Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Kulit Dan Wajah

Buah alpukat sering kita temui di pasar ataupun swalayan, alpukat adalah buah yang memiliki banyak sekali manfaat dikarenakan di dalam buah alpukat terkandung banyak sekali vitamin seperti vitamin A, C, B, E.

Selain kaya akan vitamin alpukat juga kaya akan unsur unsur yang penting bagi tubuh anda, seperti lemak sehat, antioksidan,  dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit seperti selenium, dan zinc.

Alpukat Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat dari alpukat bisa kita dapatkan dengan cara memakannya langsung atau mengolahnya menjadi produk kesehatan seperti masker wajah.

Manfaat alpukat untuk kulit memang sangat banyak dan saya tidak bisa merangkum semuanya disini, jadi inilah beberapa manfaat buah alpukat yang baik untuk kulit dan wajah:

Melembabkan kulit dan wajah

Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung banyak lemak dan air serta mineral dan vitamin yang mampu untuk melembabkan kulit dan wajah, alpukat bisa secara alami mengatasi kulit kering atau kulit pecah pecah. Kandungan antioksidan dalam alpukat juga bisa memperbaiki kulit yang rusak akibat eksim dan jerawat atau masalah masalah kulit lainnya.

Meningkatkan elastisitas kulit dan wajah

Vitamin C dan mangan yang terkandung pada alpukat dapat meningkatkan keelastisan kulit dan wajah, vitamin C dan mangan adalah nutrisi yang diperlukan oleh kulit untuk memproduksi kolagen, kolagen adalah protein yang diperlukan oleh kulit untuk menjaga keelastisan kulit.

Riset juga menunjukan bahwa lemak pada alpukat bisa meningkatkan keelastisan kulit dan menghilangkan kerutan pada wajah.

Baca juga:  Wajah Bayi Tidak Terlihat Saat Usg

Mencegah dan memperbaiki kerusakan pada kulit

Alpukat mempunyai unsur dan zat yang mampu menghentikan atau mencegah peradangan pada kulit, unsur dan zatnya adalah Vitamin A, Vitamin B, Vitamin E, Vitamin C, dan antioksidan.

Bahkan riset mengatakan bahwa kelima unsur ini dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih.

Mengurangi Hiperpigmentasi

Di dalam alpukat terkandung Vitamin A dan C yang bisa mencegah atau mengatasi penggelapan pada warna kulit atau yang disebut hiperpigmentasi, ini dikarenakan vitamin yang terkandung di dalam alpukat mampu mengurangi produksi melamin yang menjadi sebab peradangan pada kulit dan wajah.

Melanin yang merupakan sebab terjadinya peradangan pada kulit yang menyebabkan jerawat.

Mencegah munculnya jerawat pada wajah.

Vitamin C dan omega 3 pada kulit mampu mengurangi peradangan pada kulit dan wajah yang menjadi sebab tumbuhnya jerawat pada wajah.

Selain Dari Vitamin C dan omega 3 pada alpukat, alpukat juga memiliki anti mikroba yang mengurangi pertumbuhan jerawat pada wajah apabila alpukat dijadikan minyak.

Manfaat alpukat dapat diambil dengan cara memakan langsung ataupun dengan dibuat menjadi produk olahan makanan dan kesehatan, dan salah satu produk olahan untuk kesehatan adalah menjadikan alpukat sebagai masker wajah dan pembersih wajah.

Pembersih wajah dari alpukat dapat dimanfaatkan dengan cara memanfaatkan minyak dari buah alpukatnya sendiri.

Masker wajah dibuat dengan cara memasukan setengah buah alpukat matang, 1 sendok teh minyak kelapa yang sudah mengental, 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh air matang, lalu haluskan hingga menjadi pasta dan tercampur.

Cara memakai masker wajah yang terbuat dari buah alpukat adalah dengan cara sebagai berikut:

  1. Bersihkan wajah dengan menggunakan handuk hangat selama kurang lebih 20 menit. Penggunaan handuk bertujuan untuk membuka pori pori wajah.
  2. Setelah itu oleskan pasta yang telah dibuat tadi dengan kuas atau jari lalu oleskan secara merata, hindari mengoleskan masker ke area mata.
  3. Diamkan kurang lebih selama 15 menit, bilas dengan air hangat lalu keringkan dan oleskan pelembab.
Baca juga:  Rekomendasi Herbal Untuk Perawatan Wajah Alami

Alpukat umumnya aman untuk dikonsumsi dan digunakan sebagai bahan perawatan wajah alami. Namun, sebagian orang mungkin bisa mengalami reaksi alergi setelah mengoleskan produk berbahan alpukat ke kulit atau mengonsumsi alpukat. Untuk mencegahnya, lakukanlah tes alergi atau uji tempel ke kulit terlebih dahulu.