aplikasi, aplikasi edit video, aplikasi edit foto, aplikasi penghasil uang, aplikasi bpjs ketenagakerjaan, aplikasi jaki, aplikasi edit video di laptop, aplikasi bpjs kesehatan, aplikasi pinjaman online, aplikasi awal bros, aplikasi adalah, aplikasi akuntansi, aplikasi absensi online,aplikasi arisan, aplikasi accounting, aplikasi awal bros batam, aplikasi admin slot, aplikasi belajar bahasa inggris, aplikasi baca novel gratis, aplikasi buat paspor, aplikasi bibit, aplikasi bobol wifi, aplikasi belanja online, aplikasi cek bansos, aplikasi cari jodoh, aplikasi cek pajak kendaraan, aplikasi capcut, aplikasi canva, aplikasi chat, aplikasi cari teman sekitar, aplikasi cek suhu tubuh, aplikasi desain rumah, aplikasi disdukcapil, aplikasi download video, aplikasi download video youtube, aplikasi dana, aplikasi download youtube, aplikasi desain baju, aplikasi daftar paspor online batam, aplikasi edit video di hp, aplikasi edit pdf, aplikasi edit foto terbaik, aplikasi edit background foto, aplikasi edit video terbaik, aplikasi foto, aplikasi freelance, aplikasi facebook, aplikasi foto jadi kartun,aplikasi flip, aplikasi foto bergerak, aplikasi film gratis, aplikasi foto di laptop,aplikasi gambar, aplikasi ganti background foto, aplikasi get contact, aplikasi gambar di ipad, aplikasi gambar denah rumah, aplikasi gojek, aplikasi gabung foto, aplikasi google, aplikasi halo awal bros, aplikasi hijau, aplikasi hotel, aplikasi hapus background, aplikasi hitung kalori, aplikasi hd foto, aplikasi hacker, aplikasi hotel murah

Informasi Pemasangan Serta Cara Mengaktifkan Webcam di PC Windows 10

Cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 adalah cara yang banyak dicari saat ini. Apalagi di tengah kondisi PPKM yang mengharuskan setiap kegiatan dilakukan secara online. Terutama ketika kegiatan belajar mengajar ataupun meeting kantor. Dengan adanya webcam tentunya kegiatan tersebut tetap dapat dilaksanakan.

Windows 10 memang sudah mendukung banyak hal, termasuk kinerja webcam yang lebih baik. Spesifikasi OS yang lebih baik dari sebelumnya tentu saja akan membuat setiap pengalaman dengan webcam menjadi lebih nyaman. Berikut adalah cara memasang dan mengaktifkan webcam pada Windows 10, yaitu:

Informasi Tentang Pemasangan Webcam

Pada perangkat PC biasanya webcam tersedia secara terpisah. Maka dari itu, pengguna PC dituntut untuk memasang terlebih dahulu webcam pada PC. Beberapa hal ini dapat menjadi perhatian saat memasang webcam, antara lain:

1. Hal Penting dalam Pemasangan Webcam

Webcam biasanya memanfaatkan port USB pada pemasangannya. Maka dari itu jumlah port USB harus dipastikan terlebih dahulu. Pemasangannya pun tidak boleh sembarangan. Webcam harus disesuaikan dengan spesifikasi pada PC agar kinerjanya dapat berlangsung dengan baik.

Pemasangan perangkat baru tentunya membutuhkan penyesuaian lebih lanjut. Misalnya jumlah tegangan power supply, kapasitas RAM, kemampuan VGA, dan lain sebagainya. Ada banyak merek webcam yang bagus di pasaran. Mulai dari harga 150 ribu rupiah, hingga 600 ribu rupiah.

2. Instalasi Webcam

Setelah dipasang, webcam harus melalui proses instalasi. Beberapa webcam mungkin tidak didukung plug in installation. Umumnya webcam jenis ini membutuhkan CD installation untuk pemasangannya. Umumnya produk webcam original telah dilengkapi dengan CD installation.

Jika webcam telah didukung plug in installation, maka CD tidak dibutuhkan lagi. PC biasanya akan men scanning perangkat baru jika perangkut tersebut mendukung hal ini. Tetapi jika webcam tidak mendukung plug in installation dan tidak memiliki CD, situs web perusahaan webcam biasanya menyediakan installer tersebut.

Baca juga:  Apa Perbedaan Antara Komputer Hibrid Dan Komputer Digital

3. Instalasi Software Webcam

Setelah penginstalan perangkat keras, tentunya tidak akan lengkap jika tidak diikuti dengan penginstalan software. Webcam yang dilengkapi CD instalan, biasanya telah dilengkapi juga installer software di dalamnya. Hal ini cukup menguntungkan karena webcam dapat dengan segera dipakai.

Tetapi jika kondisi Webcam tanpa CD instalan, berarti pengguna PC diharuskan menyediakan terlebih dahulu software installation. Software installation ini biasanya dapat didapatkan pada website resmi penyedia webcam. Atau dapat juga menginstal software lain yang dapat mengaktifkan webcam.

Cara Mengaktifkan Webcam

Cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 sebenarnya relatif mudah. Software yang menggunakan webcam biasanya dapat melakukan hal ini secara otomatis. Tetapi di beberapa kondisi justru webcam tidak dapat diaktifkan secara otomatis. Berikut adalah cara aktivasi pada webcam, yaitu:

1. Mengaktifkan Webcam Bawaan

Mengaktifkan webcam bawaan sangatlah mudah. Pertama yaitu dengan masuk pada menu Start. Menu ini dapat ditemui di pojok kiri bawah layar komputer, atau dengan menekan tombol Windows pada keyboard. Kemudian pilih Kamera di list aplikasi yang tersedia. Kamera akan terbuka kemudian.

2. Mengaktifkan Webcam untuk Aplikasi Lain

Webcam terkadang tidak mau terbuka meskipun telah memasang aplikasi lain. Ini mungkin karena PC belum memberi izin untuk menggunakan webcam. Cara mengaktifasinya adalah dengan masuk ke menu Setting pada Start. Kemudian pilih Kamera pada opsi Privacy. Nyalakan fitur Let Apps Use My Camera.

Pandemi Covid 19 memang menyulitkan beberapa hal, tetapi bukan berarti dapat menghentikan setiap kegiatan. Melalui cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 serta pemasangannya, setidaknya kegiatan seperti sekolah dan kerja tetap terlaksana. Tetaplah kreatif serta produktif meskipun pandemi melanda.

Baca juga:  Sebutkan Perkembangan Komputer Sebelum Tahun 1940