Sifat Informasi Dalam Teks Eksplanasi Adalah

Sifat Informasi Dalam Teks Eksplanasi Adalah

Saat membaca koran, majalah, atau artikel, Sobat Zenius pasti menemukan sebuah teks penjelasan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembacanya. Nah, hal tersebut merupakan contoh teks eksplanasi, lho!

Teks yang satu ini masuk ke dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 11. Sejatinya, teks eksplanasi menguraikan berbagai fenomena yang berhubungan dengan kata tanya.

Ketika Sobat Zenius membaca sebuah artikel berita, pasti menemukan sebuah pertanyaan mengenai suatu fenomena, misalnya:

“Apa penyebab terjadinya gempa di Banten?”

Nah, dimana kamu dapat menemukan teks penjelasan setelah pertanyaan tersebut, akan ada jawaban penjelasan yang cukup panjang untuk membantu pembaca dalam memahami pembahasan mengenai terjadinya gempa.

Sadar atau tidak, teks yang memaparkan suatu proses kejadian dengan sejelas-jelasnya disebut teks eksplanasi, lho, Sobat Zenius!

Dalam artikel kali ini, gue mau ngajak elo semua buat membahas mengenai apa pengertian teks eksplanasi, jenis-jenisnya, hingga contohnya.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak artikelnya di bawah ini!

Tapi sebelum lanjut, download dulu ya aplikasi Zenius-nya. Nanti elo bisa dapet materi belajar yang lebih lengkap plus nikmatin berbagai fitur gratisnya. Tinggal klik gambar di bawah ini sesuai
device
yang elo pakai, yah!


Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore

icon download appstore

download aplikasi zenius app gallery

📌 Artikel ini merupakan bagian dari ragam teks dalam Bahasa Indonesia. Untuk mempelajari jenis teks yang lain, baca artikel berikut:
Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasannya.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi - Ilustrasi Teks dalam Buku
Ilustrasi Teks dalam Buku (Dok. Pixabay oleh felix_w)

Secara garis besar, teks eksplanasi memberikan informasi yang disajikan dalam teks eksplanasi berupa uraian untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa yang berkaitan dengan alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan.

Baca juga:  Tempat Lapangan Untuk Menggelar Olahraga Lari Disebut Dengan

Apabila elo sedang membaca suatu bacaan, seperti artikel, majalah, atau koran, dan di dalamnya terdapat teks yg menjelaskan tentang proses terjadinya fenomena alam maupun sosial disebut, maka itu disebut teks eksplanasi.

Misalnya, dalam teks tersebut berisi tentang penjelasan mengenai kenapa air laut asin atau bagaimana proses terjadinya gunung meletus.

Tujuan teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan terjadinya suatu fenomena atau peristiwa, maka teks ini biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’.


Contoh Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi - Ilustrasi Perang Dunia 1
Ilustrasi Kondisi Perang Dunia 1 (Dok. Pixabay oleh 903115)

Sekarang kita sudah tahu kalau teks eksplanasi merupakan teks yang digunakan untuk menjelaskan suatu proses terjadinya fenomena alam, sosial, dan budaya.

Supaya Sobat Zenius semakin memahami teks yang satu ini, berikut ada beberapa contoh apa saja yang menjadi topik teks eksplanasi untuk elo pelajari:

Teks Eksplanasi tentang Ilmu Pengetahuan

Perang Dunia I adalah perang besar yang berlangsung di Benua Eropa dan beberapa kawasan di pelosok dunia pada kurun waktu 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918.

Perang ini melibatkan banyak negara-negara besar dunia saat itu, seperti Inggris, Prancis, Jerman, Austria-Hungaria (saat itu mereka merupakan satu kesatuan negara), Rusia, Italia (di tahun 1915), Turki, Jepang, dan lainnya.

Secara umum, terdapat dua kubu besar yang saling berseteru. Kubu pertama disebut sebagai Triple Alliance, yang terdiri dari Austria-Hungaria, Jerman, Turki, dan beberapa negara lainnya.

Kubu kedua disebut sebagai Triple Entente yang terdiri dari Inggris, Prancis, Rusia, Italia (berganti afiliasi di penghujung perang), dan beberapa negara lainnya.

