Cara Memperbaiki Lubang Charger Hp yang Longgar Beserta Penyebabnya

Salah satu komponen penting di Hp adalah charger, dimana alat berguna untuk memberikan mengisi energi baterai pada Hp. Oleh karena itu, pada bagian Hp harus memiliki colokan charger yang sesuai. Tentunya agar arus listrik yang masuk juga stabil. Namun terkadang malah lubang tersebut longgar. Berikut ini beberapa penyebab dan cara memperbaiki lubang charger HP yang longgar, antara lain:

Cara Memperbaiki Lubang Charger Hp yang Longgar

Salah satu hal yang akan membuat pengguna tidak nyaman jika lubang charger pada Hp longgar adalah sulit atau bahkan tidak masuknya listrik ke dalam Hp. Sehingga proses pengisian daya baterai akan berlangsung sangat lambat. Oleh karena itu, berikut  akan dipaparkan langkah pada cara memperbaiki lubang charger HP yang longgar, yaitu:

1. Memastikan Bagian Lubang Konektor  Bersih

Langkah pertama sebagai cara memperbaiki lubang charger HP yang longgar dengan memastikan lubang konektor bersih. Pasalnya bagian ini suka luput dari pemilik mengenai kebersihannya. Sehingga kebanyakan pemilik jarang membersihkan bagian ini. Padahal saat bagian ini kotor bisa menjadi pemicu kotoran atau debu masuk ke bagian lebih dalam alias terminal Hp.

Sehingga untuk memperbaiki ketidakberfungsian lubang charger Hp adalah dengan membersihkan pada bagian port konektor terlebih dahulu. Adapun cara membersihkannya dengan cotton bud. Jika tidak terjangkau, maka bisa dengan alat yang lebih kecil seperti dengan jarum. Namun, harus ekstra hati-hati  agar tidak  merusak komponen yang lain.

Baca juga:  Apa Saja Ternak Kesayangan Yang Ada Di Sekitarmu

2. Mengatur Arah Konektor

Untuk memperbaiki lubang charger yang bermasalah bisa dengan mengatur arah konektor. Hal ini sering terjadi saat pengguna menggunakan charger non original. Pasalnya charger semacam ini bisa memicu kerusakan pada konektor Hp ataupun merubah arahnya. Jadi pada bagian konektor tidak lagi lurus.

Sehingga untuk memperbaikinya bisa dengan mengubah arah konektor sehingga bisa seperti yang sebelumnya. Untuk caranya sendiri bisa dengan jarum yang kuat dan perlahan mengubah arah gerak konduktor. Selain itu coba dengan menggoyangkan jarum pada bagian port agar posisinya sesuai dengan yang diinginkan.

3. Mengganti Bagian IC Charger

Setelah mengulik pada bagian konektor, namun belum ada hasilnya, Maka pengguna bisa melakukan proses penggantian pada IC charger. Cara ini memang sangat efektif, sehingga saat konektor sudah tidak bisa diperbaiki maka bisa membeli atau menggantinya dengan IC charger yang baru.

4. Membongkar Bagian Lubang Charger Pada Smartphone

Cara ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Pasalnya saat tidak memiliki pengetahuan yang lengkap tentang hal tersebut. Malah akan menambah masalah baru. Tidak hanya itu kegiatan ini juga membutuhkan alat-alat khusus. Jadi, jika terpaksa perlu untuk melakukan pembongkaran bisa diserahkan pada service Hp terpercaya.

Penyebab Lubang Charger Hp Longgar

Setelah membahas mengenai solusi atas lubang charger Hp yang longgar. Maka saatnya pengguna juga mengetahui penyebab hal tersebut. Sehingga dimasa yang akan datang kerusakan tersebut tidak akan terulang. Ternyata salah satu penyebabnya adalah hal-hal sepele yang menjadi penyebabnya misalnya seringnya pengguna mengisi daya.

Sehingga secara tidak langsung akan sering melepas atau memasukkan bagian port charger Hp dengan konektor yang ada di charger. Selain itu juga gonta-ganti konektor terlebih dengan merk yang tidak sama. Jadi ada baiknya selalu menggunakan barang yang sesuai dan original tentunya.

Baca juga:  Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Fungsi Hidung Dalam Pernapasan Adalah

Demikian itu cara memperbaiki lubang charger hp yang longgar. Penjelasan yang sudah dipaparkan tersebut bisa dipraktekkan terlebih dahulu sebelum solusi terakhir dengan melakukan pembongkaran. Selain itu untuk proses pembongkaran smartphone khususnya saat mengatasi masalah seperti ini harus diserahkan pada ahlinya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.