Kegunaan dan Cara Mengaktifkan Mode Terbatas di Youtube dengan Mudah

Bagi sebagian pengguna YouTube biasanya pasti sudah mengetahui fitur mode terbatas yang ada pada YouTube. Fitur tersebut tentu mempunyai fungsi tersendiri yang akan bermanfaat bagi pengguna khususnya pada batasan usia tertentu. Tetapi, apa kegunaan dan cara mengaktifkan mode terbatas di YouTube? Simak penjelasannya berikut ini:

Kegunaan Mode Terbatas di YouTube

Sebelum membahas mengenai cara mengaktifkan mode terbatas, sebaiknya untuk dapat memahami  dahulu apa itu mode terbatas. Mode terbatas atau Youtube Restricted Mode merupakan suatu fitur yang dapat digunakan oleh penggunanya dalam mengontrol video YouTube. Fitur ini biasanya digunakan oleh orang tua untuk mengontrol video-video apa saja yang layak ditonton oleh anak-anaknya.

Fitur ini sangat berguna bagi orang tua yang memiliki anak masih dibawah umur. Orang tua dapat mengatur video dengan batasan usia tertentu agar dapat ditonton oleh anak-anak. Pastinya fitur mode terbatas disediakan oleh YouTube untuk keamanan dan seleksi video bagi orang tua untuk anak-anaknya.

Cara Mengaktifkan Mode Terbatas dengan 5 Perangkat

Setelah mengetahui fungsi atau kegunaan dari fitur mode terbatas, lantas bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur tersebut? Di bawah ini akan dijabarkan lebih lanjut tentang cara mengaktifkan mode terbatas di youtube. Terdapat 5 cara yaitu melalui komputer, android, iOS, android TV dan sits browser yang dijelaskan sebagai berikut:

1. Komputer

Pertama, tentu masuk terlebih dahulu pada akun YouTube. Selanjutnya carilah menu profil atau gambar foto profil. Lalu, klik “mode terbatas”, di sebelah kanan atas akan muncul sebuah kotak, klik “alihkan mode terbatas” ke aktif atau nonaktif.

Baca juga:  Cara Membuat Foto Polaroid untuk Dijual, Bisa Untung Gede!

2. Android

Cara yang kedua dapat dilakukan melalui handphone android. Pertama, pengguna android harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi YouTube melalui Google Play Store secara gratis. Apabila sebelumnya sudah memiliki aplikasinya, maka tinggal langsung masuk saja ke aplikasi YouTube. Masuklah dengan menggunakan akun Google seperti biasa.

Ketika sudah terbuka aplikasinya, klik ke halaman profil pengguna, nanti akan muncul beberapa menu lanjutan. Setelah itu, carilah “settings” dan klik menu tersebut, menu tersebut ada di paling bawah. Selanjutnya, pilih “general”, lalu carilah fitur “restricted mode”, geser ke kanan untuk mengaktifkannya.

3 iOS

Cara mengaktifkan mode terbatas di YouTube selanjutnya adalah dapat melalui iOS. Cara ini mirip dengan cara yang digunakan pada android, sehingga prosesnya pun mudah dan cepat. Pengguna YouTube yang akan menggunakan fitur ini dapat mengaktifkannya juga melalui aplikasi YouTube di iOS.

Pertama, masuk dahulu ke aplikasi YouTube. Kedua, klik gambar profil di pojok kanan atas. Cari dan pilih “setelan”, kemudian akan muncul banyak pilihan fitur. Pilihlah “pemfilteran mode terbatas”, klik fitur tersebut maka akan aktif. Menu mode terbatas antara lain “jangan filter” yaitu mode terbatas akan tidak aktif, dan “ketat” yaitu mode terbatas akan aktif.

4. Android TV

Cara ini hanya dapat mengontrol mode terbatas yang terdapat di android TV saja. Caranya masuk ke akun terlebih dahulu, kemudian dari layar utama scroll ke bawah ke baris aplikasi. Lalu, pilih “YouTube”, scroll ke bawah lagi dan pilihlah “setelan”. Setelah itu, pilih “mode terbatas” dan pilih “diaktifkan”.

5. Situs Browser

Terakhir pengguna YouTube juga dapat mengaktifkan melalui situs browser yang terdapat pada handphone. Caranya buka website YouTube dari browser dan masuklah ke akun YouTube seperti biasa. Lalu, apabila sudah masuk klik “lainnya” yang ada di pojok kanan di atas. Berikutnya klik “setelan”, dan disana ada fitur “mode terbatas”, klik fitur tersebut untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Baca juga:  Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Hp Tanpa Aplikasi, Hasil Berkualitas!

Cara Mengaktifkan Mode Terbatas di Youtube

Itulah kegunaan dan cara mengaktifkan mode terbatas di YouTube dengan mudah. Fitur ini memang memiliki manfaat bagi para pengguna khususnya orang tua dengan balita. Gunakan fitur ini untuk mengontrol video yang akan ditonton oleh anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.