Jelaskan Tiga Manfaat Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Kayu

Duwus.com – Jelaskan Tiga Manfaat Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Kayu

Jelaskan Tiga Manfaat Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Jelaskan Tiga Manfaat Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu – Ragam hias tidak hanya di terapkan pada bahan tekstil, tetapi juga bisa di jumpai pada bahan kayu. Setiap etnis di Indonesia mempunyai ragam hias pada bahan kayu seperti kursi, tempat tidur, meja serta benda kayu lainnya.

Fungsi ragam hias bukan hanya menambah keindahan atau estetika suatu barang, tetapi juga memiliki simbol atau makna. Keinginan untuk menghias adalah naluri atau insting manusia.

Faktor kepercayaan ikut mendukung berkembangnya ragam hias karena adanya perlambangan di balik suatu gambar. Ragam hias memiliki makna karena sudah di sepakati oleh masyarakat di suatu daerah penggunanya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kayu adalah bahan yang banyak di gunakan untuk tujuan penggunaan tertentu. Bahan kayu di gunakan untuk membuat perabotan rumah tangga, kayu tidak bisa di gantikan dengan bahan lainnya karena sifat khasnya.

Baca juga :Jelaskan tiga Teknik Penerapan Ragam Hias diatas Bahan Tekstil

Tiga Manfaat Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Bahan kayu adalah salah satu bahan yang banyak di gunakan untuk tujuan penggunaan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, kayu banyak di gunakan sebagai bahan pembuatan perabotan rumah tangga dan tidak bisa di gantikan dengan bahan lain.

Kita sebagai pengguna pada bahan kayu yang setiap jenisnya mempunyai sifat yang berbeda, perlu mengenal sifat-sifat kayu tersebut jadi ketika pemilihan atau penentuan jenis untuk tujuan penggunaan tertentu harus benar sesuai dengan yang di inginkan.

Beberapa sifat bahan kayu adalah keras dan kuat, namun cukup mudah di bentuk sehingga sangat cocok untuk di buat sebagai kerajinan ukiran. Banyak perabot kayu yang akhirnya di berikan sentuhan ragam hias. Motif hias yang di pakai yaitu berupa motif flora, fauna, figurative atau geometris dan gabungan dari motif-motif tersebut.

Berikut ini 3 manfaat penerapan ragam hias pada bahan kayu :

  • Mengubah kayu yang sebelumnya polos menjadi lebih indah dan memiliki nilai jual.
  • Menambah daya tarik dari kerajinan bahan kayu.
  • Menciptakan karakteristik pada bahan kayu tersebut.

Ragam hias pada bahan kayu biasanya sering di jumpai pada pintu, jendela, tiang rumah dan bagian tertentu dalam rumah. Ragam hias di gunakan sebagai bagian dari keindahan rumah dan berfungsi untuk suatu penolak bala atau penghormatan kepada roh leluhur.

Pengertian ragam hias pada bahan kayu

Ragam hias kayu adalah pola hias yang di terapkan pada media kayu dan di kerjakan dengan teknik tertentu. Tujuan utama ragam hias kayu adalah menambah nilai estetis, sehingga harga jual dari bahan kayu yang sudah di hias akan memiliki nilai jual yang tinggi.

Ragam hias kayu bisa di temukan pada bagian dalam rumah, contohnya pintu, tiang rumah, jendela, atau tempat lainnya. Selain itu sebagai cara untuk menolak bala dan penghormatan kepada roh leluhur di suatu daerah tertentu.

Fungsi ragam hias pada bahan kayu

Fungsi ragam hias pada kayu, yaitu :

  • Mempercantik bahan kayu untuk ornamen hiasan.
  • Meningkatkan nilai jual pada bahan kayu dengan karya seni ragam hias.
  • Sebagai bahan yang di percaya mempunyai kekuatan mistik

Motif ragam hias pada bahan kayu

Ragam hias pada bahan kayu adalah sebagai berikut :

  • Ragam Hias Flora dan Fauna.
  • Ragam Hias Geometri.
  • Ragam Hias Figuratif.

Teknik ragam hias pada bahan kayu

Jika kalian di minta untuk,
jelaskan tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu, berikut jawabannya :

  • Melukis, yaitu cara penerapan ragam hias dengan cara melukis atau memoleskan motif hiasan pada permukaan bahan kayu dengan memakai cat atau politer.
  • Mengukir, yaitu penerapan ragam hias dengan membuat tonjolan dan cekungan pada permukaan bahan kayu untuk menghasilkan tekstur suatu pola tertentu.
  • Menggabungkan teknik seni lukis dan ukir, yaitu membuat ragam hias dengan mengukir permukaan kayu, selanjutnya hasil ukiran di beri warna cat lukis agar semakin estetik.

