aplikasi, aplikasi edit video, aplikasi edit foto, aplikasi penghasil uang, aplikasi bpjs ketenagakerjaan, aplikasi jaki, aplikasi edit video di laptop, aplikasi bpjs kesehatan, aplikasi pinjaman online, aplikasi awal bros, aplikasi adalah, aplikasi akuntansi, aplikasi absensi online,aplikasi arisan, aplikasi accounting, aplikasi awal bros batam, aplikasi admin slot, aplikasi belajar bahasa inggris, aplikasi baca novel gratis, aplikasi buat paspor, aplikasi bibit, aplikasi bobol wifi, aplikasi belanja online, aplikasi cek bansos, aplikasi cari jodoh, aplikasi cek pajak kendaraan, aplikasi capcut, aplikasi canva, aplikasi chat, aplikasi cari teman sekitar, aplikasi cek suhu tubuh, aplikasi desain rumah, aplikasi disdukcapil, aplikasi download video, aplikasi download video youtube, aplikasi dana, aplikasi download youtube, aplikasi desain baju, aplikasi daftar paspor online batam, aplikasi edit video di hp, aplikasi edit pdf, aplikasi edit foto terbaik, aplikasi edit background foto, aplikasi edit video terbaik, aplikasi foto, aplikasi freelance, aplikasi facebook, aplikasi foto jadi kartun,aplikasi flip, aplikasi foto bergerak, aplikasi film gratis, aplikasi foto di laptop,aplikasi gambar, aplikasi ganti background foto, aplikasi get contact, aplikasi gambar di ipad, aplikasi gambar denah rumah, aplikasi gojek, aplikasi gabung foto, aplikasi google, aplikasi halo awal bros, aplikasi hijau, aplikasi hotel, aplikasi hapus background, aplikasi hitung kalori, aplikasi hd foto, aplikasi hacker, aplikasi hotel murah

Dalam Menentukan Pilihan Kegiatan Paling Utama Yang Harus Dilakukan Adalah

Dalam Menentukan Pilihan Kegiatan Paling Utama Yang Harus Dilakukan Adalah

Karena kelangkaan sumber daya, agen ekonomi harus membuat pilihan. Membuat pilihan tidak hanya berlaku untuk konsumen tetapi juga bisnis dan pemerintah.

Kita harus membuat pilihan tentang uang dan waktu yang kita miliki. Barang apa yang harus kita pilih? Berapa banyak uang yang harus kita hemat? Bagaimana membagi waktu antara keluarga dan bekerja?

Bisnis harus memutuskan bagaimana memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan sumber daya yang ada. Mereka harus memutuskan:

  • Jenis produk dan layanan apa yang harus diproduksi
  • Cara memproduksinya secara efisien
  • Bagaimana cara mendistribusikannya ke konsumen

Mengapa kita harus membuat pilihan

Pilihan muncul sebagai akibat dari kelangkaan ekonomi. Kelangkaan terjadi karena sumber daya ekonomi yang terbatas harus memenuhi kebutuhan dan keinginan kita yang tak terbatas.

Membuat pilihan melibatkan pertukaran. Dengan kata lain, jika kita memilih sesuatu, kita mengorbankan yang lain. Jika Anda memiliki uang untuk membeli sepatu olahraga, Anda mungkin harus memutuskan antara Nike atau Adidas. Anda tidak dapat membeli keduanya karena uang (sumber daya) Anda tidak cukup. Dan Anda harus memilih satu.

Situasi seperti ini juga berlaku untuk sumber daya ekonomi lainnya, seperti sumber daya alam, modal, tenaga kerja, dan bahkan waktu.

Saya akan memberi Anda tiga contoh pilihan ekonomi.

Kenyamanan atau pekerjaan.
Anda harus memutuskan apakah akan menghabiskan lebih banyak waktu luang untuk bersenang-senang atau bekerja. Jika Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bersenang-senang, Anda mengorbankan peluang untuk mendapatkan lebih banyak uang. Tapi kamu lebih bahagia.

Baca juga:  Yang Bukan Jaring Jaring Balok Adalah

Dan, jika Anda bekerja lebih banyak, Anda memiliki lebih sedikit waktu luang. Anda tidak bahagia dan bahkan stres dengan menjadi pecandu kerja. Tetapi, lebih banyak pekerjaan berarti lebih banyak uang yang Anda dapatkan.

Situasi seperti itu juga berlaku untuk waktu yang Anda habiskan bekerja atau belajar. Perguruan tinggi tidak membawa uang, bahkan Anda harus menanggung biayanya. Tetapi, dengan mengambilnya, keterampilan dan pengetahuan Anda meningkat.

Menyewa atau membeli apartemen.
Membeli apartemen adalah keinginan. Tapi itu bukan pilihan yang tepat jika Anda tidak punya cukup uang. Anda mungkin lebih suka menyewa apartemen. Dan, sebaliknya, jika Anda punya cukup uang, membeli apartemen mungkin merupakan pilihan yang lebih baik, tergantung keinginan Anda.

Angkutan umum atau kendaraan pribadi.
Mengemudi mobil Anda membuat Anda lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal pribadi daripada naik angkutan umum. Tetapi, Anda harus menanggung biaya yang lebih tinggi.

Dan, jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda menghemat lebih banyak biaya. Tapi, Anda tidak mendapatkan banyak kepuasan seperti saat Anda mengendarai mobil Anda.

Membuat pilihan melibatkan biaya peluang

Dari contoh di atas, Anda dapat melihat setiap keputusan Anda; itu membutuhkan sesuatu yang Anda korbankan. Dalam ekonomi, biaya pengorbanan mengacu pada biaya peluang, lebih tepatnya, alternatif terbaik berikutnya yang Anda korbankan ketika memilih sesuatu.

Setiap pilihan melibatkan tingkat risiko. Anda harus, tentu saja, harus mempertimbangkan biaya dan manfaat keputusan, tidak hanya biaya dan manfaat saat ini tetapi juga masa depan.

Mengapa ini penting?

Pilihannya adalah sesuatu yang sering muncul dalam kehidupan kita sehari-hari. Anda perlu menganalisis masalah, menghitung biaya, dan manfaat sebelum membuat keputusan. Anda perlu menilai berbagai aspek untuk membuat keputusan yang tepat.

Baca juga:  Kecepatan Akses Internet Dapat Ditentukan Dengan

Membuat keputusan yang tepat membuat hidup Anda lebih baik dan standar hidup yang lebih tinggi. Anda mungkin mengorbankan waktu untuk kuliah dan melepaskan kesempatan untuk mendapatkan uang dengan bekerja. Tetapi, dengan kuliah, Anda mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik. Setelah lulus, Anda bisa mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi untuk mengkompensasi biaya peluang (uang) yang hilang selama kuliah.

Untuk menilai apakah kuliah empat tahun memiliki keputusan yang tepat, Anda perlu membandingkan manfaat dan biaya. Anda perlu menghitung biaya kuliah ditambah biaya peluang (potensi uang yang Anda peroleh dengan bekerja). Dan bandingkan dengan setidaknya total gaji Anda selama empat tahun.

Dalam Menentukan Pilihan Kegiatan Paling Utama Yang Harus Dilakukan Adalah

Source: https://cerdasco.com/pilihan-dalam-ilmu-ekonomi/