasi 15 menit keatas layak untuk dipasangkan iklan. Pemilik kanal yang tidak memverifikasikan nomor handphone tidak akan bisa mendapatkan pembayaran Adsense.

Cara Mengaktifkan Adsense

Meskipun telah memenuhi persyaratan pemasangan Adsense, Adsense tidak bisa aktif dengan sendirinya. Tentunya ada hal yang harus dilakukan sebagai cara mendapat Adsense dari YouTube. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan agar Adsense dapat diaktifkan, yaitu:

Baca juga:  Cara Membuat File ZIP di Android Tanpa Aplikasi dengan Mudah

1. Masuk ke YouTube Studio

YouTube Studio adalah sebuah fitur YouTube dimana konten kreator dapat melakukan pekerjaannya. Untuk masuk ke YouTube Studio, pemilik kanal hanya perlu beralih ke icon profil di sebelah kanan atas laman YouTube. Klik icon kemudian akan ada beberapa pilihan yang muncul. Pilihlah YouTube Studio dan tunggulah hingga tampilan dasbor channel muncul.

2. Melakukan Monetisasi Akun

Setelah masuk ke dasbor channel di YouTube Studio, langkah selanjutnya adalah monetisasi. Pada bagian kiri dasbor channel ada beberapa menu yang bisa dipilih. Pilihlah menu yang berlogokan dollar dengan bertuliskan monetisasi. Klik icon hingga halaman monetisasi terbuka.

Monetisasi ini berguna untuk memberitahu pihak YouTube bahwa kanal berhak mendapatkan Adsense. Pada halaman akan terlihat beberapa persyaratan yang tertulis diatas yang harus terpenuhi. Jika persyaratan tidak terpenuhi, maka proses selanjutnya tidak bisa dilakukan.

3. Daftar Google Adsense

Setelah syarat terpenuhi, maka dibagian bawah halaman monetisasi akan terdapat pilihan daftar sekarang. Ada 3 hal yang harus terpenuhi selama pendaftaran. Tiga hal itu adalah menyetujui persyaratan program, daftar ke Google Adsense, dan peninjauan channel.

Bacalah baik-baik di bagian persetujuan persyaratan sebelum menyetujui. Pada langkah kedua adalah dengan melakukan login ke Google Adsense. Jika tidak memiliki Google Adsense, sebaiknya lakukan dahulu pendaftaran. Pada tahap ketiga, pihak YouTube akan meninjau kelayakan kanal terhadap program ini.

Cara Mendapat Adsense dari YouTube

Adanya program Adsense pada YouTube tentunya akan membuat para kreator semangat bekerja. Ini adalah salah satu bentuk reward yang diberikan YouTube. Dengan adanya cara mendapat Adsense dari YouTube diharapkan para konten kreator dapat merasakan reward itu. Reward adalah buah usaha, maka usaha yang keras tidak akan menghianati hasil.

Baca juga:  6 Cara Mempercepat Download di Android Paling Cerdas