aplikasi, aplikasi edit video, aplikasi edit foto, aplikasi penghasil uang, aplikasi bpjs ketenagakerjaan, aplikasi jaki, aplikasi edit video di laptop, aplikasi bpjs kesehatan, aplikasi pinjaman online, aplikasi awal bros, aplikasi adalah, aplikasi akuntansi, aplikasi absensi online,aplikasi arisan, aplikasi accounting, aplikasi awal bros batam, aplikasi admin slot, aplikasi belajar bahasa inggris, aplikasi baca novel gratis, aplikasi buat paspor, aplikasi bibit, aplikasi bobol wifi, aplikasi belanja online, aplikasi cek bansos, aplikasi cari jodoh, aplikasi cek pajak kendaraan, aplikasi capcut, aplikasi canva, aplikasi chat, aplikasi cari teman sekitar, aplikasi cek suhu tubuh, aplikasi desain rumah, aplikasi disdukcapil, aplikasi download video, aplikasi download video youtube, aplikasi dana, aplikasi download youtube, aplikasi desain baju, aplikasi daftar paspor online batam, aplikasi edit video di hp, aplikasi edit pdf, aplikasi edit foto terbaik, aplikasi edit background foto, aplikasi edit video terbaik, aplikasi foto, aplikasi freelance, aplikasi facebook, aplikasi foto jadi kartun,aplikasi flip, aplikasi foto bergerak, aplikasi film gratis, aplikasi foto di laptop,aplikasi gambar, aplikasi ganti background foto, aplikasi get contact, aplikasi gambar di ipad, aplikasi gambar denah rumah, aplikasi gojek, aplikasi gabung foto, aplikasi google, aplikasi halo awal bros, aplikasi hijau, aplikasi hotel, aplikasi hapus background, aplikasi hitung kalori, aplikasi hd foto, aplikasi hacker, aplikasi hotel murah

Tentukan Cuplikan Yang Berkategori Teks Eksplanasi Bersama Temanmu

Tentukan Cuplikan Yang Berkategori Teks Eksplanasi Bersama Temanmu

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Halaman 132 Bab 5

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII  Halaman 132  Bab II  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Bab 5 Urutan Cerita menarik dalam Eksplanasi semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VIII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 132 Kegiatan 5.2

Kegiatan 5.2 Semester 1

Bagian A. Jawablah pertanyaan berikut!

1. Bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi?

Jawaban:

Ciri umum dari teks eksplanasi adalah berisi penjelasan yang didasarkan pada fakta. Fakta-fakta tersebut dirangkai sedemikian rupa dengan pola kronologis dan kasualitas.

2. Apa yang dimaksud dengan hubungan kasualitas dalam teks eksplanasi?

Jawaban:
Hubungan sebab akibat, dalam artian penjelasan dalam teks dapat mengurai penyebab suatu fenomena terjadi dan akibat yang muncul.

3. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi?

Jawaban:

Untuk menjelaskan bagaimana suatu fenomena terjadi, apa penyebabnya dan apa akibatnya secara runut atau kronologis.

Bagian B. 1. Bacalah cuplikan-cuplikan teks di bawah ini!

2. Tentukanlah cuplikan yang berkategori teks eksplanasi bersama temanmu!

Baca juga:  Menyeleksi Gambar Dengan Bentuk Kotak Menggunakan Pada Toolbox

3. Jelaskan pula alasan-alasannya!

Jawaban :

1. Ketika liburan, aku tidak bepergian jauh, misalnya dengan berwisata ataupun berkunjung ke rumah saudara yang ada di desa. Aku tidak senang bepergian ke tempat yang terlalu jauh. Bepergian jauh itu buang-buang waktu dan tenaga saja. Karena itu, aku hanya berjalan-jalan ke toko untuk berbelanja ataupun bermain ke rumah teman yang masih satu kompleks.

Teks ini TIDAK TERMASUK TEKS EKSPLANASI
karena meskipun dikembangkan dengan pola kausalitas, unsur penyebab mengandung pernyataan pribadi, bukan fakta.

2. Di alam, karbon dioksida mengalami siklus yang dikenal dengan siklus karbon. Siklus karbon dimulai dengan dilepaskannya CO2 oleh berbagai macam sumber seperti pengilangan minyak bumi, asap pabrik, dan kendaraan bermotor, peristiwa alam seperti gunung meletus, organisme di laut, aktivitas manusia, hewan, dan tumbuhan. Hanya sebagian dari CO2 yang dilepas ke udara ini dapat diserap oleh hutan, tanah, dan laut.

Teks ini TIDAK TERMASUK TEKS EKSPLANASI
karena tidak menggunakan salah satu dari pola pengembangan baik kronologis, maupun kausalitas. Pola  pengembangan yang digunakan lebih mendekati kronologis, tapi informasi yang disajikan tidak lengkap, hanya berupa informasi tentang sumber CO2 dan penyerapan CO2, sementara siklus karbon masih terdiri dari beberapa bagian lain.

3. Persediaan darah di PMI selalu kurang. Pasien-pasien biasanya kehilangan banyak darah karena kecelakaan, melahirkan, dioperasi, atau karena penyakit berat lainnya. Lebih-lebih pada daerah yang mengalami bencana besar, diperlukan persediaan darah yang banyak. Sementara itu, lebih banyak orang yang perlu darah dibanding yang menyumbang. Orang yang memerlukan darah juga harus dipastikan menerima darah yang baik karena terkadang ditemukan juga darah yang tak bisa dipakai.

Baca juga:  Jelaskan Perjalanan Bartholomeus Diaz Hingga Sampai Ke Tanjung Harapan

Teks ini TERMASUK TEKS EKSPLANASI
karena dikembangkan dengan pola kausalitas dan mengandung fakta. Pola sebab dapat ditemukan pada bagian terjadinya kecelakaan, operasi, penyakit berat, atau melahirkan. Sedangkan pola akibat terletak pada persediaan darah di PMI yang selalu kurang.

Bagian C. 1. Samakanlah jawabannya dengan kelompok yang lain!

2. Rumuskan simpulan tentang kategori ketiga cuplikan teks tersebut!

Jawaban :

a. Saat liburan aku tidak bepergian jauh dan hanya jalan-jalan sekitar kompleks.

b. Menjelaskan tentang siklus karbon dari karbon dioksida.

c.persediaan darah pmi selalu kurang,para pasien biasanya kehilangan banyak darah karena kecelakaan,melahirkan dll.

Demikian Pembaca Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Halaman 132 Bab 5 buku siswa Kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Tentukan Cuplikan Yang Berkategori Teks Eksplanasi Bersama Temanmu

Sumber: https://www.heyulita.com/2022/04/blog-post_316.html