Cara Membuat Video Undangan Pernikahan Online Gratis dengan Canva

Masa ini mengirim undangan melalui platform digital lebih bijak untuk dilakukan. Salah satunya untuk meminimalisir biaya pencetakan dan mengurangi penggunaan kertas. Adapun cara membuat video undangan pernikahan online gratis yang bisa dilakukan dengan mudah.

Cara dalam membuat video undangan pernikahan online gratis bisa dilakukan sendirian dan tidak ribet. Ada banyak aplikasi yang mendukung untuk itu, salah satunya adalah Canva. Berikut penjelasan langkah pembuatannya, yaitu:

1. Pasang dan Buka Aplikasi Canva

Pengguna bisa mengunduh aplikasi Canva melalui Google Play. Canva bisa didapatkan gratis, namun terdapat pembelian dalam aplikasi. Misalnya untuk dapat menggunakan template tertentu tanpa watermark.

Setelah memasang aplikasi ini, login menggunakan akun google atau pilihan lainnya seperti menggunakan Facebook atau email. Selanjutnya siapkan kanvas desain dan mulailah berkreasi.  Buat wedding invitation yang unik dan hanya satu-satunya.

2. Siapkan Kanvas Desain di Canva

Langkah cara membuat video undangan pernikahan online gratis dengan Canva selanjutnya adalah menyiapkan kanvas desain. Ketuk ikon berupa tanda plus dengan lingkaran berwarna ungu yang terletak di sisi ujung kanan bawah layar aplikasi.

Selanjutnya pilih ukuran kanvas desain yang ingin digunakan. Untuk undangan, pengguna bisa memilih opsi ‘Undangan’ pada menu ukuran kanvas yang muncul. Jika ingin membuat ukuran sendiri, pengguna bisa memilih opsi ‘Ukuran Khusus’.

3. Pilih Template

Untuk mulai membuat desain, pengguna bisa menelusuri perpustakaan Canva. Didalamnya bisa ditemukan berbagai macam template, baik bentuk statis, animasi, maupun video. Termasuk template untuk undangan pernikahan. Untuk lebih mudah menemukan template undangan pernikahan berupa video, yaitu:

  • Ketuk ikon berupa tanda plus dengan lingkaran berwarna ungu yang terletak di sisi ujung kiri bawah layar aplikasi.
  • Pilih tab menu ‘Video’ pada bagian kiri bawah layar.
  • Tuliskan ‘undangan Pernikahan’
  • Ketuk video yang diinginkan untuk menambahkannya pada kanvas
Baca juga:  Begini Cara Menghubungkan CCTV Ke HP Melalui Aplikasi XMEye

Jika ingin mengganti video yang digunakan, pengguna bisa melakukannya dengan mengetuk opsi ‘Ganti’ yang terletak di sisi bawah layar. Selanjutnya pengguna bisa menambahkan template yang lebih sesuai.

4. Buat Undangan dengan Memanfaatkan Fitur Canva

Selanjutnya sesuaikan template yang dipilih dengan desain undangan seperti yang pengguna inginkan. Beri sentuhan pribadi dengan menambahkan teks, foto musik atau elemen-elemen lain pada desain video undangan yang dibuat. Pengguna bisa mengetuk fitur ‘Teks’ untuk menambahkan teks. Ketuk fitur ‘Foto’ untuk menambahkan foto, dan sebagainya. Adapun langkah-langkahnya, berikut ini:

  • Ketuk ikon berupa kertas bertumpuk dengan nomor halaman pada sisi kanan bawah layar aplikasi.
  • Selanjutnya layar aplikasi akan menampilkan halaman kanvas.
  • Tambahkan halaman sebanyak yang diinginkan dengan mengetuk ikon plus pada layar.
  • Ketuk ikon ’X’ di kiri bawah layar untuk kembali ke halaman desain.

Untuk melihat hasil desain yang telah dibuat, pengguna bisa mengetuk ikon ‘Play’ yang berada di sisi kanan atas layar aplikasi. Jika ingin meminta pendapat teman atau tim desain lainnya, pengguna bisa mengcopy link desain tersebut lalu membagikannya. Orang yang dikirimi link akan diberi kewenangan untuk melakukan pengeditan pada desain.

Cara Membuat Video Undangan Pernikahan Online

5. Sebarkan Undangan Secara Online

Canva menyediakan fitur untuk berbagi langsung melalui Instagram, Facebook, dan banyak aplikasi lainnya. Pengguna juga bisa menyimpan hasil desain yang sudah final kedalam perangkat. Untuk kemudian dibagikan melalui Instagram, Facebook, Line, WhatsApp, atau platform digital lainnya.

Itulah cara membuat video undangan pernikahan online gratis dengan Canva relative mudah dilakukan sendiri. Dengan demikian pengguna bisa meminimalisir biaya pembuatan undangan. Selain itu juga bisa membuat desain yang benar-benar sesuai dengan keinginan pribadi pengguna.

Baca juga:  Kegunaan dan Cara Mengaktifkan Mode Terbatas di Youtube dengan Mudah

One thought on “Cara Membuat Video Undangan Pernikahan Online Gratis dengan Canva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.