Tuliskan Tiga Tari Kreasi Daerah Beserta Pola Lantai Yang Digunakan

Duwus.com – Tuliskan Tiga Tari Kreasi Daerah Beserta Pola Lantai Yang Digunakan

Lihat Foto

Tari Saman menggunakan pola lantai garis lurus

KOMPAS.com
– Pola lantai dalam tarian banyak menggunakan unsur ruang. Jika digambarkan, pola tersebut dapat berupa lintasan garis diagonal, vertikal, horizontal dinamis di lantai.

Dalam buku Tari Tradisi Melayu, Eksistensi dan Revitalisasi Seni (2016) karya Muhdi Kurnia, pola lantai dibuat untuk memperindah pertunjukan karya tari.

Sehingga pembuatan pola lantai harus memperhatikan beberapa hal, seperti variasi bentuk pola lantai, makna pola lantai, jumlah penari, ruangan, atau tempat pertunjukan dan gerak tari.

Macam-macam pola lantai tari kreasi daerah

Terdapat beberapa macam pola lantai, di antaranya:

Pola lantai garis lurus sering dijumpai pada pertunjukan tari tradisi di Indonesia. Tari Saman dari Aceh menggunakan pola lantai garis lurus secara horizontal yang menunjukkan hubungan antarmanusia.

Baca juga: Pola Lantai: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Garis lurus dalam bentuk vertikal atau ke atas menunjukkan hubungan dengan Tuhan sebagai pencipta. Pada tari Saman, iringan menggunakan pujian terhadap Sang pencipta bernapaskan keagamaan.

Pola lantai garis lurus juga ditemui pada tarian Bedaya di Keraton Jawa. Garis-garis lurus yang dibuat oleh penari menyimbolkan tidak hanya hubungan antarmanusia, tetapi juga dengan Sang Pencipta.

Pola lantai garis lurus juga dijumpai pada tari Baris Gede di Bali. Garis-garis lurus dapat juga dimaknai memiliki sikap jujur.

Pola lantai garis lurus dapat dilakukan dengan berbagai level rendah, seperti berbaring atau duduk. Pada level sedang, pola lantai garis lurus dapat dilakukan dengan berlutut atau jongkok.

Pola lantai level tinggi dapat dilakukan dengan berdiri, jinjit, atau melompat dan melayang. Pola lantai garis lurus dapat dilakukan pada jenis penyajian tari berpasangan atau kelompok.

Baca juga: Fungsi Musik dalam Tari

Lihat Foto

Kompas.com/Yosia

Member gathering KGVC, di BBJ, Jakarta, Sabtu (3/9/2016), dibuka dengan tari piring

KOMPAS.com
– Pola lantai dalam tari jika digambarkan berupa lintasan garis lurus atau diagonal, horizontal, serta vertikal dinamis pada lantai. Pola lantai tarian menggunakan unsur ruang.

Pola lantai adalah pola garis yang dijadikan lintasan ketika melaukan pergelaran tari. Pola lantai juga dapat diartikan sebagai garis yang menentukan bentuk pola dalamkarya seni tari yang ditampilkan di atas panggung, serta membentuk formasi.

Dalam buku Tari Tradisi Melayu, Eksistensi, dan Revitalisasi Seni (2016) oleh Muhdi Kurnia, pola lantai dibuat untuk memperindah pertunjukan karya tari.

Hal ini karena pembuatan pola antai harus memperhatikan beberapa hal, seperti variasi bentuk pola lantai, makna pola lantai, jumlah penari, ruangan atau tempat pertunjukan, dan gerak tari.

Baca juga: Gerakan dan Pola Lantai Tari Merak

Jenis pola lantai

DIkutip dari buku Pendidikan Seni Tari (2018) karya Taat Kurnita Yeniningsih, pola lantai dalam tari terbagi menjadi:

Pola lantai garis lurus

Pola lantai garis lurus biasanya dilakukan olehpenari tunggal, karena memberikan kesan kuat, kokoh, dan jelas dalam tarian. Namun, tidak sedikit juga pola lantaia garis lurus diterapkan dalam tari berpasangan atau kelompok.

Toga bentuk penyajian pola lantai garis lurus terdiri dari:

  1. Pola lantai diagonal
    Penari dalam lantai diagonal bergerak membentuk garis melintang dari sudut kiri bawah ke kanan atas atau sebaliknya. Contoh tariannya adalah Tari Gending Sriwijaya dari Sumatra Selatan serta Tari Pendet dari Bali.
  2. Pola lantai vertikal
    Dalam pola lantai vertikal, penari bergerak seperti garis horizontal. Hanya saja gerakannya membentuk garis dari depan ke belakang. Seperti dalam Tari Serimpi, Jawa Tengah dan Tari Yospan dari Papua.

  3. Pola lantai horizontal
    Dalam pola ini, penari bergerak membentuk garis dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Contoh tariannya adalah Tari Indang dari Sumatra Barat dan Tari Saman dari Aceh.

Baca juga: Pola Lantai: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Pola lantai garis lengkung

Poa lantai garis lengkung umumnya digunakan penari kelompok. Pola lantai garis lengkung memberikan kesan menarik dan lemah lembur, terlihat samar-samar.

