Cara Menghemat Kuota Youtube Agar Tidak Boros

Menonton video YouTube adalah salah satu hal yang umumnya dilakukan kebanyakan orang baik untuk mencari berita, hiburan, atau hanya untuk menghabiskan waktu.

Cara Menghemat Kuota Youtube

Meskipun YouTube tersedia secara gratis, platform ini memakan banyak bandwidth data dari pengguna. Untuk itu, berikut ini adalah 5 cara menghemat kuota YouTube agar tidak boros, yaitu:

1. Turunkan Resolusi Video

Secara default, YouTube mencoba melakukan streaming dengan kualitas terbaik yang dapat ditangani oleh koneksi internet. Semakin tinggi kualitas video, semakin banyak data yang akan digunakan untuk menonton sebuah video. Jadi, salah satu langkah paling efektif untuk mengekang konsumsi data yang berlebihan di YouTube adalah dengan menonton video dalam kualitas yang lebih rendah.

Untuk saat ini, YouTube menawarkan opsi mulai dari 144p hingga 1080p atau lebih tergantung pada kemampuan perangkat. Meskipun di setel otomatis secara default, sebaiknya turunkan ke 360p atau 480p untuk menghemat bandwidth data tanpa banyak mengorbankan pengalaman menonton. Untuk mengganti resolusi, kik titik tiga di pojok kanan atas video dan tap menu ‘Kualitas’.

2. Batasi Penggunaan Data Seluler

Jika pengguna menggunakan koneksi internet berkecepatan tinggi, YouTube akan secara default, memutar video dalam kualitas HD. Namun, pengguna dapat membatasi streaming HD di pengaturan aplikasi YouTube, menggunakan instruksi yang diberikan di bawah ini.

Luncurkan aplikasi YouTube di ponsel dan klik ikon foto profil di pojok kanan atas layar. Masuk ke Pengaturan dan pergi ke bagian Umum. Di sini, klik opsi ‘ Batasi penggunaan data seluler ‘ dan geser hingga bar berwarna biru. Dengan settingan ini YouTube tidak akan lagi menampilkan konten dalam HD saat menggunakan data seluler. Konten dengan kualitas HD hanya bisa digunakan saat terhubung ke WiFi.

Baca juga:  Internet Merupakan Dampak Modernisasi Dalam Bidang

3. Matikan Pemutaran Tanpa Suara

Pernah melihat video diputar secara otomatis saat sedang menggulir feed ke bawah? Hal itu karena fitur Pemutaran Tanpa Suara YouTube yang menawarkan pengguna sekilas tentang apa yang akan ditampilkan dalam video. Pada saat video diputar dengan suara mati, itu masih memakan sebagian besar data seluler dalam jangka panjang.

Untuk menonaktifkannya, masuk ke pengaturan YouTube dan pergi ke menu Umum. Di sini, cari opsi ‘Pemutaran tanpa suara di feed ‘ dan matikan. Pengguna juga dapat mengaturnya ke ‘Hanya WiFi’ jika ingin fitur pemutaran yang dibisukan hanya berfungsi saat terhubung ke jaringan WiFi.

4. Simpan Video Offline Saat Menggunakan WiFi

Cara menghemat kuota YouTube agar tidak boros yang selanjutnya adalah dengan menyimpan video offline saat menggunakan WiFi. YouTube memungkinkan pengguna mengunduh video sehingga pengguna dapat menontonnya nanti. Selain untuk menyimpan konten untuk konsumsi offline, pengguna juga dapat menggunakannya untuk menghemat data seluler  dengan menyimpan video terlebih dahulu saat menggunakan WiFi.

Jadi, lain kali saat Anda terhubung ke jaringan WiFi, cari video yang ingin ditonton dan klik Unduh untuk menyimpannya dalam kualitas yang diinginkan. Pengguna kemudian dapat menikmati video ini nanti dalam kualitas tinggi, tanpa mempengaruhi paket data seluler.

5. Gunakan YouTube Go

YouTube datang dengan alternatif yang dijuluki sebagai YouTube Go untuk pengguna yang memiliki konektivitas dan kecepatan internet terbatas. Ini adalah versi lite dari aplikasi YouTube biasa yang memungkinkan pengguna menonton dan mengunduh video sambil memantau penggunaan data.

Saat pengguna mengetuk video, aplikasi memberikan opsi untuk memutarnya dalam kualitas yang berbeda bersamaan dengan jumlah data yang akan digunakan untuk setiap opsi. Ini juga menunjukkan ruang yang tersedia di ponsel, sehingga pengguna dapat dengan mudah memilih video berkualitas mana yang ingin diunduh.

Baca juga:  Intip Cara Merekam Telepon Whatsapp di iPhone dengan Mudah

Demikian penjelasan dari 5 cara menghemat kuota YouTube agar tidak boros. Dengan cara-cara diatas, pengguna kini bisa menonton YouTube lebih lama tanpa harus khawatir akan kehabisan banyak kuota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.