aplikasi, aplikasi edit video, aplikasi edit foto, aplikasi penghasil uang, aplikasi bpjs ketenagakerjaan, aplikasi jaki, aplikasi edit video di laptop, aplikasi bpjs kesehatan, aplikasi pinjaman online, aplikasi awal bros, aplikasi adalah, aplikasi akuntansi, aplikasi absensi online,aplikasi arisan, aplikasi accounting, aplikasi awal bros batam, aplikasi admin slot, aplikasi belajar bahasa inggris, aplikasi baca novel gratis, aplikasi buat paspor, aplikasi bibit, aplikasi bobol wifi, aplikasi belanja online, aplikasi cek bansos, aplikasi cari jodoh, aplikasi cek pajak kendaraan, aplikasi capcut, aplikasi canva, aplikasi chat, aplikasi cari teman sekitar, aplikasi cek suhu tubuh, aplikasi desain rumah, aplikasi disdukcapil, aplikasi download video, aplikasi download video youtube, aplikasi dana, aplikasi download youtube, aplikasi desain baju, aplikasi daftar paspor online batam, aplikasi edit video di hp, aplikasi edit pdf, aplikasi edit foto terbaik, aplikasi edit background foto, aplikasi edit video terbaik, aplikasi foto, aplikasi freelance, aplikasi facebook, aplikasi foto jadi kartun,aplikasi flip, aplikasi foto bergerak, aplikasi film gratis, aplikasi foto di laptop,aplikasi gambar, aplikasi ganti background foto, aplikasi get contact, aplikasi gambar di ipad, aplikasi gambar denah rumah, aplikasi gojek, aplikasi gabung foto, aplikasi google, aplikasi halo awal bros, aplikasi hijau, aplikasi hotel, aplikasi hapus background, aplikasi hitung kalori, aplikasi hd foto, aplikasi hacker, aplikasi hotel murah

6 Cara Mempercepat Download di Android Paling Cerdas

Membicarakan internet memang tak ada habisnya, karena banyak sekali kegiatan yang kini bisa dilakukan melalui internet. Salah satunya adalah kebutuhan untuk mendownload sesuatu, entah itu file video, gambar, dokumen atau aplikasi. Kecepatan download yang lambat membuat pekerjaan jadi turut terhambat. untuk cara mempercepat download di android sebenarnya tidaklah sulit, dan pengguna bisa langsung mengatasinya dengan mudah.

Kecepatan download di android tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas sinyal saja. File yang seharusnya dapat didownload dalam waktu singkat namun harus membutuhkan waktu lebih lama bisa juga dipengaruhi oleh hal lain. Misalnya, history dan cache browser yang menumpuk atau browser yang digunakan kurang baik. Untuk mengatasi hal tersebut berikut ini cara yang bisa dilakukan.

1. Merestart Ponsel

Cara mempercepat download di android yang paling mudah adalah dengan merestart ponsel android terlebih dahulu. Ponsel yang terlalu lama digunakan dan overload dapat membuatnya menjadi lebih lambat ketika digunakan. Oleh karena itu merestart ponsel dapat menyegarkan ponsel dari file sampah yang menumpuk dan berbagai sistem yang digunakan bersamaan.

2. Membersihkan Cache dan History di Browser

Cache dan history yang menumpuk dapat memperberat kerja browser, sehingga dapat membuat proses download menjadi lebih lama. Meskipun cache terkadang dapat terhapus secara otomatis, tidak ada salahnya jika lebih sering memperhatikan cache dan history yang ada di browser. Bersihkan cache dan history untuk meringankan beban browser dan mempercepat proses download.

Baca juga:  Cara Membuat Foto Polaroid untuk Dijual, Bisa Untung Gede!

3. Menggunakan Jaringan yang Tepat

Jaringan internet sekarang ini telah mencapai 5G, namun perlu diperhatikan bahwa menggunakan jaringan yang stabil lebih baik daripada jaringan yang dianggap cepat. Jaringan 5G memang mempunyai kecepatan yang lebih baik, namun jika di tempat tinggal pengguna jaringan tersebut belum stabil bisa menggunakan jaringan 4G atau 3G saja. Memperhatikan pemakaian jaringan juga akan mempengaruhi kecepatan mendownload.

4. Menghindari Tindakan Mengunduh Banyak File Sekaligus

Mengunduh beberapa file sekaligus bisa jadi membuat kerja browser menjadi lebih berat. Untuk mengatasinya bisa mensiasati dengan cara men-download-nya satu-persatu agar proses download lebih cepat. Mendownload file secara bersamaan membuat koneksi internet jadi terbagi-bagi dan menyebabkan download menjadi lambat.

5. Menggunakan VPN

Selain menggunakan cara di atas, cara mempercepat download di android juga dapat menggunakan bantuan aplikasi tambahan untuk memperkuat sinyal atau menstabilkan jaringan. Salah satunya dengan menggunakan VPN, aplikasi ini berguna untuk membantu menstabilkan koneksi internet. Ada banyak pilihan aplikasi VPN, pengguna dapat mencarinya di Play Store.

6. Memakai Aplikasi Download Tambahan

Jika cara yang disebutkan sebelumnya belum bisa membantu mempercepat download di android. Mungkin pengguna bisa mencoba menggunakan aplikasi download tambahan. Hal ini karena bisa jadi browser yang digunakan mempunyai kecepatan download yang kurang baik, sehingga dengan aplikasi ini dapat membantu.

Salah satunya adalah aplikasi ADM (Advanced Download Manager). Aplikasi ADM ini mengklaim dapat membuat proses download menjadi 2 kali lebih cepat dari proses download yang biasanya. Dengan ADM pengguna dapat mengunduh banyak file secara bersamaan, ADM akan membuat list dari file yang sedang di download sehingga pengguna juga bisa memantau kecepatan download masing-masing file.

Baca juga:  Syarat Serta Cara Mendapat Adsense dari YouTube

Cara Mempercepat Download di Android

Itu tadi 6 cara mempercepat download di android yang bisa pengguna gunakan untuk membantu proses download agar lebih cepat. Jika cara-cara dasar belum bisa membantu pengguna mempercepat proses download, maka pengguna bisa mulai menggunakan aplikasi tambahan. Baik itu aplikasi untuk memperkuat sinyal maupun aplikasi tambahan untuk mempercepat download.