Apa Yang Dimaksud Dengan Power Stroke

Apa Yang Dimaksud Dengan Power Stroke


Menggunakan mesin 4-tak, German motorcycle Horex VR6 Silver Edition dipamerkan


Mauritz Antin / EPA

Kami pernah menginformasikan kepada Anda bagaimana mengenal mesin SOHC dan DOHC, serta membandingkan kinerja motor silinder tunggal dan silinder ganda. Kami juga pernah membahas istilah yang mungkin tak semua pengendara tahu tentang istilah pada kendaraan bermotor yang sering tersemat di body kendaraan.

Kali ini kami akan mencoba menjelaskan mengenai apa dan bagaimana motor
2-tak (two stroke) dan 4-tak (four stroke) itu, serta apa perbedaan yang membuat keduanya menjadi pilihan.

Berbicara motor memang tak pernah ada habisnya, lahirnya beragam teknologi pada kendaraan roda dua ini memang kerap membingungkan para konsumen. Namun begitu, perkembangan ini tetap seru untuk dibahas dan bisa menjadi ilmu baru, khususnya bagi para pemotor dan penjualnya.

Teknologi mesin 2-tak dan 4-tak merupakan proses penggerak piston pada mesin motor. Mesin 2-tak menggunakan cara yang lebih sederhana yakni hanya perlu dua langkah untuk menggerakkan piston yang menjadi jantung sebuah motor, sedangkan mesin 4-tak harus melewati empat tahapan.

Teknologi mesin 2-tak ditemukan pada tahun 1859 oleh ilmuwan Prancis, Etiene Lenoir, seperti dituliskan
Thebiography.us
dan blogger
Randaka.

Sedangkan sejarah motor 2-tak di Indonesia dimulai sejak masuknya Vespa pada era 1960-an, disusul motor-motor produksi Jepang, termasuk Suzuki A-100 pada era 1970-an.

Munculnya RX-King yang diproduksi oleh Yamaha di era 80-an membuat mesin 2-tak semakin populer dan mendominasi pasar Indonesia.

Sebagai catatan, selain Yamaha RX-King, ada beberapa motor 2-tak yang juga dikenal para pemotor di Indonesia, sebut saja Honda NSR 150, Suzuki RGR 150, dan beberapa lini lain dari Yamaha semisal RXZ, Touch, hingga sang bebek legendaris Force 1 (F1ZR).

Sejarah mesin 4-tak juga tak kalah menarik untuk disimak. Konsep mesin ini ditemukan oleh penemu asal Jerman Nikolaus August Otto pada tahun 1862, yang mengaku terinspirasi oleh mesin ciptaan Lenoir. Otto kemudian mengembangkan mesin itu dan mendirikan Engine Manufacturing Company N.A & Otto (sekarang menjadi DEUTZ AG) di Koln, Jerman.

Baca juga:  Sebelum Menjadi Mahapatih Majapahit Gajah Mada Merupakan Patih Di Kerajaan

Kini motor 4-tak lebih populer dibandingkan mesin 2-tak. Rendahnya emisi asap serta suaranya yang halus membuat mesin 4-tak menjadi pilihan banyak produsen otomotif untuk lebih dikembangkan. Bahkan kini kita sudah masuk pada era mesin 4-tak dengan teknologi injeksi.

Lantas bagaimana cara kerja kedua jenis mesin motor itu?


Cara kerja mesin 2-tak

How Two-stroke Engines Work

Secara umum, saat mesin motor bekerja, baik 2-tak maupun 4-tak, terjadi empat proses yaitu hisap (intake), kompresi (compression), ledak (power), dan buang (exhaust) dalam satu siklus pembakaran.

Pada mesin 2-tak, keempat proses tersebut bisa terjadi dalam satu putaran (360 derajat) poros engkol/kruk as (crankshaft). Dalam satu putaran tersebut piston bergerak dua kali, ke atas dan kemudian ke bawah.

Saat piston bergerak ke atas (disebut Tak 1), terjadi proses hisap dan ledak, dan kemudian pada Tak 2, saat piston bergerak ke bawah, terjadi proses kompresi dan pembuangan.

Mesin 2-tak cenderung lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin 4-tak, sehingga rasio berat terhadap tenaganya (power to weight ratio) lebih baik dibandingkan mesin 4-tak. Oleh karena itu, seperti dijabarkan dalam situs
Fast n Low,
akselerasi motor dengan mesin 2-tak menjadi lebih responsif.