Membuat Ragam Hias Ukiran pada Bahan Kayu

Mengukir ragam hias dilakukan dengan cara permukaan kayu dipahat dan dibentuk seperti relief. Bentuk kayu ada yang berupa batang dan ada juga yang berbentuk papan. Ada kayu yang memiliki serat halus dan kasar. Mengukir kayu harus memperhatkan alur seratnya. Sebelum kayu diukir, terlebih dahulu harus dibuatkan gambar ragam hiasnya. Alat-alat yang digunakan untuk mengukir kayu antara lain :

  1. Mata pahat, mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
  2. Alat pemukul, terbuat dari kayu, palu besi dan batu.

Sebelum mengukir, sebaiknya kalian harus mengenal terlebih dahulu prosedur cara kerjanya. Kegiatan mengukir pada bahan kayu memiliki prosedur sebagai berikut :

  • Menyiapkan alat dan bahan menggambar untuk ragam hias ukiran.
  • Memilih bentuk ragam hias sebagai objek ketika berkarya.
  • Membuat sketsa gambar ragam hias pada bahan kayu.
  • Membuat ukiran pada kayu sesuai sketsa gambar yang sudah di buat.
  • Menghaluskan bagian ukiran dengan menggunakan amplas agar permukaan ukiran kayu jadi halus.
  • Memberikan sentuhan akhir adalah menutup hasil ukiran menggunakan silak agar serat kayu hasil ukiran tetap tampak.

Melukis Ragam Hias di Atas Bahan Kayu

Teknik menggambar di buat setelah benda atau barang seni terbentuk. Kayu pada dasarnya bisa di beri warna dengan berbagai macam cat, contohnya cat minyak atau cat akrilik. Jadi produk dari bahan kayu bisa di beri hiasan ragam hias dengan teknik melukis. Berikut adalah contoh melukis ragam hias pada bahan kayu :

  • Menyiapkan bahan dan alat melukis yaitu, cat akrilik, cat tembok, kuas dan palet.
  • Menyiapkan bahan kayu.
  • Membuat rancangan gambar ragam hias dengan kertas.
  • Memindahkan gambar rancangan pada permukaan bahan kayu.
  • Menerapkan cat untuk menyelesaikan gambar ragam hias.
  • Memberikan lapisan vernis atau cat transparan pada permukaan bahan kayu.

FAQ

Apa manfaat dari penerapan ragam hias?

Fungsi ragam hias pada bahan tekstil yaitu untuk menambah keindahan dan estetika sebagai simbol yang memiliki nilai-nilai kearifan lokal.

Alat apakah yang digunakan untuk mengukir ragam hias di atas kayu?

Alat di gunakan untuk mengukir ragam hias di atas bahan kayu salah satunya adalah pahat.

Ragam hias pada bahan kayu dibuat dengan cara?

Penerapan ragam hias pada bahan kayu bisa di lakukan dengan cara mengukir dan menggambar dan gabungan keduanya. Mengukir dalam hal ini adalah membentuk tonjolan atau cekungan berbentuk ragam hias tertentu pada permukaan bahan kayu menggunakan alat pahat.

Ragam hias tumpal mengandung makna?

Motif tumpal memiliki makna penolak bala atau penjauh bencana bagi yang menggunakannya. Hal ini di karenakan gambar segitiga tumpal yang runcing persis dengan gigi buaya. Motif tumpal yang terdiri dari tiga sisi memiliki arti magis yaitu keselarasan antara manusia, semesta serta alam lain atau tuhan.

Ragam hias kawung memiliki makna?

Dalam kebudayaan Jawa, motif kawung yang di susun geometris memiliki makna sebagai lambang terjadinya kehidupan manusia. Harapannya, agar manusia tidak melupakan asal usulnya. Selain itu, motif batik kawung juga di kenal sebagai lambang keperkasaan serta keadilan.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Jelaskan Tiga Manfaat Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, sekian terima kasih.

Jelaskan Tiga Manfaat Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Kayu

Sumber: https://www.aldianweb.com/2022/03/jelaskan-tiga-manfaat-penerapan-ragam_13.html

 

Artikel Terkait