Rambut rontok mungkin hal yang wajar. Namun, jika rambut yang rontok jumlah banyak dan sering, tentu tidak boleh Anda biarkan. Kerontokan tidak wajar pada rambut dapat membuat masalah baru, seperti kebotakan dini. Sebagai solusi, telah hadir beragam produk perawatan rambut, salah satunya Natur. Ada produk shampo dari Natur yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan harga murah, mulai Rp28 ribuan saja.

Ilustrasi rambut kuat (Sumber : medok.com)
Ilustrasi rambut kuat (Sumber : medok.com)

Natur adalah salah satu merek produk perawatan rambut yang populer, tidak hanya di kalangan remaja saja, tetapi juga lansia. Kebanyakan produk Natur berfokus pada perawatan rambut, khususnya pada masalah kebotakan dini dan ketombe. Produk Natur juga diklaim mampu mengatasi dan mencegah rambut rontok yang menjadi penyebab kebotakan dini.

Ada dua varian produk Natur yang diklaim ampuh untuk mengatasi semua permasalahan rambut, yakni tonik dan shampo. Sayangnya, masih ada konsumen yang bingung memilih mana yang produk Natur tonik dan shampo, karena kemasannya yang sama. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena berikut sedikit ulasan mengenai perbedaan tonik dan shampo dari Natur.

Perbedaan Tonik dan Shampo Natur

Dari berbagai jenis produk Natur yang sudah dirilis ke pasaran, Sampo merupakan produk yang digunakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, sehingga bisa menghilangkan berbagai masalah rambut seperti rambut rusak.[1]
Daripada menggunakan tonik rambut, memang banyak orang yang lebih suka menggunakan produk shampoo. Hal ini karena produk shampoo Natur memiliki aroma lebih wangi dan praktis digunakan.

Ilustrasi: mencuci rambut (sumber: lookhair.co.uk)
Ilustrasi: mencuci rambut (sumber: lookhair.co.uk)

Perbedaan lainnya antara shampoo dan tonik, yaitu dari kemasannya. Untuk kemasan tonik Natur, kebanyakan menggunakan jenis botol plastik yang memiliki takaran untuk dituang. Ini jelas berbeda dengan wadah pada shampoo Natur. Shampoo Natur hadir dengan wadah yang lebih praktis dengan bentuk botol klip. Dengan bentuk kemasan seperti itu, shampoo akan mudah dituangkan. Namun, sekarang tonik Natur juga memiliki wadah berbentuk semprotan yang praktis, sehingga Anda tidak perlu menuangkan cairan terlalu banyak.

Untuk menghindari iritasi, Anda dianjurkan menyemprotkan Natur tonik dengan jarak sekitar 15 cm hingga 20 cm dari kulit kepala. Pastikan Anda menyemprotkan produk secara merata. Untuk melindungi bagian tubuh lain, seperti mata, hidung, dan mulut, gunakan plastik, kacamata, atau masker sebagai penutup area wajah.

Dilihat dari tekstur, tonik Natur memiliki tekstur lebih cair dibandingkan dengan shampoo dan tidak berbusa. Jika Anda menuangkan tonik pada tangan, tidak akan lengket dan hampir mirip seperti air. Sementara, shampoo Natur memiliki tekstur sedikit lebih kental, beberapa jenis shampoo juga memiliki warna dan aroma yang hampir mirip dengan tonik. Akan lebih mudah jika Anda melihat keterangan pada kemasan produk.

Cara Menggunakan Tonik dan Shampo Natur

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari produk Natur, Anda juga perlu mengetahui cara menggunakan shampoo atau tonik Natur. Cara menggunakan tonik Natur sangat mudah dan praktis. Langkah pertama, tentu Anda perlu membersihkan rambut terlebih dahulu dengan shampoo Natur. Setelah rambut bersih, Anda bisa menggunakan tonik dengan cara mengusapkannya ke kulit kepala dan memijatnya selama 10 menit hingga 15 menit.

Ini berbeda jika Anda menggunakan shampoo Natur. Anda perlu memijat kulit kepala saat menggunakan shampoo dalam waktu 15 menit hingga 30 menit, lalu membilasnya dengan air hingga bersih. Perlu Anda ketahui, sampo Natur tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok saja. Ada banyak varian dari shampo Natur dengan manfaat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Manfaat Shampo Natur