Pola lantai garis lengkung terbagi menjadi beberapa macam, yakni pola antai lingkaran, pola lantai angka delapan, dan pola lantai lengkung ke belakang.

Contoh tarian yang menggunakan pola lantai lengkung, di antaranya Tari Kecak Bali (pola lantai lingkaran), Tari Piring (pola lantai angka delapan), Tari Randai (pola lantai garis lengkung), dan masih banyak lainnya.

Contoh tarian beserta pola lantainya

Berikut contoh tarian tradisional Indonesia dan pola lantai tari yang digunakan:

  • Tari Bungong Jeumpa, Aceh
    Tari Bungong Jeumpa menggunakan pola lantai vertikal dan horizontal. Penari membentuk garis lurus, dari depan ke belakang dan garis menyamping dari kanan ke kiri.
  • Tari Jaipong dari Jawa Barat
    Tari Jaipong menggunakan pola garis lurus horizontal, vertikal, dan diagonal.
  • Tari Jaran Kepang, Yogyakarta
    Tari Jaran Kepang menggunakan pola lantai lurus dan lengkung, seperti pola melingkar, garis vertikal, dan horizontal.
  • Tari Baris Gede, Bali
    Tarian ini menggunakan jenis pola lantai garis lurus.
  • Tari Tandak, Riau
    Tarian ini menggunakan pola lantai gabungan lingkaran, lurus, serta zig-zag.
  • Tari Ma’badong, Sulawesi Selatan
    Tarian ini menggunakan pola lantai melengkung.

Baca juga: Jenis Pola Lantai dalam Seni Tari

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Top 1: Sebutkan tiga contoh tari tari tradisional beserta daerah asalnya

Pengarang:
brainly.co.id – Peringkat
101

Ringkasan:

. jika pada tabel berikut bernilai benar maka nilai x y dan Z berturut-turut adalah​ . secara teknis pementasan fragmen dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang tidak dapat lepas dari kegiatan​ . Tah membaca konsep level gerak, blah pertanyaan berikut ini dapa seda berfi dan lakul juga dan ruang butul pa manfaat yang didapatkan dari empelaja. … ri seni tari baik yang ber- mbang di daerah tempat tinggalmu nu dnerah lain? gaimana pendapat kamu jika ada ng asing

Hasil pencarian yang cocok:

Tari Kecak,Tari Legong,Tari Pendhet : Dari Bali Tari Merak : Jawa Barat Tari Saman : Aceh #semoga membantu:]. …

Top 2: 3. Sebutkan tiga contoh tari daerah beserta asal daerahnya!Jawab

Pengarang:
brainly.co.id – Peringkat
100

Ringkasan:

. jika pada tabel berikut bernilai benar maka nilai x y dan Z berturut-turut adalah​ . secara teknis pementasan fragmen dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang tidak dapat lepas dari kegiatan​ Tah membaca konsep level gerak, blah pertanyaan berikut ini dapa seda berfi dan lakul juga dan ruang butul pa manfaat yang didapatkan dari empelaja. … ri seni tari baik yang ber- mbang di daerah tempat tinggalmu nu dnerah lain? gaimana pendapat kamu jika ada ng asing m

Hasil pencarian yang cocok:

1. tari topeng = Betawi/DKI Jakarta · 2. tari Kecak= Bali · 3. tari Saman= Aceh. …

Top 3: 65 Nama Tari di Indonesia dan Asal Daerahnya – Kompas.com

Pengarang:
amp.kompas.com – Peringkat
156

Ringkasan:
. Lihat FotoSHUTTERSTOCK/MAZUR TRAVEL Ilustrasi wisatawan mancanegara menyaksikan Tari Kecak di Pura Uluwatu . KOMPAS.com – Beberapa contoh nama tari tradisional di Indonesia adalah tari Kecak dari Bali, tari Seudati dari Aceh, tari Topeng dari Jakarta, tari Kendalen dari Jawa Tengah, dan masih banyak lagi.. Seni tari menjadi salah satu bentuk seni yang ada dalam kehidupan masyarakat tradisional.. Suku bangsa di Indonesia yang beragam hampir seluruhnya memiliki tarian tradisional masing-masi

Hasil pencarian yang cocok:

14 Jan 2021 — Tari-tari tradisional pada awalnya diciptakan untuk kepentingan adat, seperti upacara kerajaan dan ritual-ritual keagamaan. …

Top 4: Top 9 sebutkan tiga macam tari daerah dan juga daerah asalnya …

Pengarang:
termasyhur.com – Peringkat
166

Hasil pencarian yang cocok:

Top 9: Tuliskan 10 nama tari kreasi baru beserta daerah asalnya – langsut.com — Hasil pencarian yang cocok: Tuliskan 10 nama tari kreasi baru beserta … …

Top 5: Sebutkan tiga contoh tari tari tradisional beserta daerah asalnya

Pengarang:
roboguru.ruangguru.com – Peringkat
180

Hasil pencarian yang cocok:

