Pernyataan Yang Benar Tentang Sifat Gelombang Bunyi Adalah

Duwus.com – Pernyataan Yang Benar Tentang Sifat Gelombang Bunyi Adalah

Photo by Ritupom Baishya on Unsplash

Hai Sobat Pintar, apakah kalian pernah merasa bingung kenapa momen mengomong di alam terbuka, suaramu bisa terdengar sebatas jauh? Apalagi seandainya produktif di dalam goa, suara kalian boleh terdengar berulang seperti ada yang mengimak. Keadaan tersebut boleh terjadi karena adanya karakteristik dari getaran gelombang elektronik dan bunyi. Penasaran? Yuk, kita berlatih mengenai konsep gelombang bunyi bersama-ekuivalen yang lengkapnya ada dalam fitur Belajar Berisi.

Pengertian Gelombang listrik Bunyi

Pernahkan sobat merasa terganggu dengan suara-kritik tertentu? Pastinya pernah ketel? Entah suara miring bising alat angkut, suara handphone bergetar saat kita tidur, atau suara-suara lainnya yang mengganggu kita.

Obstulen ini pada dasarnya merupakan hasil bersumber getaran yang mengganggu atau nan menggetarkan udara di sekitarnya.  Bencana tersebut merambat setakat menggetarkan gendang pendengaran dan balasannya adalah bunyi yang kita dengar. Memang, adegan telinga yang berfungsi menangkap gelombang bunyi merupakan gendang telinga.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa bunyi adalah getar yang merebak. Secara umum gelombang obstulen ialah gelombang yang menjangkit melalui medium tertentu. Gelombang bunyi merupakan gelombang teknisi yang digolongkan sebagai gelombang longitudinal.

Klasifikasi Gelombang Bunyi

Suatu bunyi dapat didengar makanya makhluk karena memiliki 3 situasi, yaitu adanya sumber bunyi, adanya menengah rambat bunyi, dan frekuensinya yang mampu antara 20 Hz – 20.000 Hz (audiosonik). Tidak hanya manusia, semua hamba allah hidup juga dapat mendengar bunyi. Berdasarkan frekuensinya, gelombang bunyi diklasifikasikan umpama berikut:

1.
Infrasonik: bunyi yang memiliki frekuensi < 20 Hz. Obstulen ini boleh didengar maka itu hewan begitu juga jangkrik, kawa-kawa, gajah, ketek, dan lumba-lumba.

2.
Audiosonik: bunyi yang memiliki kekerapan 20 Hz – 20.000 Hz. Bunyi ini boleh didengar oleh orang.

3.
Ultrasonik: bunyi yang punya frekuensi > 20.000 Hz. Bunyi ini bisa didengar oleh fauna seperti kelelawar dan siketumba.

Sifat-sifat Gelombang elektronik Bunyi

Pemantulan (Refleksi)

Cak kenapa bunyi yang dihasilkan dari ruangan terlayang terdengar lebih persisten berpokok ruangan longo? Mengapa sekiranya kita berteriak di sekitar tebing selalu ada suara nan ki belajar setelahnya? Semua itu terjadi karena adanya pemantulan (refleksi).

Pemantulan merupakan keadaan momen gelombang listrik bunyi yang datang mengenai permukaan suatu sedang yang keras dan kembali ke medium asalnya dengan kacamata nan sama.

Bunyi n domestik ruangan terlayang terdengar lebih keras karena dinding ruangan sesak dekat dengan perigi obstulen. Alhasil, bunyi pantul tidak memiliki musim yang cukup untuk meluas dan menyebabkan obstulen nomplok dan obstulen pantul terdengar bersamaan.

Berbeda dengan gema atau suara pantulan yang terjadi kalau kita berteriak di seputar tebing. Jarak antara gisik dan sendang bunyi memadai jauh sehingga obstulen pantul memerlukan waktu yang cukup lama buat merambat sampai pendengaran. Akibatnya, bunyi pantul akan terdengar pasca- obstulen asli.

Pembiasan (Refleksi)

Sekiranya gelombang bunyi menjangkit dan memasuki madya yang berbeda, gelombang bunyi tersebut akan dibelokkan. Itulah yang disebut dengan pembiasan (refleksi) gelombang bunyi.

Refraksi terjadi kalau gelombang obstulen bersumber satu medium memasuki medium lain dengan sudut tertentu. Situasi inilah nan menyebabkan suara minor petir pada lilin batik hari terdengar lebih keras dibandingkan plong siang hari. Pada malam masa, sepuhan udara bagian bawah bertambah rapat daripada babak atas sehingga suara petir dari lapisan udara akan dibiaskan condong permukaan tanah di bawahnya.

Pelenturan (Difraksi)

Difraksi adalah peristiwa pelenturan gelombang elektronik ketika melalui jeruji nan ukurannya seorde dengan jenjang gelombangnya. Contohnya yakni ketika seseorang boleh mendengar celaan berasal kolom di sebelahnya.

Intervensi

Campur tangan adalah perpaduan dua gelombang farik nan saling berinteraksi pada medium yang sekufu. Interferensi terbagi menjadi dua macam, yaitu interferensi konstruktif dan intervensi destruktif.

Interferensi konstruktif adalah keadaan detik kedua gelombang yang berinterferensi sefase, sehingga saling memperapat. Sebaliknya, campur tangan destruktif terjadi momen kedua gelombang elektronik yang berinterferensi farik fase 180° sehingga ubah melemahkan.