  • Shampo Natur Tea Tree Oil. Varian shampo ini memiliki tekstur sedikit kental dan berwarna agak bening. Jika diberi air, akan mudah berbusa meski dalam jumlah sedikit. Shampoo Natur ini diketahui bermanfaat untuk mengatasi ketombe, membersihkan kulit kepala, dan menghilangkan rasa gatal di kepala.
  • Shampo Natur Olive Oil Vitamin E. Manfaat dari produk ini, yaitu menutrisi rambut, membuat rambut lebih berkilau, memperbaiki kerusakan rambut, dan melembutkan rambut. Manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan shampo ini sehari-hari, yaitu rambut akan terasa lebih lembut dan warna pada rambut dapat lebih hitam.
  • Shampo Natur Anti Hair Fall. Produk ini terbilang cocok bagi Anda yang ingin merawat kesuburan rambut dan mengatasi kerontokan rambut. Selain itu, shampo Natur tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan perawatan untuk mencegah uban dan rambut rontok sebagai tanda penuaan dini.
  • Shampo Natur Colored Hair. Ini diketahui bermanfaat untuk merawat dan mencegah rambut rusak akibat pewarnaan rambut. Gunakan shampo ini secara rutin, maka warna rambut Anda juga akan terjaga.
  • Shampo Natur Anti Dandruff. Shampo ini diklaim bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi ketombe serta menghilangkan rasa gatal akibat ketombe. Selain itu, produk mampu mengurangi kadar ketombe akibat pengelupasan kepala yang tidak normal.
  • Shampo Natur Aloe Vera. Manfaatnya yaitu menyuburkan rambut, menutrisi rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut. Bisa dibilang, shampo Natur yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki rambut lebat dan panjang.
  • Shampo Natur Ekstrak Moringa. Produk ini konon, bermanfaat untuk melembapkan kulit kepala dan menutrisi rambut. Selain itu, produk diklaim mampu menghitamkan dan menjaga kilau rambut.
  • Shampo Natur ekstrak Ginseng. Hampir sama dengan varian shampo Natur lainnya, shampo ini memiliki warna bening kecoklatan dengan tekstur kental dan mudah berbusa. Manfaat dari shampoo ini yaitu diketahui untuk menguatkan akar rambut, mengobati rambut rontok, dan menjaga kesehatan rambut.
  • Shampo Natur Hair Nutritive. Shampo ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, menutrisi rambut, menjaga kelembapan kulit kepala, dan membersihkan rambut dari kotoran.

Untuk mendapatkan manfaat dari shampoo tersebut, tentunya Anda juga perlu membelinya. Shampo Natur saat ini mudah dijumpai, Anda bisa membelinya di toko waralaba ataupun pusat perbelanjaan seperti Indomaret, Alfamart, dan lain-lain. Tak jarang pula pasar tradisional juga menjual produk tersebut. Akan lebih praktis lagi jika Anda membelinya secara online, dan berikut adalah daftar harga shampoo Natur beserta varian lengkapnya.

Daftar Harga Shampo Natur

Varian sampo Natur (sumber: natur.co.id)
Varian sampo Natur (sumber: natur.co.id)
Varian Shampo Natur Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Sampo Natur Tea Tree Oil 140 ml Rp30.100 Rp28.000
Sampo Natur Olive Oil Vitamin E 140 ml Rp30.700 Rp28.000
Sampo Natur Colored Hair 140 ml Rp22.400 Rp28.000
Sampo Natur Anti Hair Fall 140 ml Rp29.700 Rp30.500
Sampo Natur Anti Dandruff 140 ml Rp23.000 Rp32.500
Sampo Natur Aloe Vera 140 ml Rp23.000 Rp32.500
Sampo Natur Hair Nutritive 270 ml Rp40.000 Rp35.500
Sampo Natur ekstrak Ginseng 270 ml Rp40.000 Rp39.900
Sampo Natur Ekstrak Moringa & Sweet Almond Oil 270 ml Rp40.000 Rp40.000
Sampo Natur Anti Hair Fall 270 ml Rp40.000 Rp40.000
Sampo Natur Moringa & Sweet Almond Oil 270 ml Rp40.000 Rp40.000
Sampo Natur Aloe Vera 270 ml Rp40.000 Rp40.000
Sampo Natur Anti Dandruff 270 ml Rp40.000 Rp40.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, harga shampo Natur tahun 2022 ini banyak yang mengalami perubahan meski ada juga beberapa produk yang harganya relatif stabil. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga bisa menggunakan hair tonik Natur setelah keramas. Penggunaan hair tonik dan shampoo Natur secara rutin juga diklaim dapat mengatasi berbagai jenis gangguan pada rambut. Seperti yang kita ketahui juga, rambut membutuhkan perawatan khusus untuk agar keindahan dan kesehatannya tetap terjaga.

[1]
Nurhikma, Eny, Dewi Antari, Selfyana Austin Tee. 2018. Formulasi Sampo Antiketombe dari Ekstrak Kubis (Brassica oleracea Var. Capitata L.) Kombinasi Ekstrak Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb). Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, Vol. 4(1): 61-67.