aplikasi, aplikasi edit video, aplikasi edit foto, aplikasi penghasil uang, aplikasi bpjs ketenagakerjaan, aplikasi jaki, aplikasi edit video di laptop, aplikasi bpjs kesehatan, aplikasi pinjaman online, aplikasi awal bros, aplikasi adalah, aplikasi akuntansi, aplikasi absensi online,aplikasi arisan, aplikasi accounting, aplikasi awal bros batam, aplikasi admin slot, aplikasi belajar bahasa inggris, aplikasi baca novel gratis, aplikasi buat paspor, aplikasi bibit, aplikasi bobol wifi, aplikasi belanja online, aplikasi cek bansos, aplikasi cari jodoh, aplikasi cek pajak kendaraan, aplikasi capcut, aplikasi canva, aplikasi chat, aplikasi cari teman sekitar, aplikasi cek suhu tubuh, aplikasi desain rumah, aplikasi disdukcapil, aplikasi download video, aplikasi download video youtube, aplikasi dana, aplikasi download youtube, aplikasi desain baju, aplikasi daftar paspor online batam, aplikasi edit video di hp, aplikasi edit pdf, aplikasi edit foto terbaik, aplikasi edit background foto, aplikasi edit video terbaik, aplikasi foto, aplikasi freelance, aplikasi facebook, aplikasi foto jadi kartun,aplikasi flip, aplikasi foto bergerak, aplikasi film gratis, aplikasi foto di laptop,aplikasi gambar, aplikasi ganti background foto, aplikasi get contact, aplikasi gambar di ipad, aplikasi gambar denah rumah, aplikasi gojek, aplikasi gabung foto, aplikasi google, aplikasi halo awal bros, aplikasi hijau, aplikasi hotel, aplikasi hapus background, aplikasi hitung kalori, aplikasi hd foto, aplikasi hacker, aplikasi hotel murah

Perbedaan Insto Reguler Dan Dry Eyes

Perbedaan Insto Reguler Dan Dry Eyes

Insto bermanfaat untuk meredakan gejala iritasi mata ringan, seperti mata merah, gatal, atau kering. Obat ini tersedia dalam bentuk tetes mata dengan dua varian, yaitu Insto Regular dan Insto Dry Eyes.

Insto Regular mengandung bahan aktif tetrahydrozoline HCl. Bahan ini bekerja dengan cara memperkecil pembuluh darah di mata yang melebar pada saat terjadi mata merah dan iritasi.

Sementara itu, Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif hydroxypropyl methylcellulose yang memberikan efek pelumas seperti air mata, sehingga dapat mengatasi gejala mata kering.

Produk Insto

Ada dua produk Insto yang tersedia di Indonesia, yaitu:

1. Insto Regular

Insto Regular dikemas dalam botol berwarna hijau dengan kandungan tetrahydrozoline HCl 0,05% dan benzalkonium klorida 0,1%. Produk ini bermanfaat untuk mengatasi mata merah dan rasa perih di mata yang disebabkan oleh iritasi mata ringan karena debu, asap, angin, atau air kolam renang.

2. Insto Dry Eyes

Insto Dry Eyes dikemas dalam botol berwarna biru dengan kandungan hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg dan benzalkonium chloride 0,1 mg. Produk ini bermanfaat untuk meringankan rasa tidak nyaman akibat kurangnya air mata, seperti saat berada di tempat yang dingin atau saat menatap layar terlalu lama.

Apa Itu Insto

Bahan aktif Tetrahydrozoline HCl, hydroxypropyl methylcellulose (hypromellose)
Golongan Obat bebas
Kategori Obat tetes mata
Manfaat Meringankan gejala iritasi mata ringan, seperti mata merah, gatal, atau kering
Digunakan oleh Dewasa
Insto untuk ibu hamil dan menyusui Kategori

N:
Belum dikategorikan.

Belum diketahui apakah kandungan dalam Insto dapat terserap ke dalam ASI atau tidak.

