Sebutkan Dan Jelaskan Pengelompokan Wilayah Nada Sesuai Ambitusnya

Duwus.com – Sebutkan Dan Jelaskan Pengelompokan Wilayah Nada Sesuai Ambitusnya


Kherysuryawan.id
Rangkuman materi seni budaya kelas 9 Bab 3 Menyanyikan lagu secara solo/tunggal.


Sahabat pendidikan pada postingan kali ini saya akan membagikan ringkasan dan rangkuman materi untuk mata pelajaran seni budaya kelas 9 Bab 3 tentang Menyanyikan lagu secara solo/tunggal. Materi yang akan disajikan ini bisa membantu para guru maupun siswa yang akan belajar seni budaya di kelas 9.


Adapun materi ringkasan seni budaya kelas 9 Bab 3 semester 1 ini seluruh materinya bersumber dari buku siswa seni budaya kelas 9 edisi revisi terbaru untuk kurikulum 2013. Bagi anda yang suka belajar dengan menggunakan materi yang telah di ringkas atau di sederhanakan maka anda bisa menggunakan sajian materi ini sebagai bahan belajar.


Materi seni budaya yang akan di pelajari pada kelas 9 Bab 3 semester 1 pada materi Menyanyikan lagu secara solo/tunggal, yaitu antara lain sebagai berikut :


A. Jenis Penampilan Vokal Solo/Tunggal


B. Materi Vokal


C. Teknik Vokal


D. Penampilan


E. Latihan Improvisasi Lagu Secara Solo/Tunggal


Pada materi ini, ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk bisa dicapai oleh peserta didik, diantaranya yaitu sebagai berikut :


Setelah mempelajari Bab III ini, siswa diharapkan mampu:


1. Menentukan materi vokal yang dimilikinya.


2. Menjelaskan dan melaksanakan teknik vokal yang baik.


3. Menyanyikan lagu sesuai pilihan sendiri dengan teknik vokal yang baik.


4. Menentukan penampilan yang baik dalam bernyanyi solo/tunggal.


5. Melatih dan menyanyikan lagu yang sudah disiapkan improvisasinya secara solo/tunggal.


Baiklah berikut ini sajian ringkasan materi seni budaya kelas 9 SMP Bab 3 tentang menyanyikan lagu secara solo/tunggal :




BAB 3 MENYANYIKAN LAGU SECARA SOLO/TUNGGAL





A. Jenis Penampilan Vokal Solo/Tunggal



Bernyanyi merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi siapa saja yang sedang bahagia, sedih, atau pun dalam keadaan yang tidak menentu, karena dengan bernyanyi hati menjadi terwakilkan lewat alunan musik dan lirik lagu yang indah.


Ada beberapa jenis penampilan bernyanyi yang sering kita lihat di televisi atau pun secara langsung di sebuah panggung. Ada yang bernyanyi sendiri dengan diiringi musik dari CD, ada juga yang tampil dengan band lengkap, lalu ada juga yang bernyanyi bersama-sama lebih dari dua orang. Semua penampilan tersebut tentunya memiliki keunikan dan sisi menarik yang berbeda, karena memang dari segi persiapan dan sarana pun akan memiliki detail yang berbeda di setiap jenis penampilan.


Jenis penampilan vokal solo/tunggal seringkali dinilai penampilan yang paling sederhana dan tidak banyak membutuhkan banyak sarana dan prasarana, padahal sebenarnya sama saja. Setiap penampilan vokal solo justru memiliki beban yang lebih berat karena seluruh keberhasilan penampilannya sangat tergantung kepada sang vokalis atau penyanyi itu sendiri. Berikut ini adalah hal-hal yang harus benar-benar dipahami dan disiapkan seorang vokalis yang akan bernyanyi solo/tunggal.




B. Materi Vokal



Ada perbedaan mendasar terhadap materi vokal yang dimiliki oleh dua orang yang berbeda, yaitu:



1. Warna suara/timbre


Bunyi atau suara satu siswa berbeda dengan siswa yang lainnya, hal ini dikarenakan getaran-getaran yang dihasilkan bentuk masing
[1]
masing pita suaranya berbeda. Perbedaan ukuran pita suara merupakan pemberian dari Tuhan yang akan menghasilkan frekuensi suara masing-masing juga. Dari perbedaan inilah dihasilkan warna suara yang berbeda. Warna suara ini jika dilatih dengan teknik vokal yang benar akan menghasilkan karakter vokal yang kuat.



2 Wilayah Nada


Kemampuan seseorang dalam mencapai ketinggian dan rendahnya nada menyebabkan seseorang memiliki wilayah nada tertentu. Setiap orang memiliki wilayah nada yang berbeda-beda sesuai dengan ketebalan pita suara yang dimilki juga upaya seseorang itu dalam mengolah teknik vokalnya. Dengan kata lain, wilayah nada seseorang bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan intensitasnya dalam berlatih olah vokal.