Sebutkan tiga contoh tari tari tradisional beserta daerah asalnya …

Top 6: Top 10 tuliskan tiga contoh tari kreasi tunggal beserta daerah asalnya 2022

Pengarang:
apaartidari.com – Peringkat
186

Hasil pencarian yang cocok:

Sebutkan tiga contoh tari tunggal beserta daerah asalnya​. … KOMPAS.com – Dalam bahasa Indonesia, pemerintah disebut juga sebagai penyelenggara negara. …

Top 7: Top 9 sebutkan tiga tarian daerah 2022 – mempelajari

Pengarang:
mempelajari.com – Peringkat
126

Hasil pencarian yang cocok:

Sebutkan tiga 3 nama tarian tradisional di Indonesia dan daerah asalnya!​. Sebutkan tiga tarian daerah di Indonesia beserta asal daerahnya​. … …

Top 8: Sebutkan tiga contoh tari daerah dan daerah asalnya – mempelajari

Pengarang:
mempelajari.com – Peringkat
144

Hasil pencarian yang cocok:

Tari Tradisional. Foto: Pixabay/milansari7TVRI kembali menayangkan program Belajar Dari Rumah untuk siswa-siswi SD kelas 1-3. Materi yang diajarkan … …

Top 9: Yuk Ketahui 7 Tarian Tradisional Indonesia Yang Paling Populer

Pengarang:
adira.co.id – Peringkat
122

Hasil pencarian yang cocok:

Bahkan, setiap daerah di Indonesia memiliki ciri budaya yang berbeda-beda, salah satunya adalah pada kesenian tari. Tarian tradisional di Indonesia biasanya … …


apakah perut kita ada asem lambung ​


kenapa kita harus isi perut​


nada dasar yang digunakan pada lagu kebunku


gambar cerita disebut juga?​


Pada dasarnya ilmu kemanusiaan mempelajari sejarah dari apa yang telah dibuat, dipikirkan, dan diharapkan atau bahkan kegagalan manusia melalui peneli …

tian obyek-obyek yang dibentuk oleh pengalaman serta imajinasi manusia. Bagaimana pendapat Anda atas pernyataan tersebut, pendapat Anda tetap harus mengacu pada tahapan diskusi ilmiah tolong jawab kak pelajaran psos 4204


Tolomg Dijawab! Tolong Buat 5 pertanyaan tentang hak dan Kewajiban Manusia menggunkan energi Air


menutup muka dan telapak tangan bagi perempuan merupakan ………. haji


yok bantuin yokjangan ngasal ya​


tangga nada memiliki dua interval nada yaitu satu dan setengah disebut tangga nada​


help me helppppppppppp​

Lihat Foto

shutterstock.com

Tari Saman menggunakan pola lantai garis lurus

KOMPAS.com
– Pola lantai dalam tarian banyak menggunakan unsur ruang. Jika digambarkan, pola tersebut dapat berupa lintasan garis diagonal, vertikal, horizontal dinamis di lantai.

Dalam buku Tari Tradisi Melayu, Eksistensi dan Revitalisasi Seni [2016] karya Muhdi Kurnia, pola lantai dibuat untuk memperindah pertunjukan karya tari.

Sehingga pembuatan pola lantai harus memperhatikan beberapa hal, seperti variasi bentuk pola lantai, makna pola lantai, jumlah penari, ruangan, atau tempat pertunjukan dan gerak tari.

Macam-macam pola lantai tari kreasi daerah

Terdapat beberapa macam pola lantai, di antaranya:

Pola lantai garis lurus sering dijumpai pada pertunjukan tari tradisi di Indonesia. Tari Saman dari Aceh menggunakan pola lantai garis lurus secara horizontal yang menunjukkan hubungan antarmanusia.

Baca juga: Pola Lantai: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Garis lurus dalam bentuk vertikal atau ke atas menunjukkan hubungan dengan Tuhan sebagai pencipta. Pada tari Saman, iringan menggunakan pujian terhadap Sang pencipta bernapaskan keagamaan.

Pola lantai garis lurus juga ditemui pada tarian Bedaya di Keraton Jawa. Garis-garis lurus yang dibuat oleh penari menyimbolkan tidak hanya hubungan antarmanusia, tetapi juga dengan Sang Pencipta.

Pola lantai garis lurus juga dijumpai pada tari Baris Gede di Bali. Garis-garis lurus dapat juga dimaknai memiliki sikap jujur.

Pola lantai garis lurus dapat dilakukan dengan berbagai level rendah, seperti berbaring atau duduk. Pada level sedang, pola lantai garis lurus dapat dilakukan dengan berlutut atau jongkok.

Pola lantai level tinggi dapat dilakukan dengan berdiri, jinjit, atau melompat dan melayang. Pola lantai garis lurus dapat dilakukan pada jenis penyajian tari berpasangan atau kelompok.

Baca juga: Fungsi Musik dalam Tari

Video liên quan

Tuliskan Tiga Tari Kreasi Daerah Beserta Pola Lantai Yang Digunakan

Sumber: https://apamaksud.com/tuliskan-tiga-contoh-tari-kreasi-daerah-yang-menggunakan-pola-lantai-garis-lurus

 

Artikel Terkait