Perbedaan Antara Pastel Dan Krayon Yaitu

Duwus.com – Perbedaan Antara Pastel Dan Krayon Yaitu

HOME ART BELAJAR MENGGAMBAR SENI RUPA

Cat crayon dan oil pastel merupakan jenis cat yang tidak asing bagi mereka yang suka menggambar. Cat ini biasa digunakan oleh anak-anak di sekolah ketika pelajaran menggambar, orang dewasa di kelas seni hingga para profesional yang menjadikan seni rupa sebagai bidang keahliannya. Sekilas kedua cat ini terlihat sama dan seringkali orang-orang khususnya di Indonesia menempatkan kedua cat tersebut sebagai jenis cat yang sama. Ya, kedua cat ini memang terbuat dari lilin tetapi ada perbedaan yang mencolok antara keduanya. Perbedaan yang mendasar antara crayon dan oil pastel adalah terletak pada bahannya. Crayon merupakan cat yan terbuat dari lilin sementara oil pastel terbuat dari lilin dan minyak. Kandungan minyak yang terdapat di dalam oil pastel menjadikan keduanya memiliki karakter yang berbeda. Karena kandungan bahannya, cat crayon cocok digunakan anak-anak sedangkan oil pastel lebih cocok digunakan oleh remaja dan dewasa.

Kandungan yang berbeda menyebabkan komposisi warna yang dihasilkan cat crayon dan oil pastel juga berbeda. Selain itu, tekstur cat crayon dan oil pastel juga dapat kita bedakan dengan jelas. Berikut beberapa perbedaan antara keduanya selain bahan :

Tekstur

Cat crayon memiliki tekstur yang keras sedangkan oil pastel memiliki tekstur yang lembut dan berminyak. Karena cenderung keras dan kasar, akan relatif sulit untuk menghasilkan gambar yang halus dengan cat crayon.

Ketika crayon kita tekan untuk mewarnai suatu bidang, maka akan banyak lubang atau bagian-bagian kecil yang tidak terkena cat. Sebaliknya, karena lebih lembut dan berminyak, oil pastel lebih mudah menempel pada medium sehingga lebih mudah menghasilkan gambar yang halus.

Warna Yang Dihasilkan

Warna yang dihasilkan cat crayon cenderung lebih lembut dibandingkan oil pastel yang warnanya cerah. Ketika anda menggunakan cat crayon, maka akan cukup sulit untuk menghasilkan gradasi warna. Hal itu disebabkan oleh karakter cat crayon yang sulit untuk bercampur.

Dua warna cat crayon akan sangat sulit dicampurkan. Berbeda halnya dengan oil pastel. Cat pastel sangat mudah untuk dipadukan sehingga akan mudah menghasilkan gradasi warna yang kita inginkan. Warna yang dihasilkan oleh cat pastel cenderung lebih hidup dibandingkan crayon.

Medium

Cat pastel dapat digunakan pada berbagai medium seperti kertas, kayu, batu, kaca, logam, ataupun kanvas. Cat crayon cukup sulit diterapkan untuk banyak medium. Crayon biasanya hanya digunakan untuk menggambar di atas kertas.

Penggunaan

Dalam hal penggunaan, masing-masing cat memiliki kelebihan dan kekurangan. Cat crayon lebih unggul dalam menggambar objek rinci karena strukturnya yang keras dan bagian ujung yang dapat dilancipkan membuat cat crayon lebih mudah untuk digunakan. Akan tetapi, akan dibutuhkan tenaga atau dorongan yang lebih besar untuk mewarnai seluruh bidang karena banyak bagian yang tidak tekena cat.

Cat pastel lebih unggul untuk menghasilkan efek tiga dimensi, bayangan, dan gradasi. Penggunaannya juga cukup mudah dan lancar tanpa membutuhkan tekanan atau goresan yang berulang-ulang. Akan tetapi, bagi pemula yang masih belum mahir dalam memadukan warna akan mengalami kesulitan menggunakan pastel karena warna pastel sangat mudah menempel di kertas bahkan menempel di tangan sehingga akan lebih rentan kotor.

Pengguna
Cat crayon lebih cocok digunakan oleh anak-anak atau pemula yang masih dalam tahap belajar. Mereka yang profesional biasanya cenderung lebih suka menggunakan cat pastel karena karya yang dihasilkan dengan cat pastel cenderung lebih profesional dan lebih hidup dibanding karya yang dihasilkan dengan cat crayon.

Source : dokumen pribadi

Berdasarkan penjabaran di atas, berikut tabel perbedaan antara cat crayon dan pastel.

Pembeda Crayon Pastel
Bahan penyusun Lilin (wax) Lilin (wax) dan minyak (oil)
Tekstur Keras dan kasar Lembut dan halus
Warna yang dihasilkan Lembut Lebih cerah
Medium Kertas Kertas, kayu, kaca, kanvas
Pengguna Cocok untuk anak-anak Cocok untuk remaja dan dewasa

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.


Perbedaan Antara Krayon dan Pastel
-Siapa sih yang tak tahu peralatan gambar ini? Hampir semua orang terutama anak-anak pasti punya peralatan ini, nah ternyata krayon dan pastel itu berbeda lo kawan. Memang bentuknya hampir sama, tapi yang lainnya berbeda. Apa saja perbedaan krayon dan pastel?