Berikut ini pengelompokan wilayah nada sesuai ambitusnya.


1 . Suara anak-anak


2. Suara wanita


3. Suara Pria




C. Teknik Vokal



Bernyanyi merupakan kegiatan yang menyenangkan baik bagi pendengarnya maupun bagi penyanyinya sendiri. Seseorang yang bernyanyi dengan menggunakan teknik vokal yang benar niscaya dia akan menghasilkan suara yang baik dan layak didengar.



Berikut ini tahapan teknik vokal yang baik yang juga harus dipahami dan dipraktikkan oleh siswa sebelum mulai bernyanyi solo/tunggal.



1. Sikap Bernyanyi



2. Pernapasan Diafragma



3. Resonansi


Ada 3 jenis resonansi atau tempat memantulkan sumber bunyi sesuai fungsinya, yaitu:


1. Resonansi Dada


Memantulkan sumber bunyi pada bagian dada akan menghasilkan suara rendah.


2. Resonansi Hidung


Memantulkan sumber bunyi pada bagian wajah seputar hidung yaitu meliputi tulang rahang mulut sampai ke pipi, akan menghasilkan suara sedang yang tepat dan halus.


3. Resonansi Kepala


Memantulkan sumber bunyi pada bagian kepala akan menghasilkan suara tinggi dan halus.



4. Artikulasi dan Gerak Mulut



5. Phrasering/Pengkalimatan



6. Ekspresi (Mimik dan Gestur)




D. Penampilan



Coba perhatikan tayangan konser seorang penyanyi di TV atau secara langsung di sebuah panggung yang besar, lihatlah bagaimana penampilan mereka. Dapat dipastikan seorang penyanyi yang profesional akan mempersiapkan penampilan mereka mulai dari baju atau kostum yang digunakan, gaya rambut, sepatu, aksesoris, dan riasan wajah yang akan disesuaikan dengan tema acara, tema lagu, dan tempat yang menjadi tempat tampil untuk bernyanyi. Hal ini dilakukan agar pertunjukkan menyanyi mereka akan lebih indah dilihat dan berkesan.




E. Latihan Improvisasi Lagu Secara Solo/Tunggal



Improvisasi adalah melakukan sesuatu tanpa persiapan. Dalam bernyanyi merupakan pengembangan ornamentasi pada sebuah lagu dengan tujuan agar lagu terdengar tidak membosankan dan lebih menarik. Improvisasi ini tidak dilakukan pada semua bagian lagu, hanya pada bagian-bagian tertentu saja agar bentuk lagu yang aslinya tetap jelas.



Variasi lagu dapat dilakukan dengan mengubah tiga unsur lagu sebagai berikut:



1. Ritmis


Perubahan dalam irama lagu, misalnya lagu yang diciptakan dalam irama pop divariasikan dengan cara dibawakan dengan iringan irama jazz atau dangdut.



2. Melodis


Biasanya berupa penambahan nada dengan jarak nada yang berdekatan.



3. Dinamika


Perubahan bunyi keras dan lembut pada bagian lagu sesuai dengan kesan yang akan disampaikan.



Sebagai rangkuman dari ringkasan materi seni budaya kelas 9 Bab III Tentang menyanyikan lagu secara solo/tunggal yaitu sebagai berikut :

Bernyanyi secara solo/tunggal harus dipersiapkan dengan matang, karena penyanyi solo tersebut akan menjadi pusat perhatian di atas panggung pada saat menyanyi. Persiapan yang harus dilakukan adalah dengan memahami materi vokal, teknik vokal yang baik, dan penampilan seperti apa yang terbaik yang dapat menunjang nyanyiannya.

Seorang penyanyi solo atau tunggal hendaknya dapat mengembangkan ornamentasi lagu dengan cara berimprovisasi pada bagian lagu, yaitu ritmis, melodis, dan dinamika. Improvisasi ini merupakan hiasan yang dipersiapkan untuk memperindah lagu. Jadi, berhati-hatilah dalam melakukan improvisasi jangan sampai dibuat berlebihan dan keluar dari jalur nada lagu yang asli. Perbanyaklah perbendaharaan lagu kalian, maka bayangan nada untuk berimprovisasi pun akan lebih banyak dan variatif.


Demikianlah ringkasan/rangkuman materi seni budaya kelas 9 Bab 3 menyanyikan lagu secara solo/tunggal yang bisa saya sajikan pada postingan ini. Semoga materi tersebut bisa bermanfaat bagi warga pendidikan yang membutuhkannya dimanapun berada.


Sekian dan Terimakasih.

Sebutkan Dan Jelaskan Pengelompokan Wilayah Nada Sesuai Ambitusnya

Sumber: https://idkuu.com/pengelompokkan-wilayah-nada-sesuai-ambitusnya-diantaranya

 

Artikel Terkait