Berikut Ini Yang Harus Diperhatikan Dalam Menggambar Ragam Hias Kecuali

Duwus.com – Berikut Ini Yang Harus Diperhatikan Dalam Menggambar Ragam Hias Kecuali

Berikut ini yang harus diperhatikan dalam menggambar ragam hias, kecuali?

  1. variasi
  2. komposisi
  3. proporsi
  4. harmonisasi
  5. Semua jawaban benar

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah:
D. harmonisasi.

Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban D benar, dan 0 orang setuju jawaban D salah.

Berikut ini yang harus diperhatikan dalam menggambar ragam hias, kecuali harmonisasi.

Pembahasan dan Penjelasan

Jawaban
A. variasi
menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban
B. komposisi
menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban
C. proporsi
menurut saya ini juga salah, karena dari buku yang saya baca ini tidak masuk dalam pembahasan.

Jawaban
D. harmonisasi
menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban
E. Semua jawaban benar
menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah D. harmonisasi

Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.

Seni Budaya
| Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi seputar menggambar ragam hias dalam mata pelajaran seni budaya sub materi pembelajaran prinsip menggambar ragam hias, jenis ragam hias, media menggambar ragam hias, dan prosedur menggambar ragam hias. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang menggambar ragam hias dalam mata pelajaran seni budaya sub materi pembelajaran prinsip menggambar ragam hias, jenis ragam hias, media menggambar ragam hias, dan prosedur menggambar ragam hias.

Gambar: freepik.com

A. Prinsip Menggambar Ragam Hias

Ragam hias disusun dari sekumpulan pola hias, sedangkan pola hias disusun dari sekumpulan motif hias. Motif hias merupakan pokok pikiran dan bentuk dasar dalam perwujudan ragam hias, yang meliputi segala bentuk alam ciptaan Tuhan, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan benda alam lainnya. Prinsip dalam menggamar ragam hias yaitu:

1. Komposisi

Komposisi merupakan cara kita menyusun dan mengatur objek gambar yang digunakan sebagai model gambar sehingga hasil gambar tampak menarik dan indah. Komposisi dapat dibuat melalui bentuk objek gambar, warna objek gambar, jenis objek gambar, dan latar belakang gambar. Beberapa contoh bentuk komposisi dapat dilihat pada pola yang disusun berikut ini.

a. Komposisi Simetris

Benda atau model yang menjadi objek gambar diletakkan pada posisi seimbang antara sebelah kiri dan sebelah kanannya dan memiliki keseimbangan benda yang sama dalam bentuk dan ukurannya.

b. Komposisi Asimetris

ada posisi asimetris, benda diletakkan dalam posisi tidak sama baik dalam posisi maupun ukurannya namun demikian masih tetap memperhatikan proporsi, keseimbangan, dan kesatuan antarbenda atau objek gambar

c. Komposisi Sentral

Pusat perhatian benda atau objek model gambar terletak di tengah- tengah bidang gambar. Penempatan model diatur sesuai dengan proporsi bentuk model dan diatur seimbang dan memiliki kesatuan antarbenda.

2. Proporsi

Proporsi adalah perbandingan yang ideal dan harmonis antara bagian-bagian benda yang menjadi objek model gambar yang dapat diamati

3.  Keseimbangan

Keseimbangan adalah keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. Keseimbangan hasil gambar model dapat diperoleh dengan cara membuat skala, member efek perspektif pada objek gambar dan sudut pandang penggambar.

4. Kesatuan

Kesatuan adalah keserasian dalam pengaturan objek gambar sehingga benda-benda yang diatur satu sama lain memiliki kesan ruang, kedalaman, dan antarobjek gambar saling mendukung sehingga akan menghasilkan gambar yang baik.

B. Jenis Ragam Hias

1. Ragam Hias Flora (tumbuhan)

Ragam hias flora adalah motif hias yang menggunakan bentuk-bentuk flora (tumbuhan) sebagai objek motif yang kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya. Flora sebagai objek motif dapat dijumpai hampir seluruh pulau di Indonesia. Ragam hias dengan motif flora ini mudah dijumpai dalam beragam barang-barang seni, seperti batik, ukiran, keramik, bordir, dan lain-lain.

2. Ragam Hias Fauna (hewan)

Ragam hias fauna adalah motif hias yang menggunakan bentuk-bentuk fauna (hewan) sebagai objek motif yang kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya. Objek motif flora biasanya merupakan bentuk stilirisasi, dari wujud asli secara utuh atau hanya mengambil bagian-bagian tertentu dari bentuk binatang. Jenis binatang yang biasanya banyak digunakan sebagai objek ragam hias adalah burung, ular, gajah, dan binatang-binatang endemik suatu daerah yang dijadikan sebagai identitas dan ciri khas kearifan lokal daerahnya.

3. Ragam Hias Goemetris

Ragam hias geometris adalah motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris yang kemudian digayakan sesuai imajinasi pembuatnya. motif hias geometris dikembangkan dari unsur titik, garis, dan bentuk bidang geometris yang disusun secara berulang dari bentuk sederhana sampai pola yang rumit. Penggunaan ragam hias geometris dapat dijumpai diberbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

4. Ragam Hias Figuratif

Ragam hias figuratif adalah motif hias yang dikembangkan dari objek bentuk manusia yang kemudian digayakan sesuai imajinasi pembuatnya. Dikatakan figuratif karena bentuk dasar motif mengacu pada bentuk figur manusia yang kemudia digayakan.

5. Ragam Hias Polygonal

Ragam hias polygonal adalah motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk polygonal (susunan garis lurus yang terjalin membentuk rangkaian yang menyatu dan memiliki sudut dalam bentuk datar) kemudian digayakan dan disusun sesuai imajinasi pembuatnya. Poligonal memiliki batas bentuk yang berwujud segi empat (tetragon), segi tiga (triangle), segi enam (hexagon), segi lima (pentagon), dan lain-lain.

C. Media Menggambar Ragam Hias

Bahan yang dapat digunakan untuk menggambar ragam hias ada dua, yaitu bidang gambar dan pewarna.

1. Bahan dan Alat Menggambar Ragam Hias

a. Bidang Gambar

  • Kertas gambar
  • Kain kanvas
  • Kaca
  • Tripleks
  • Tembok

b. Bahan Pewarna

  • Pensil gambar
  • Pensil warna
  • Krayon
  • Cait air
  • Cat poster
  • Tinta bak
  • Cat minyak

c. Alat Menggambar

2. Teknik Menggambar Ragam Hias

a. Teknik Mistar

1) Ornamen Mistar

b. Teknik Manual

1) Teknik Arsir

2) Teknik Akuarel

D. Prosedur Menggambar Ragam Hias

  1. Menyiapkan bahan dan alat
  2. Menentukan tema ragam hias
  3. Menentukan teknik menggambar
  4. Menentukan bidang ragam hias
  5. Membuat sketsa ragam hias
  6. Mewarnai ragam hias
  7. Penyelesaian akhir

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. proporsi
  2. keseimbangan
  3. komposisi
  4. warna

Jawaban terbaik adalah
D. warna.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan❝berikut prinsip – prinsip yang harus diperhatikan dalam menggambar ragam hias, kecuali? …❞
AdalahD. warna.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu benda dapat terlihat oleh mata dikarenakan … dengan jawaban yang sangat akurat.

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Berikut Ini Yang Harus Diperhatikan Dalam Menggambar Ragam Hias Kecuali

Sumber: https://termasyhur.com/berikut-prinsip-prinsip-yang-harus-diperhatikan-dalam-menggambar-ragam-hias-kecuali

 

Artikel Terkait