Di Bawah Ini Kelebihan Edmodo Kecuali

Di Bawah Ini Kelebihan Edmodo Kecuali

Kapanlagi Plus
– Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi juga berdampak pada dunia pendidikan. Sebab saat ini ada beragam jenis media berbasis online yang digunakan untuk pendidikan atau dikenal dengan e-learning. Salah satunya yang cukup populer adalah Edmodo, sebuah platform media yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Kelebihan Edmodo untuk pembelajaran online menawarkan banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

Edmodo adalah sejenis media sosial yang digunakan khusus untuk siswa dan guru dalam mendukung proses pembelajaran. Edmodo memiliki tampilan serupa dengan media sosial pada umumnya yang memungkinkan siswa dan guru dapat melakukan berbagai kegiatan pembelajaran misalnya saja kelas online, berbagi file pembelajaran, pengumuman, tugas, dan seterusnya.



Penggunaan Edmodo sebagai salah satu platform media pembelajaran online saat ini cukup populer. Sebab siswa dan guru tetap dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh. Ya, ada sejumlah kelebihan Edmodo yang dapat dirasakan baik guru ataupun siswa untuk pembelajaran online.

Secara lengkapnya kalian dapat menyimak beberapa ulasan di bawah ini terkait kelebihan Edmodo untuk pembelajaran online. Adapun kelebihan Edmodo telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Saling Mendapatkan Feedback

Kelebihan Edmodo yang pertama adalah baik siswa ataupun guru saling mendapatkan feedback secara langsung. Ini sama dengan penggunaan media sosial pada umumnya, di mana setiap orang dalam hal ini guru ataupun siswa dapat saling mendapatkan umpan balik melalui fitur yang disediakan. Fitur tersebut misalnya saja dapat langsung membalas postingan siswa ataupun mengirimkan file atau tautan kepada siswa. Sehingga dengan adanya feedback tersebut bisa memudahkan antara siswa dan guru untuk saling berkomunikasi terkait dengan proses pembelajaran online.

Baca juga:  Untuk Mengetahui Laporan General Ledger Pilih

2. Mudah Digunakan

Sama halnya dengan jenis media sosial lainnya, Edmodo termasuk jejaring media sosial yang mudah untuk digunakan. Ya, meski masih tersedia dengan Bahasa Inggris, namun Edmodo cukup mudah digunakan bagi pemula. Di mana nantinya pengguna Edmodo baik siswa atau guru diminta memasukkan username ataupun email serta kata sandi serupa dengan jejaring media sosial lainnya.

Setelah berhasil masuk pada dashboard platform Edmodo, baik siswa ataupun guru dapat melakukan beragam aktivitas pembelajaran online mulai dari berbagi tugas, informasi, pengumuman ataupun penilaian melalui platform tersebut.

3. Jaringan Aman

Kelebihan Edmodo untuk pembelajaran selanjutnya adalah jaringannya yang terbilang aman serta tertutup. Dalam artian Edmodo hanya dapat diakses oleh siswa ataupun guru dengan sebuah kode keamanan. Melansir dari merdeka.com, grup Edmodo dapat terkunci secara otomatis setelah beberapa minggu.

Selain itu saat ingin menambahkan siswa baru ke dalam grup kelas ataupun grup pembelajaran online, dapat membuka kuncinya dan memberikan kode keamanan. Selanjutnya grup tersebut dapat terkunci lagi. Secara singkatnya siswa dan guru dapat saling berkomunikasi dalam grup tersebut dan hanya dilihat oleh anggota yang telah tergabung.

4. Bisa Diakses dengan Ponsel Ataupun Komputer

Kelebihan Edmodo untuk pembelajaran online juga dapat diakses melalui perangkat smartphone ataupun computer. Seperti diketahui untuk mengakses Edmodo diperlukan perangkat computer ataupun laptop yang terhubung dengan jaringan internet. Namun seiring berkembangnya waktu, Edmodo sekarang dapat diakses melalui smartphone. Ya, saat ini sudah tersedia aplikasi Edmodo yang dapat diinstal melalui smartphone dengan fitur google playstore pada smartphone android. Sehingga hal ini memudahkan siswa ataupun guru saling berbagi untuk mendukung proses pembelajaran mereka. Inilah yang menjadi salah satu faktor keuntungan menggunakan Edmodo karena kemudahan akses.