Gambar wax crayon



Krayon atau Wax Crayon

Bahan pembuat: Lilin (wax)

Tekstur: Keras

Warna yang dihasilkan: Lembut namun sulit untuk digradasi

Cocok dipakai: Anak kecil

Pastel atau Oil Pastel

Bahan pembuat: Lilin (Wax) dan minyak (Oil)

Tekstur: Lembut

Warna yang dihasilkan: Cerah dan mudah untuk digradasi

Cocok dipakai: Remaja dan dewasa

Gambar oil pastel



Memang hal di atas adalah sepele dan sudah termasuk salah kaprah di Indonesia, ini sama halnya ketika kita membeli “Aqua” tetapi yang diberikan adalah merk lain seperti “Aguaria”. Ini menandakan kalau krayon dan pastel itu sama saja, padahal tidak.

Oh ya, untuk gambar yang dihasilkan oleh krayon dan pastel kalian bisa lihat dibawah ini. Bandingkan mana peralatan gambar yang lebih cocok untuk anda. Saya sarankan jika anda sudah handal dalam mewarnai gambar maka lebih baik memakai krayon, namun jika anda pemula maka pastel cocok untuk anda.

Gambar yang dihasilkan dari wax crayon

Gambar yang dihasilkan dari oil pastel

Terlihat bukan mana yang lebih profesional? Selamat menggambar!




Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul
Perbedaan Antara Krayon dan Pastel, semoga bermanfaat.

Perbedaan krayon dan oil pastel

GridKids.id
– Anak-anak maupun orang dewasa biasanya menyukai kegiatan menggambar. Enggak cuma pensil warna dan cat air, krayon juga sering digunakan.

Baca Juga: Bosan Selama di Karantina? Enggak Ada Salahnya Mencoba Game Tebak Gambar Ini, Seru dan Asyik

Krayon adalah alat
pewarna
dalam menggambar. Krayon sering digunakan untuk mewarnai gambar karena mudah digunakan dan memiliki warna yang tegas.

Keberadaan krayon enggak tergerus zaman, mesti banyak
alat
mewarnai lain di pasaran.

Baca Juga: Mengenal Teori Tujuan Negara dan Tujuan Negara Republik Indonesia

Apakah pernah mewarnai menggunakan krayon atau oil pastel, Kids?

Banyak yang mengira kalau krayon dan oil pastel itu sama. Padahal meski sekilas keduanya tampak mirip, ada banyak perbedaan dari keduanya, lo.

Wah, apa saja, ya? Yuk, kita cari tahu!

Oil Pastel
(Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman pernah mewarna menggunakan krayon atau oil pastel? Sekilas dua jenis cat ini tampak mirip dan banyak yang mengira krayon dan oil pastel adalah jenis cat yang sama. Namun, sebenarnya keduanya adalah jenis cat yang berbeda . Yuk, kita lihat apa saja perbedaan krayon dan oil pastel!

Bahan Pembuat Cat

Krayon merupakan cat yang terbuat dari lilin, sedangkan oil pastel terbuat dari lilin dan minyak. Yang membuat keduanya mirip adalah karena sama-sama terbuat dari lilin. Namun, kandungan minyak dalam oil pastel membuat perbedaan keduanya semakin jelas.

Baca juga : Inilah Bahan Pembuat Krayon

Tekstur

Krayon memiliki tekstur yang keras, sehingga jika digunakan untuk mewarnai akan sulit menghasilkan gambar yang halus dan meninggalkan bagian-bagian kecil yang tidak terkena cat. Sedangkan oil pastel memiliki tekstur yang lembut dan berminyak, hasil gambar yangdihasilkan pun lebih baik, lebih halus, dan mudah menempel pada bidang kertas yang digunakan.

Warna

Warna yang dihasilkan krayon lebih lembut, sedangkan warna yang dihasilkan oil pastel lebih terang dan cerah. Jika ingin mewarna dengan variasi gradasi warna, maka sebaiknya kita menggunakan cat oil pastel yang lebih mudah dicampur dibandingkan dengan krayon. Sehingga hasil gambar pun terlihat lebih hidup.

Media Gambar

Krayon banyak digunakan di atas kertas, ini karena ia sulit diaplikasikan ke media gambar yang lain. Sedangkan oil pastel dapat diaplikasikan di media gambar seperti kertas, kayu, batu, kaca, logam, atau pun kanvas.

Baca juga : Buku Mewarnai Termahal di Dunia, Harganya 411 Juta!

Pengguna Cat

Jika teman-teman masih pemula dalam menggambar, maka cocok menggunakan krayon. Namun, jika sudah mulai mahir, kita boleh menggunakan oil pastel. Karena gambar yang dihasilkan oil pastel terlihat lebih bagus dibandingkan dengan krayon.

Perbedaan Antara Pastel Dan Krayon Yaitu

Sumber: https://belajardenganbaik.com/perbedaan-antara-pastel-dan-krayon-yaitu

 

Artikel Terkait