Kalimat Iklan Yang Mengandung Unsur Komersial Adalah

Duwus.com – Kalimat Iklan Yang Mengandung Unsur Komersial Adalah

Bola.com, Jakarta –
Iklan adalah segala bentuk pesan promosi produk atau jasa yang disampaikan melalui media tertentu. Dalam hal ini, iklan menjadi sarana untuk mempromosikan produk tertentu dengan sangat jitu.

Pengertian iklan yang lain adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, lembaga, perusahaan atau instansi yang berisi pesan menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada publik.

  • Debut Egy Maulana Vikri bersama Zlate Moravce di Liga Slovakia: Jadi Pemain Pengganti, Dapat Kartu Kuning, Ditarik Keluar, dan Kalah
  • Elkan Baggott Starter dan Main Penuh, Gillingham FC Dibantai 0-3 di Kasta Keempat Liga Inggris
  • Asnawi Mangkualam Masuk di Babak Kedua, Ansan Greeners Imbangi Penguasa Liga Korea Selatan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ada dua pengertian iklan. Pertama, iklan ialah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Kedua, iklan adalah pemberitaan kepada khayalak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Bagi perusahaan penyedia barang,
iklan
menjadi andalan utama untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya.

Itulah mengapa, sebuah iklan harus dibuat menarik, informatif, jelas serta memakai kata-kata yang bersifat ajakan. Supaya mendapat atensi dari masyarakat, sebisa mungkin menonjolkan informasi utama dan tidak perlu terlalu bertele-tele.

Sebuah iklan agar bisa menarik perhatian masyarakat atau konsumen harus memenuhi unsur-unsur iklan. Dalam unsur-unsur iklan memuat banyak hal yang sangat menentukan sebagai kiat sukses untuk promosi dan menarik konsumen.

Jadi, penting untuk memperhatikan unsur-unsur iklan agar promosi yang dilakukan bisa tersampaikan dengan baik. Apa saja unsur-unsur iklan yang perlu diketahui?

Berikut ini rangkuman mengenai unsur-unsur
iklan, seperti dilansir dari laman
ZonaReferensi, Kamis (22/10/2020).

Unsur-unsur Iklan

1. Nama produk

Unsur iklan yang pertama adalah nama produk. Nama produk atau jasa yang diiklankan harus ada pada iklan sebagai identitas dari produk yang ditawarkan.

Informasi nama produk harus menonjol agar mudah dikenali oleh khalayak ramai. Maka dari itu, perlu menyiapkan nama produk yang bagus dan kreatif agar calon pembeli tertarik membeli produk tersebut.

Pembeli juga akan selalu teringat tentang produk yang dipasarkan melalui iklan yang unik dan memiliki ciri khas.

2. Gambar produk

Iklan yang hanya berupa teks atau tulisan saja, tentu membosankan. Adanya unsur visual seperti gambar atau gambar bergerak (video) akan lebih menarik bagi masyarakat agar mau melihatnya.

Apalagi jika bisa memadukan unsur teks, gambar, gambar bergerak, dan video, audio, serta musik untuk membuat iklanmu lebih kece dan kekinian.

3. Tonjolkan keunggulan

Dalam iklan, keunggulan-keunggulan produk harus dijelaskan dan ditonjolkan. Keunggulan produk dan jasa yang diiklankan ini menjadi nilai plus dan jadi alasan mengapa target konsumen harus membeli atau menggunakan produk tersebut.

Unsur-unsur Iklan

4. Kalimat deskriptif

Kalimat deskriptif pada iklan sangat penting untuk menjelaskan dan menguraikan spesifikasi produk atau jasa yang akan diiklankan. Penggunaan kata pada kalimat ini harus menarik dan mudah dipahami oleh khalayak ramai.

Kalimat yang susah dipahami akan mengurangi tujuan iklan itu sendiri.

5. Kalimat persuasif atau ajakan

Selain deskriptif, harus ada kalimat persuasif atau ajakan. Fungsi kalimat persuasif penting untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau jasa yang sedang diiklankan.

Kata-kata yang dipakai harus singkat dan bisa berbentuk slogan agar mudah diingat banyak orang.

6. Menarik perhatian

Unsur iklan lainnya adalah perhatian atau atensi. Dalam membuat sebuah iklan, tentunya harus ada ide-ide baru yang mampu menarik perhatian masyarakat sehingga iklan tersebut menjadi berkesan dan dapat terus diingat.

7. Membangun minat

Membangun minat juga penting untuk diperhatikan. Iklan yang dipasang harus disesuaikan dengan minat atau ketertarikan dari target konsumen. Jadi, calon pembeli merasa ingin tahu dengan produk yang ditawarkan dan tertarik untuk membelinya.

Unsur-unsur Iklan

8. Keinginan

Unsur iklan yang selanjutnya ialah memunculkan keinginan. Jadi, iklan yang kamu buat harus mampu memecahkan masalah yakni keinginan dari konsumen.

Pengiklan pun harus menemukan suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen lewat iklannya.

9. Kepercayaan

Berikutnya ada unsur kepercayaan. Penting untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen.

Maka dari itu, dalam iklan harus terdapat berbagai aspek sebagai pembuktian (testimoni) atau sebuah kata-kata yang meyakinkan pembeli.

10. Kontak penjual

Unsur-unsur iklan yang terakhir adalah mencantumkan kontak penjual. Kamu perlu mencantumkan nomor telepon, akun media sosial, dan alamat toko penjual. Dengan mencantumkan kontak penjual, akan membuat calon pembeli lebih percaya dengan toko tersebut.

Di saat pembeli melihat iklan dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan lewat iklan, pembeli juga bisa langsung menghubungi nomor penjual. Hal ini tentu memudahkan pembeli sekaligus penjual untuk bertransaksi.

Sumber:
ZonaReferensi

Kalimat Iklan Yang Mengandung Unsur Komersial Adalah

Sumber: https://www.bola.com/ragam/read/4388936/pengertian-dan-unsur-unsur-iklan-penting-diketahui-untuk-menarik-konsumen

 

Artikel Terkait