Secara umum, penyebab pecahnya Perang Dunia I adalah persaingan ekonomi dan militer antar negara (hal ini sering disebut juga sebagai persaingan imperialisme dan militerisme; serta arms race).

Para negara yang terlibat perang saling bersaing menjadi negara terhebat dalam bidang tersebut dan berusaha unjuk kebolehan kekuatan, seperti penciptaan senjata yang canggih.

Secara khusus, penyebab pecahnya Perang Dunia I adalah:Balas dendam Prancis atas Jerman pada perang Prancis-Jerman 1870-1871,Perdagangan kapal Inggris dengan Turki,Bangkitnya nasionalisme khususnya di Jerman,Polarisasi politik yang berujung pada persekutuan mutual defense alliances (Triple Alliance – Triple Entente).

Konflik-konflik yang sebelumnya telah terjadi tersebut akhirnya berujung pada terjadinya Perang Dunia I melalui satu pemicu.

Pemicu perang ini adalah terbunuhnya putra mahkota Negara Austria-Hungaria yaitu Franz Ferdinand pada waktu kunjungannya ke Kota Sarajevo, Bosnia oleh seorang pemberontak bernama Gavrilo Princip pada 28 Juni 1914.

Selepas peristiwa pembunuhan itu, terjadilah efek berantai yang menyebabkan para Negara Eropa saling menyatakan perang sesuai dengan kelompok persekutuannya masing-masing.

Perang berakhir dengan kekalahan pihak Triple Alliance yang memunculkan perjanjian Versailles pada 28 Juni 1919. Perang Dunia tidaklah meletus begitu saja tanpa adanya sebab. Banyak hal yang telah terjadi di antara negara-negara eropa.

Keadaan yang serba saling curiga tersebut akhirnya pecah menjadi salah satu peperangan terbesar yang pernah terjadi sepanjang sejarah dunia.

Suatu peristiwa besar tidak mungkin terjadi begitu saja tanpa adanya sebab tertentu. Begitu juga dengan yang terjadi di balik meletusnya Perang Dunia I.

Contoh teks eksplanasi
Teks Eksplanasi - Francis Ferdinand dan Istrinya Sophie (Sumber Britannica)
Ilustrasi Francis Ferdinand dan Istrinya, Sophie (Dok. Britannica)

Teks Eksplanasi tentang Fenomena Alam

Tsunami merupakan salah satu fenomena alam yang disebabkan karena adanya perubahan vertikal dasar laut.

Fenomena alam yang satu ini terjadi karena faktor terjadinya gempa bumi di dekat atau dasar laut.

Setidaknya, proses terjadinya tsunami dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu adanya letusan gunung berapi dan tanah longsor.

Kecepatan gelombang tsunami bergantung pada kedalaman laut. Jika kedalaman laut mencapai 7.000 meter, kecepatan gelombangnya bisa mencapai 942,9 km/jam. Sumber: detik.com dengan perubahan

Contoh teks eksplanasi alam singkat

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Untuk mengetahui bahwa teks di atas adalah teks eksplanasi, harus dipastikan terlebih dahulu bahwa terdapat ciri-ciri teks eksplanasi di dalamnya.

Baca juga:  Jelaskan Fungsi Digital Metronome Di Dalam Keyboard

Bagian ini sebaiknya diperhatikan,
dengan baik, ya, Sobat Zenius. Kalau elo paham betul ciri-ciri dari teks ini, pas ketemu soal ujian kalian nggak akan kesulitan buat cari jawabannya.

Berikut ciri-ciri dari teks eksplanasi:

1. Mengandung Fakta

Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah terdapat fakta di dalam teks yang disajikan.

Kalau dibaca baik-baik, ada berbagai macam fakta yang tersaji dalam teks eksplanasi di atas. Ada fakta tentang kapan tahun terjadinya Perang Dunia I.

Selain itu, juga ada fakta-fakta sejarah seperti negara yang terlibat sampai dengan konsekuensi apa yang diterima oleh negara yang kalah perang.

2. Menjelaskan tentang Sebab dan Akibat

Artikel tentang sejarah singkat Perang Dunia I tersebut membahas bagaimana perang dapat terjadi.

Mulai dari intrik yang melibatkan negara-negara di eropa hingga akhirnya pecah peperangan yang salah satu pemicunya adalah pembunuhan terhadap putra mahkota Negara Austria-Hungaria, Franz Ferdinand, yang pada waktu itu sedang berkunjung ke Kota Sarajevo, Bosnia.

