Cara Menonaktifkan Antivirus Windows 10 dan Manfaat Antivirus untuk Komputer

Perangkat elektronik yang saat ini sangat penting bagi banyak orang selain smartphone adalah komputer. Pasalnya banyak kegiatan yang saat ini telah dioperasikan melalui perangkat ini. Namun, ternyata perangkat komputer juga bisa terserang virus atau malware. Oleh karena itu perlu adanya antivirus. Lalu apa manfaat antivirus untuk komputer serta bagaimana cara menonaktifkan antivirus windows 10? Berikut ulasannya:

Manfaat Antivirus untuk Komputer

Saat perangkat terkena virus, maka sangat berpengaruh pada kinerja perangkat tersebut. Misalnya komputer menjadi lebih lambat dan sebagainya. Oleh karena itu, pengguna juga perlu memasang antivirus di komputer atau laptop yang digunakan. berikut manfaat yang didapatkan saat memasang antivirus untuk perangkat laptop atau komputer, yaitu:

1. Menghentikan Program berbahaya

Kegunaan antivirus yang pertama adalah menjaga komputer dari program atau file yang berpotensi membawa virus. Adapun file pada umumnya yang dianggap bahaya adalah dengan format ekstensi .exe. Sehingga disarankan untuk terlebih dahulu menonaktifkan aplikasi antivirus saat pengguna hendak mendownload aplikasi baru. Pasalnya aplikasi baru selalu berekstensi. exe.

3. Membersihkan Secara Tuntas Program yang Telah di Unistall

Saat pengguna ingin menghapus atau menguninstall program, pada umumnya melalui Control panel. Namun tidak ada yang tau apakah program tersebut benar benar terhapus bersih dari perangkat, dan masih meninggalkan sampah program.

Oleh karena itu, penggunaan antivirus dengan versi terbaru yang sifatnya lebih pro bisa mengatasi permasalahan ini. Saat pengguna menghapus aplikasi, sampah program juga ikut dibersihkan.

Baca juga:  Download Buku Komputer Dan Jaringan Dasar Kurikulum 2013 Revisi 2017

3. Melindungi Komputer dari Perangkat lain yang berbahaya

Menjadi keuntungan lain saat menggunakan antivirus, tidak hanya melindungi komputer dari program berbahaya di dalamnya saja. Namun, saat pengguna menghubungkan komputer dengan perangkat lain misalnya flashdisk. Dan ternyata flasdisk tersebut membawa virus, maka secara otomatis antivirus dalam komputer akan mendeteksi.

Cara Menonaktifkan Antivirus Windows 10

Bagi yang sudah terlanjur memasang antivirus pada perangkat laptop atau komputernya. Kemudian ingin menghentikan aplikasi ini baik dalam jangka waktu tertentu. Maka yang harus menonaktifkan antivirus tersebut, berikut ini langkah mudahnya:

1. Membuka Antivirus

Untuk menonaktifkan antivirus Windows 10 bisa dilakukan dengan membuka aplikasi tersebut. Jika sulit untuk menemukan langsung maka bisa dicari pada kolom pencarian. Kemudian jika sudah pengguna bisa masuk pada  aplikasi tersebut.

2. Masuk Pada Menu Setting

Menu ini bisa ditemukan pada bagian menu Start kemudian klik sub menu setting. Selanjutnya pengguna bisa pilih bagian Update & Security. Setelah klik bagian tersebut akan muncul banyak opsi yang ditampilkan salah satunya Windows Security.

Setelah pengguna klik pada bagian ini maka pada layar disebelah kanannya akan muncul pilihan opsi. Salah satunya adalah Virus & Threat Protection. Maka pengguna bisa klik opsi tersebut, kemudian lanjut pada Manage Setting.

3. Menonaktifkan Real Time Protection

Pada bagian Real Time Protection terdapat tombol yang bisa diatur oleh pengguna komputer. Bagian ini bisa disetting untuk kondisi aktif atau nonaktif. Maka dari itu, pengguna bisa menggeser tombol yang awalnya aktif untuk dirubah pada kondisi tidak aktif. Selain itu juga bisa dinonaktifkan keterangan cloud delivered hingga automatic sample submission nya.

Demikian itu manfaat yang bisa didapatkan saat pengguna menginstal antivirus untuk komputer. Selain, itu juga dipaparkan cara menonaktifkan antivirus Windows 10. Tentunya saat sudah terlanjur memasang, tidak perlu bingung untuk menonaktifkan disaat tertentu. Ternyata caranya juga sangat mudah untuk dipraktekkan langsung.

Baca juga:  Begini Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna WiFi dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.