Cara Setting Channel YouTube Agar Banyak yang Nonton, Wajib Dicoba

Bagi konten creator YouTube, banyaknya orang yang menonton video merupakan target yang harus dicapai. Maka dari itu, creator harus mengerti cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton. Peningkatan jumlah penonton juga meningkatkan jumlah subscriber-nya dan mendapatkan lebih banyak uang dari adsense YouTube. Adapun caranya, berikut ini:

1. Tentukan Tema Video yang Ingin Dibuat

Pemilihan konten video sangat penting, agar banyak yang nonton.Video yang tidak dibutuhkan oleh audience maka otomatis tidak akan ditonton. Adapun video yang dibutuhkan dengan :tema bisnis, kuliner, edukasi, dan traveling. Setelah menemukan tema video yang sesuai, disarankan agar konsisten dan tidak berganti-ganti tema.

Konten kreator yang sering ganti-ganti tema, malah membuat audience bingung. Kecuali, masih tema tersebut masih ada kemiripan dari tema sebelumnya. Misalnya, konten kreator edukasi mobil kemudian pindah ke tema edukasi sepeda motor. Itu masih bisa karena masih linear dengan tema besar atau tema yang mirip yaitu tema seputar otomotif.

2. Lakukan Riset Keyword

Pada saat meng-upload video ke channel YouTube, maka perlu memperhatikan juga keyword. Keyword tidak boleh dibuat asal-asalan, karena itu memiliki peran yang besar agar video bisa ditonton oleh banyak orang. Contohnya, penonton mencari kata kunci review mobil Xpander. Maka yang muncul adalah terkait tentang Xpander. Hal ini yang dinamakan dengan keyword.

Jadi sebagai konten kreator, harus membuat keyword yang sesuai dengan isi videonya dan sesuai penelusuran yang diinginkan oleh penonton. Ada cara untuk bisa melakukan riset pada keyword yaitu bisa melalui Google Trend, Ubersuggest, dan lainnya. Semakin banyak yang mengetikkan kata yang sama maka kata-kata tersebut yang perlu dijadikan keyword.

3. Penentuan Judul Video

Judul pada video juga menentukan agar banyak orang yang nonton videonya. Hal yang pertama kali dilihat oleh penonton setelah mengetikkan kata kunci di penelusuran yaitu judul video. Ada banyak judul video dari teratas hingga terbawah. Apabila judul video tersebut menarik bagi penonton, maka video tersebut banyak yang melihat.

Baca juga:  5 Cara Memperbaiki iPhone Bypass, Sudah Tahu Belum?

Cara menentukan judul video yang menarik yaitu bisa bermacam-macam. Namun ada prinsip umum yang bisa diperhatikan yaitu, judul harus mengandung keyword. Penonton yang mengetikkan keyword, sebenarnya penonton tersebut menunjukkan bahwa dirinya butuh dengan informasi yang sesuai dengan keyword tersebut.

4. Sesuaikan Thumbnail

Thumbnail merupakan tampilan gambar awal yang muncul di beranda maupun setelah penonton mengetik keyword. Pembuatan Thumbnail juga tidak bisa asal-asalan, harus mengandung gambar yang menarik dan membuat penonton penasaran dengan video. Biasanya Thumbnail itu menarik jika terdapat kata-kata yang membuat penonton semakin penasaran dengan isi videonya.

Selain itu, cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton yaitu buat tampilan warna pada Thumbnail seragam dengan sebelumnya. Jadi konten kreator harus punya warna branding-nya. Penentuan warna juga tidak bisa sembarangan karena setiap warna memiliki artinya masing-masing.

5. Tuliskan Deskripsi Pada Video

Penulisan deskripsi pada video juga bisa meningkatkan jumlah penonton. Pada bagian deskripsi inilah, kreator bisa menceritakan sekilas isi dari videonya. Apabila penjelasannya sesuai dengan informasi yang dibutuhkan oleh penonton, maka penonton akan melanjutkan videonya.

Demikian cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton. Selain hal-hal tersebut, kreator harus tetap konsisten membuat video, supaya penonton bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru. Sehingga penonton akan loyal menonton videonya dan pembuat video mendapatkan keuntungan dari banyaknya penonton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.