Pelayangan

Pelayangan bunyi adalah dua bunyi keras ataupun dua bunyi langlai yang terjadi secara kronologis. Seandainya kedua gelombang listrik obstulen merebak bersamaan, bunyi paling kuat akan dihasilkan saat fase keduanya sama. Seandainya kedua getaran berlawanan fase, maka akan menghasilkan bunyi paling kecil lemah.

Cepat Rambat Gelombang Obstulen

Biji kecepatan berpangkal gelombang bunyi bervariasi. Hal ini tergantung bermula menengah rambatnya. Secara umum, cara menotal cepat rambat obstulen ialah laksana berikut:

Keterangan :

v = cepat rambat gelombang (m/s)

s = jarak (m)

t = hari (s)

Melangkaui Zat Padat

Gelombang bunyi bisa meluas melewati zat padat. Contoh menengah rambat zat padat yaitu alumunium, baja, kaca, dan lain-lain. Rumus menghitung cepat rambat bunyi yang merambat melalui  zat padat adalah sebagai berikut:



Modulus young (E) merupakan ukuran kekakuan suatu sasaran zat padat. Nilai modulus young zat padat farik-beda.

Melangkaui Zat Cairan

Gelombang bunyi juga dapat merambat melintasi zat larutan. Medium zat cair bisa berupa air, raksa, helium cair, dan lainnya. Rumus bagi menghitung cepat rambat bunyi dalam zat cair adalah sebagai berikut:



Modulus Bulk (B) merupakan mode suatu benda bakal berubah bentuk ke barang apa sisi ketika diberi suatu tegangan ke segala arah.

Menerobos Udara atau Asap

Gelombang obstulen sekali lagi bisa menjangkit melalui medium udara ataupun gas. Rumus untuk cak menjumlah cepat rambat bunyi intern asap merupakan laksana berikut:



Konstanta laplace ialah proporsi antara produktivitas kalor gas puas tekanan teguh dengan kapasitas kalor sreg debit tegar. Konstanta laplace dapat dipakai untuk tabun monoatomik atau diatomik. Konstanta laplace cak bagi tabun monoatomik adalah:

Aplikasi dalam Vitalitas Sehari-Periode

Dengan memahami karakteristik dari gelombang bunyi, para intelektual Fisika dapat menciptakan menjadikan teknologi yang mendukung pekerjaan turunan contohnya SONAR, Ultrasonografi, dan Echocardiogram.

Teknologi SONAR

Teknologi SONAR dapat digunakan cak bagi sistem navigasi dengan bunyi pantul ultrasonik. Pada perangkat kamera, teknologi SONAR berfaedah untuk mendeteksi jarak benda yang akan difoto. Pada sarana mobil, teknologi SONAR bisa digunakan bakal mendeteksi jarak benda-benda yang ada di sekeliling mobil. Pada pengukur kedalaman laut, teknologi SONAR untuk mengeti kedalaman laut dengan diletakkan di pangkal kapal.

Prinsip kerja SONAR adalah berdasarkan pemantulan gelombang elektronik ultrasonik. SONAR mempunyai dua penggalan peranti yang menyinarkan gelombang ultrasonik yang disebut transmitter (emitter) dan alat yang dapat mendeteksi datangnya gelombang elektronik pantul (gema) yang disebut sensor (receiver).

Gelombang ultrasonik dipancarkan oleh
transmitter

(pemancar) yang diarahkan ke mangsa, kemudian akan dipantulkan kembali dan ditangkap oleh pesawat pemeroleh (receiver). Dengan mengukur hari yang diperlukan bersumber gelombang dipancarkan sampai gelombang elektronik diterima juga, maka dapat ditentukan ponten jarak atau kedalaman laut.

Ultrasonografi

Ultrasonografi adalah teknologi nan digunakan buat menggambarkan penggalan dalam tubuh manusia. USG digunakan untuk melihat perkembangan janin dalam kandungan. USG memiliki 3 bagian utama merupakan Transducer, Monitor, dan Mesin USG. Prinsip kerja berpangkal Ultrasonografi memperalat konsep pemantulan bunyi, yaitu transducer ditempelkan pada alat yang ingin dilihat citra bagian dalamnya.

Di intern transducer terdapat kristal nan dapat digunakan kerjakan menangkap gelombang yang disalurkan. Gelombang nan diterima ini masih n domestik rancangan gelombang elektronik pantulan. Sehabis diubah ke internal bentuk gelombang elektronik dan kemudian masuk ke mesin USG, data elektronik tersebut diubah menjadi data gambar yang ingin ditampilkan ke Monitor.

Echocardiogram adalah teknologi yang dapat digunakan untuk kecepatan aliran darah. Kecepatan aliran darah diukur menggunakan bilyet Doppler. Bunyi ultrasonik diarahkan menjurus kerongkongan nadi, dan rayapan gelombang bunyi tersebut mengikuti kelajuan aliran bakat.

Paradigma Soal

Seorang anak asuh mendengar bunyi yang memiliki tataran gelombang sebesar 10 meter. Kalau cepat rambat bunyi di udara adalah 340 m/s, tentukan:

1. frekuensi sumber bunyi
2. periode sumber bunyi

Diketahui:

Jawab:

Padalah bagaimana, Sobat? Gelombang bunyi enggak bersisa sukar, tidak?

Kalian dapat simak pembahasan banyak soal dalam fitur APLive ya. Pastinya boleh download lampau apikasi Aku Mandraguna, gratis kok!

Writer: Fifa
Pengedit: Deni Purbowati, Qorin R

Pernyataan Yang Benar Tentang Sifat Gelombang Bunyi Adalah

Sumber: https://duuwi.com/63624/pernyataan-yang-benar-tentang-sifat-gelombang-bunyi-adalah.html

 

Artikel Terkait