Selanjutnya jika kita lihat atau kita tinjau dari jenis bahan bakar yang digunakan serta konstruksi silindernya, seperti dikutip dari Modifikasi.co.id:

  1. Untuk penggunaan bahan bakar biasanya selalu melibatkan campuran bensin dan oli, baik secara langsung ataupun terpisah.
  2. Motor 2-tak umumnya tidak memiliki katup, sebagai penggantinya maka motor 2-tak ini menggunakan reed valve (katup harmonika) untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan silinder.
  3. Setiap piston hanya mempunyai 2 buah cincin (ring) yaitu
    compression ring I
    dan
    compression
    ring II.
  4. Setiap silinder memiliki dua macam kompresi yaitu kompresi silinder (primer) dan
    carter
    (sekunder)
Baca juga:  Bor Listrik Portable Atau Disebut Juga

Kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada motor 2-tak antara lain:

Kelebihan

  • Proses pembakaran terjadi setiap satu putaran poros engkol pada piston, sehingga putaran poros engkol lebih halus dan rata.
  • Motor 2-tak umumnya tidak memerlukan atau tidak memiliki klep. Selain itu komponen suku cadang yang relatif lebih murah.
  • Momen putaran pada mesin lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus namun dengan tenaga yang lebih besar.
  • Jika dibandingkan dengan motor 4-tak, motor 2-tak biasanya memiliki tenaga yang lebih besar walau kapasitas mesinnya sama.

Kekurangan

  • Jarak putaran mesin saat kita mengoper gigi 1 ke gigi 2 biasanya lebih pendek, sehingga membuat tekanan gas buang pada knalpot lebih tinggi.
  • Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang sehingga timbul gesekan antara cincin piston dan lubang yang mengakibatkan cincin piston akan lebih cepat aus, karena teknologi mesin 2-tak tak mengenal diasil (lapisan piston anti gesek).
  • Karena lubang buang terdapat pada bagian silinder maka mesin lebih panas.
  • Tenaga pada putaran rendah sulit diperoleh.
  • Motor 2-tak selalu menggunakan oli pelumas (oli samping) dan juga besin campuran untuk bahan bakar
    yang digunakan sehingga emisi gas buang yang dihasilkan sangat tinggi.

Cara kerja mesin 4-tak

Working of 4 Stroke Engines

Sementara itu pada mesin 4-tak, satu siklus pembakaran terjadi dalam dua putaran (720 derajat) poros engkol. Akibatnya mesin jenis ini kurang responsif namun pembakaran bahan bakar yang terjadi akan lebih efisien.

Jenis mesin ini dipandang lebih ramah lingkungan karena hanya memproses pembakaran bensin saja, tidak ada oli samping yang ikut dibakar. Mesin ini mengeluarkan tenaga relatif lebih rendah pada setiap putaran mesin dibandingkan 2-tak.

Baca juga:  Bagaimana Kamu Membedakan Karya Seni Rupa Berdasarkan Bahannya

Pada mesin 4-tak digunakan klep yang digerakan oleh
noken as,
yang tidak dipakai oleh mesin 2-tak, sehingga semua siklus pembakaran dilakukan lebih sempurna. Oli mesin 4-tak hanya digunakan untuk melumasi keseluruhan mesin dan transmisi.
Fastnlow
memaparkan.

Lantas, apa yang didapat dari kinerja mesin ini?

Kelebihan

  • Pada Motor 4-tak proses pemasukan, kompresi, kerja, dan proses pembuangan biasanya selalu berdiri sendiri sehingga kinerja mesin motor akan lebih lebih presisi, efisien, dan stabil.
  • Karena tekanan lebih kecil dibanding mesin 2-tak, maka pemakaian bahan bakar jadi lebih hemat.
  • Tenaga pada putaran rendah lebih baik serta panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli yang terpisah.
  • Putaran mesin lebih panjang pada rasio pengoperan gigi, sehingga efisiensi tenaga (power) terasa lebih efektif dan optimal.
  • Untuk bagian mesin, umumnya suhu mesin 4-tak lebih dingin ketimbang mesin 2-tak.

Kekurangan

  • Pada bagian konstruksi mesin, khususnya pada bagian komponen dan mekanisme gerak katup lebih kompleks, yang mengakibatkan agak sedikit sulit dalam perawatannya.
  • Suara mesin lebih gaduh/bising.
  • Kinerja mesin terjadi dengan dua putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putar tidak stabil. Perlu jumlah silinder lebih dari satu dan sebagai peredam getaran.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada mesin 4-tak pembakaran berlangsung lebih sempurna sehingga emisi gas buang yang dihasilkan pun lebih rendah. Oleh karena itu manufaktur kendaraan di dunia lebih memilih mengembangkan dan memasarkan motor dengan jenis mesin ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Power Stroke

Sumber: https://lokadata.id/artikel/perbedaan-cara-kerja-mesin-2-tak-dan-4-tak