3. Memberikan Informasi

Salah satu ciri dari teks eksplanasi adalah teks tersebut mengandung informasi. Untuk poin yang satu ini sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Artikel yang ada di atas mengandung informasi terkait bagaimana Perang Dunia 1 bisa pecah, negara yang terlibat, dan informasi-informasi lainnya.

Lalu, contoh nomor dua bisa dilihat informasi yang disajikan yaitu mengenai proses terjadinya tsunami.

Jika menilik kepada ciri-ciri teks eksplanasi, artikel yang terpampang di atas seharusnya sudah dapat dinilai sebagai artikel eksplanasi.

Ketiga ciri dari teks eksplanasi sudah terpenuhi. Namun, jika kita masih belum yakin, kita bisa merujuk kepada struktur dari artikel eksplanasi.

Sebaiknya kita mengetahui struktur tersebut supaya jika ada soal yang sulit untuk dipecahkan apa jawabannya, kita bisa menganalisis dengan berbagai cara. Bisa melalui ciri-cirinya atau bisa juga melalui struktur teks yang diujikan.

Baca juga:  Materi Pkn Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Pdf

Struktur Teks Eksplanasi

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum yang dimaksud di sini bisa berupa penjabaran tentang apa yang ingin artikel itu bahas.

Dalam artikel tentang sejarah singkat Perang Dunia I, terdapat paragraf yang membahas apa itu perang dunia, siapa saja yang terlibat, dan tahun-tahun penting dalam peristiwa Perang Dunia I.

2. Deretan Penjelas (Biasanya Berupa Penjelasan Sebab Akibat)

Pernyataan sebab dan akibat menjadi pernyataan yang krusial. Sebabnya adalah karena dalam paragraf ini data yang disajikan haruslah valid supaya dapat menyajikan informasi yang benar (bukan


hoax

) kepada para pembaca.

Artikel di atas menyebutkan sebab-sebab yang melatarbelakangi Perang Dunia I hingga akibat yang dialami oleh negara yang kalah perang.

3. Interpretasi (Kesan, Pendapat, atau Pandangan)

Struktur teks eksplanasi ini adalah bagian tersulit bagi penulis yang ingin menyajikan teks eksplanasi. Bagaimana tidak, penulis tidak diperkenankan untuk memasukkan opininya yang bisa memicu penggiringan opini pembaca.

Alhasil, kesimpulan harus ditarik benar-benar apa adanya sesuai dengan data dan fakta yang tersaji di dalam tulisan.

Penulis artikel di atas menyimpulkan bahwa suatu peristiwa besar tidak mungkin hanya tersaji begitu saja. Ada peristiwa-peristiwa kecil yang berkelindan dan dengan beberapa pemicu, peristiwa besar akhirnya meledak.


Itu dia penjelasan singkat mengenai materi Bahasa Indonesia yang satu ini, sekarang elo sudah tahu dong,
dimana saja kita dapat menjumpai teks eksplanasi
sekarang.

Teks eksplanasi adalah salah satu materi yang elo pelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMA. Materi ini sebenarnya tidaklah sulit selama elo mengetahui dengan baik ciri-ciri atau struktur yang membangun teks eksplanasi.

Dengan memahami konsep-konsep tersebut, elo bisa memecahkan soal-soal yang diujikan dengan lebih mudah. Elo juga bisa sekalian daftar paket Zenius Aktiva agar dapat mengakses semua fitur kerennya, klik banner di bawah yuk untuk info selengkapnya.

Pembahasan Lengkap Teks Eksplanasi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 26

Ingin penjelasan lebih lanjut tentang apa itu teks eksplanasi? Sobat Zenius bisa lanjut belajar ke video materi pembahasan Zenius dengan klik gambar di bawah ini!

Pembahasan Lengkap Teks Eksplanasi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 27

Selain materi Bahasa Indonesia tentang teks Eksplanasi, elo juga bisa nonton konten seru lainnya di YouTube channel Zenius:

Originally published:
November 22, 2019


Updated by:
Maulana Adieb


& Arieni Mayesha

Sifat Informasi Dalam Teks Eksplanasi Adalah

Sumber: https://www.zenius.net/blog/teks-eksplanasi