Apa Saja Bentuk Bentuk Pengemasan Yang Dilakukan Terhadap Karya Seni

Apa Saja Bentuk Bentuk Pengemasan Yang Dilakukan Terhadap Karya Seni

Nama Karya Budaya

Tari Kebagh


Nama-nama Lain Karya Budaya

Tari Kebar

Nama Orang yang Melaporkan Karya Budaya

: JLN demang lebar daun no 4864 palembang

Tempat dan Tanggal Laporan Karya Budaya

Persetujuan Pencatatan Karya budaya

  1. BALITBANGNOVDA

Sejarah Singkat Karya Budaya

Tari Kebagh atau Tari Kebar merupakan tarian adat tertua yang sangat populer di daerah Besemah sejak zaman dahulu kala. Walau sempat dilarang hingga tahun 1940-an oleh pemerintah kolonial belanda, tarian ini tetap terpelihara dan diajarkan secara tutun temurun dari generasi ke generasi.

Tari Kebagh semakin terdesak, tenggelam dan sempat menghilang pada masa pendudukan Jepang.Berdasarkan cerita lisan dari orang-orang tua, sejarah tarian ini berkaitan dengan Puyang Serunting Sakti. Dikisahkan, pada suaru acara perkawinan yang sangat meriah dan turut dihardiri oleh Serunting Sakti dan istrinya diadakanlah ocara tari-tarian.

Istri Puyang Serunting Sakti yang konon adalah seorang bidadari, diminta ikut turun menari. Permintaan ini disetujui istrinya dengan syarat selendang miliknya yang dirampas dan disembunyikan oleh Puyang Serunting Sakti dikembalikan padanya untuk dipakai menari

Karena terus didesak banyak orang, akhirnya dengan berat hati, Puyang Serunting Sakti mengizinkan istrinya menari dengan selendang yang diambilnya pada masa lalu. Selendang tersebut disembunyikan di dalam ruas bambu yang lazim disebut tepang.

Maka menarilah istyri Puyang Serunting Saksti dengna lemah gemulai. Kecantikan dan kemahirannya menari membuat semua mata terpana. Hingga tanpa disadari oleh semua orang, istri Puyang Serunting Sakti tak lagi menginjak bumi, melayang-layang, semakin tinggi hingga menuju ke kayangan, negeri asalnya.

Baca juga:  Contoh Soal Induksi Magnet Pada Kawat Melingkar

Nama komunitas /organisasi/asosiasi/badan/paguyuban/kelompok sosial atau perorangan penanggung jawab karya budaya

1.

: JLN demang lebar daun no 4864 palembang

Lokasi Karya Budaya

Lokasi Utama

: Sumatera Selatan

: Kota Pagar Alam

Alamat-alamat penting:

  1. belum diketahui
  2. belum diketahui

Kategori Karya Budaya

  • Seni pertunjukan, termasuk seni visual, seni teater, seni suara, seni tari, seni musik, film.
  • Adat istiadat masyarakat, ritus, dan perayaan-perayaan, sistem ekonomi tradisional, sistem organisasi sosial, upacara tradisional.

Uraian / Deskripsi singkat karya Budaya yang dilaporkan

Tari Kebagh adalah suatu kesenian tradisional Basemah tertua di Kota Pagar Alam. Penarinya seorang Putri atau lebih. Tari Kebagh digelar pada waktu penyambutan tamu agung/tamu kehormatan pada acara resmi atau upacara resepsi pernikahan. Tari Kebagh pada zaman dahulu dikategorikan ke dalam tari sakral.

Tari Kebagh berasal dari Desa Besemah Kelurahan Besemah serasan Kota Pagar Alam, tarian ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda yang telah masuk ke Pagar Alam. Tari Kebagh diciptakan oleh para penduduk pada desa Basemah yang waktu itu ingin menunjukkan suatu hiburan dalam rangka menyambut tamu agung/tamu kehormatan pada acara resepsi pernikahan yang terdapat didesanya. Tarian ini diiringi dengan kenong dan rehab dan biasanya digelar di halaman terbuka.

Tarian ini ditarikan secara beramai-ramai secara berpasang-pasangan dihalaman pada malam hari. Gerakan tari kebagh diilhami dari gerak burung Dinang. Burung ini memiliki kebiasaan hidup berkelompok dan memiliki gerakan serta warna yang indah. Sebagian masyarakat Basemah meyakini bahwa tari Kebah pada awalnya ditarikan oleh bidadari yang menjadi istri Puyang Serunting Sakti

Upaya Pelestarian / Promosi Karya budaya

  • Pertunjukkan seni, pameran, peragaan/demonstrasi

Cara-cara terbaik (best practices) untuk melestarikan dan mengembangkan karya budaya

Tidak ada

Referensi (ditulis sumber secara lengkap : nama penulis, tahun,judul buku, tempat terbit, penerbit) ; naskah kuno, prasasti, sumber lesan/ nama pelaku (saksi sejarah) yang masih hidup, usia, dll

tidak ada

Website

: Balitbangnovda Sumsel

: Bidang Pengkajian Pemerintahan dan Sosial Budaya

: litbangda_sumsel@yahoo.com

Apa Saja Bentuk Bentuk Pengemasan Yang Dilakukan Terhadap Karya Seni

Sumber: http://balitbangnovdasumsel.com/warisanbudaya/budaya/11