Bila Anda sedang hamil atau menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Bentuk obat Cairan tetes mata
Baca juga:  Apakah Yang Dimaksud Dengan Kuncian Dalam Pencak Silat

Peringatan Sebelum Menggunakan Insto

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan Insto, yaitu:

  • Jangan menggunakan Insto jika Anda alergi terhadap kandungan yang ada di dalam obat ini.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menggunakan Insto bersama dengan obat lain, suplemen, atau produk herbal.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Insto jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Insto jika Anda pernah atau sedang menderita glaukoma, penyakit jantung, nyeri dada, hipertensi, diabetes, infeksi atau cedera mata, atau hipertiroidisme.
  • Jangan langsung mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat yang membutuhkan kewaspadaan setelah menggunakan Insto, karena obat ini dapat menyebabkan penglihatan kabur sementara.
  • Jangan menggunakan Insto dalam jangka lama. Jika keluhan yang Anda alami belum membaik atau malah memburuk setelah 7 hari menggunakan Insto, konsultasikan kondisi Anda ke dokter.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat setelah menggunakan Insto.

Dosis dan Aturan Pakai Insto

Dosis Insto berbeda-beda, tergantung pada jenis produk dan kondisi pasien. Secara umum, berikut adalah dosis Insto:

  • Insto Reguler
    2–3 tetes tiap mata, 3–4 kali sehari,
  • Instor Dry Eyes
    1–2 tetes tiap mata, 3 kali sehari.

Cara Menggunakan Insto

d
engan Benar

Pastikan Anda mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan sebelum menggunakan Insto. Gunakan Insto sesuai dosis yang dianjurkan.

Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan insto. Pastikan agar ujung botolnya tidak tersentuh atau terkena permukaan benda apa pun agar tidak terkontaminasi.

Dongakkan kepala ke belakang dan tarik kelopak mata bagian bawah hingga membentuk kantung, lalu teteskan obat ke dalamnya. Setelah obat diteteskan, tutup mata Anda dan tekan bagian ujung mata yang dekat dengan hidung selama 2–3 menit, lalu tundukkan kepala Anda ke bawah.

Baca juga:  Tari Manuk Rawa Berasal Dari Daerah

Hindari menekan dan menggosok mata, atau mengedip supaya obat dapat bekerja dengan baik. Jika perlu meneteskan lebih dari 1 jenis tetes obat di mata yang sama, beri jeda 5 menit sebelum meneteskannya lagi.

Jika Anda menggunakan lensa kontak, lepaskan terlebih dahulu sebelum menggunakan Insto. Tunggu setidaknya 10 menit setelah menggunakan Insto sebelum memasang kembali lensa kontak.

Simpan Insto di dalam wadah tertutup. Hindari menyimpan obat di tempat yang panas, lembap, atau terkena paparan sinar matahari langsung. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Insto dengan Obat Lain

Efek interaksi yang mungkin terjadi jika menggunakan instro bersamaan dengan obat tertentu adalah:

  • Peningkatan risiko terjadinya hipertensi dan komplikasi jika digunakan bersama obat dihydroergotamine, ergotamine, ergonovine, duloxetine, dan albuterol
  • Penurunan efektivitas obat kanker iobenguane I-131

Efek Samping dan Bahaya Insto

Umumnya Insto merupakan obat tetes mata yang aman jika digunakan sesuai aturan pakai. Namun, kandungan tetrahydrozoline dan hypromellose di dalamnya bisa saja menimbulkan efek samping, seperti:

  • Mata terasa perih dan kemerahan
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Penglihatan kabur
  • Iritasi ringan pada mata

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung membaik atau justru semakin parah. Segera ke dokter jika terjadi reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius setelah menggunakan insto, seperti:

  • Tremor
  • Detak jantung terasa cepat dan tidak beraturan (aritmia)
  • Sakit kepala
  • Berkeringat
  • Lemah
  • Gugup
  • Sakit mata yang parah

Perbedaan Insto Reguler Dan Dry Eyes

Sumber: https://www.alodokter.com/insto