Baca juga:  Vitamin Rambut Untuk Rambut Kering Dan Rontok

5. Jangkauan Luas

Kelebihan Edmodo juga dapat dirasakan oleh penggunanya karena jangkauannya yang luas. Sebab Edmodo diketahui dapat terhubung dengan pengajar di seluruh dunia tanpa Batasan jangkauan. Melansir dari merdeka.com, jika kalian adalah seorang pengajar maka memungkinkan bisa terhubung dan saling berkomunikasi dengan pengajar lain di seluruh dunia.

Sehingga dengan jangkauannya yang luas memudahkan saling bertukar informasi dan berbagi pengetahuan untuk pengembangan pendidikan. Selain itu adanya fitur EdmodoCon setiap tahunnya dapat menyatukan pengajar dari seluruh dunia.

6. Bisa Diakses Orang Tua

Kelebihan Edmodo untuk pembelajaran online juga terletak pada kemudahannya untuk diakses orang tua. Edmodo juga menyediakan akses bagi orang tua siswa untuk melihat perkembangan belajar buah hati tercinta. Sehingga dengan adanya fitur khusus akses orang tua, kegiatan siswa dapat dipantau orang tua seperti melansir dari merdeka.com.

7. Mudah Berbagi dan Berdiskusi

Memanfaatkan jejaring media Edmodo untuk proses pembelajaran online memberikan keuntungan bagi guru ataupun siswa. Di mana baik siswa dan guru dapat mudah berbagi informasi, tugas, tautan, ataupun lainnya yang berfungsi mendukung proses pembelajaran online. Selain itu adanya beragam fitur dalam Edmodo dapat memudahkan siswa dan guru  saling berdiskusi.

8. Adanya Tanggal Pengingat

Kelebihan Edmodo untuk pembelajaran online dapat dirasakan guru dan siswa karena adanya tanggal pengingat atau deadline. Dengan adanya kalender tersebut memungkinkan tugas bisa dikerjakan sesuai dengan waktu atau tepat waktu. Guru dapat menetapkan tanggal waktu pengerjaan tugas yang nantinya siswa juga dapat mengunggah tugas mereka melalui akun Edmodo. Selain itu siswa juga dapat melihat tugas yang akan datang atau kegiatan pembelajaran selanjutnya yang telah disusun guru berdasarkan kalender yang ditetapkan.

Baca juga:  Perbedaan Noken as Brt T1 Dan T2 Klx

9. Akses Gratis

Kelebihan Edmodo sebagai platform yang digunakan untuk pendidikan adalah karena aksesnya yang terbilang gratis. Sebab Edmodo dapat diakses hanya dengan menggunakan jaringan internet serta tanpa berbayar. Baik guru, siswa ataupun orang tua siswa dapat mengakses Edmodo gratis. Beragam fitur menarik juga dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran online.

10. Adanya Polling dan Kuis Online

Hal yang menarik dari Edmodo dibanding dengan e-learning lainnya adalah adanya fitur polling dan kuis online. Di mana dengan adanya polling dan kuis online ini memudahkan guru mengatur polling siswa berdasarkan polling atau kuis yang disediakan. Selain itu guru juga dapat memberikan umpan balik seperti penghargaan yang nantinya dapat diperoleh siswa saat kelas online.

Nah itulah 10 kelebihan Edmodo untuk pembelajaran online. Beragam kelebihan Edmodo di atas tentunya dapat menjadi bahan referensi yang mana e-elearning cukup banyak memudahkan siswa ataupun guru dalam proses pembelajaran online.

Di Bawah Ini Kelebihan Edmodo Kecuali

Sumber: https://plus.kapanlagi.com/9-kelebihan-edmodo-untuk-pembelajaran-online-ini-keuntungannya-d4b70f.html