Cara Membuat File ZIP di Android Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Membuat file zip biasanya dilakukan melalui komputer merupakan hal yang mudah namun melalui android cukup menarik jika tanpa aplikasi. Ternyata ada cara membuat file zip di Android tanpa aplikasi yang mudah dilakukan oleh banyak orang. Mengetahui cara tersebut akan membantu banyak orang yang ingin membuat file zip yang praktis dan juga cepat.

Cara Membuat File ZIP di Android

Adanya file zip sangat mempermudah suatu pekerjaan seseorang yang ingin mengirimkan file dengan ukuran yang cukup kecil. Selain itu file zip juga bisa membuat berbagai file berada di satu tempat tanpa harus mengirimkan satu-persatu ke seseorang. Langsung saja cek cara membuat file zip di Android tanpa aplikasi dengan mudah, berikut ini:

1. Buka File Manager

Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh pengguna Android yaitu dengan membuka file manager atau biasa disebut dengan file saya yang ada di Android. Setelah itu pastikan bahwa ruangan memori masih cukup sehingga pengguna bisa melancarkan kegiatan pembuatan file zip.

File Manager ini berisi semua dokumen yang bersangkut paut dengan semua data yang ada di smartphone. Ada file manager tersebut akan ada banyak dokumen dan pengguna bisa memastikan letak dokumen yang ingin dijadikan zip. Pasti kan kembali bahwa file yang ingin disatukan sudah tersedia pada perangkat pengguna.

2. Pilih Beberapa File

File yang tersimpan di File Manager yang ada pada Android cukup banyak sehingga pengguna harus mengetahui nama dari file yang yang ingin disatukan tersebut. Jika sudah pasti maka pengguna dapat melanjutkannya dengan memilih file yang ingin dijadikan file zip. Pengguna dapat memilih banyak file karena ruang memori yang digunakan oleh file zip ini tidak terlalu besar.

Baca juga:  Cara Membuat Foto Polaroid untuk Dijual, Bisa Untung Gede!

Untuk memilih file dapat menahan selama 1 detik file tersebut kemudian dapat memilih file lainnya yang diinginkan. Apapun bentuk file yang ada di smartphone dapat dijadikan file zip, sehingga tidak membuat pengguna harus mengubah ke format yang sama.

3. Klik Ikon Titik Tiga

Selanjutnya ada cara membuat file zip di Android tanpa aplikasi dengan klik ikon titik tiga ketika sudah memilih file. Ketika pengguna memilih file yang ada di file manager pasti akan ada ikon titik tiga yang akan memberikan beberapa opsi untuk pengguna. Selain dapat menjadikan file menjadi zip ke pengguna juga dapat menghapus atau melihat informasi tentang file yang dipilih.

4. Lakukan Rename File

Pengguna dapat mengklik ubah nama file atau folder yang akan dijadikan zip sehingga tidak bingung saat pencarian nantinya. Ubah nama file sesuai dengan dokumen yang ada di dalamnya agar penerima juga dapat mengetahuinya. Itu akan ada opsi yang yang dibutuhkan oleh pengguna yaitu memilih opsi Zip. Setelah memilih opsi zip pastikan nama file tersebut setelah diganti.

5. Klik OK

Jika sudah yakin pengguna bisa klik OK untuk menyelesaikan pembuatan file zip melalui Android ini. Tunggu hingga beberapa saat sesuai dengan banyaknya file yang bisa mempengaruhi waktu prosesnya juga. Setelah selesai maka pengguna sudah melihat hasil file zip yang dibuat melalui Android.

Pengguna juga bisa membagikan file tersebut ke komputer milik pribadi, sehingga melihat hasilnya yang sesuai atau tidak dengan yang diharapkan. Jika telah sesuai maka pengguna juga dapat mengirimkan file tersebut ke banyak orang yang yang membutuhkan file tersebut.

Beberapa cara membuat file zip di Android tanpa aplikasi dengan mudah yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Pada setiap Hp memiliki perbedaan namun nama dari opsi yang ada tidak jauh berbeda dari cara diatas. File zip dibuat agar menghemat ruang memori penerima dari file tersebut.

Baca juga:  Cara Menggunakan Speaker Bluetooth dengan Hp Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.