5 Cara Memperbaiki Router WiFi yang Tidak Bisa Connect di Handphone

Seseorang pasti pernah mengalami kesulitan menghubungkan WiFi pribadi dengan perangkat tertentu. Masalah tersebut bisa diatasi dengan cara memperbaiki router WiFi yang tidak bisa connect dengan beberapa cara. Cara-cara yang dapat dilakukan terlebih saat sendirian di rumah adalah sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Ulang dan Gunakan Mode Pesawat

Cara yang pertama menjadi yang paling umum dan mudah untuk dilakukan yaitu mengaktifkan ulang dan menggunakan mode pesawat. Cobalah untuk mematikan terlebih dahulu perangkat handphone atau router WiFi selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu melakukan restart pada handphone atau outer WiFi, dan cek kembali pada pengaturan WiFi di handphone apakah berhasil terhubung atau tidak.

Apabila restart masih belum juga terhubung, cobalah untuk menggunakan mode pesawat. Aktifkan mode pesawat dari perangkat handphone selama 30 detik, lalu nonaktifkan kembali. Setelah itu pengguna WiFi dapat menyalakan kembali fitur WiFi dan memeriksa koneksi WiFinya.

2. Mengaktifkan Keep WiFi

Cara kedua yaitu dengan mengaktifkan keep WiFi. Metode ini dapat dilakukan pada perangkat iPhone jika terjadi pemutusan jaringan WiFi secara sendirinya. Mode ini berfungsi untuk penghematan baterai dan memutus jaringan internet saat baterai mulai habis.

Caranya, masuklah ke menu “pengaturan” di handphone lalu pilih “WiFi”. Selanjutnya pilih simbol titik yang ada di sebelah kanan atas, lalu pilih menu “advanced”. Berikutnya adalah aktifkan menu “keep WiFi on during sleep”. Lalu tahapan ini selesai.

3. Memeriksa IP Terblokir

Cara memperbaiki router WiFi yang tidak bisa connect dapat dengan cara memeriksa IP terblokir, dengan cara ini dapat diketahui perangkat apa saja yang terblokir. Apabila WiFi tidak dapat terhubung ke handphone, kemungkinan data IP perangkat tersebut terblokir. Oleh sebab itu perlu diperiksa apakah data IP handphone tersebut terblokir atau tidak.

Baca juga:  Cara Memperbaiki File Corrupt di Laptop atau PC

Pertama masukkan IP 192.162.0.1 pada browser dan masuklah sebagai guest dengan nama pengguna ‘admin’. Pengguna WiFi tidak perlu memasukkan password. Lalu, pengguna WiFi bisa menemukan banyak list IP yang pernah mengakses WiFi, carilah apakah IP handphone pengguna ada disana atau tidak.

4. Memeriksa Kecepatan Jaringan

Langkah keempat yang dapat dilakukan ketika router WiFi tidak bisa terhubung adalah memeriksa kecepatan jaringan. Biasanya di handphone akan tertulis “Connected. No internet access”, hal tersebut karena penuhnya perangkat yang menggunakan WiFi yang sama. Sehingga dapat mengurangi kecepatan jaringan internet. Untuk mengatasinya dapat mengikuti cara yang cukup mudah.

Pertama melakukan restart pada router, lalu melakukan restart juga pada handphone. Selanjutnya menghapus cache pada handphone, serta tidak membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Terakhir, dapat menggunakan situs pemeriksa kecepatan jaringan internet seperti fast.com atau speedtest.net.

5. Menggunakan Perangkat Lain

Ketika WiFi gagal terhubung ke handphone, cobalah untuk menggunakan perangkat lain. Pengguna WiFi dapat melakukan pengecekan dengan perangkat lain. Apabila berhasil terhubung ke perangkat tersebut, dan perangkat awal tidak dapat terhubung, maka besar kemungkinan perangkat awal mengalami masalah.

Cara Memperbaiki Router WiFi

Pengguna WiFi dapat memeriksa handphonenya yang bermasalah ketika terhubung ke WiFi. Namun, jika perangkat lain tidak bisa terhubung juga, maka kemungkinan router WiFi yang bermasalah. Apabila hal tersebut terjadi, harus segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut lagi.

Itulah 5 cara memperbaiki router WiFi yang tidak bisa connect diatas dapat dicoba oleh pengguna WiFi. Apabila WiFi tidak dapat terhubung ke perangkat, mungkin ada masalah pada router WiFi atau handphonenya. Cobalah cara diatas untuk mengatasi hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.