Apa Yang Akan Terjadi Jika Produsen Dalam Suatu Ekosistem Punah

Duwus.com – Apa Yang Akan Terjadi Jika Produsen Dalam Suatu Ekosistem Punah

1. bila salah satu organisme tidak tersedia di alam artinya organisme tersebut mengalami kepunahan. hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem sebab dapat mempengaruhi rantai makanan. namun hal ini tidak berdampak telalu besar bagi kehidupan. contoh, kepunahan dinasaurus, atau organisme lain yg telah lenyap.

2. bila produsen dlm suatu ekosistem punah maka ekosistem tersebut juga akan punah. karena produsen merupakan sumber makanan dan energi, sehingga jika produsen punah maka konsumen tidak memiliki makanan dan energi sehingga ikut punah.

Teman kita, Muhammad Sa’ad telah menuliskan pertanyaan baru di BIMBEL Guru Les Privat.

Pertanyaannya adalah:
Apa yang terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah?

PEMBAHASAN & JAWABAN

Silahkan baca pembahasan dan jawaban atas pertanyaan Apa yang terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah? di bawah ini. Pertanyaan yang belum terjawab akan segera mendapatkan ulasan dan pembahasan dari pengunjung lainnya, atau dari tim pengasuh BIMBEL GuruLesPrivat.net.

Anda juga bisa berpartisipasi memberikan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan Apa yang terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah? ini. Jangan takut berbagi meskipun itu masih kurang benar. Di BIMBEL GuruLesPrivat.net, kita saling belajar dan memberikan masukan secara bersama-sama.

Dengan memberikan jawaban atau tanggapan atas pertanyaan Apa yang terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah?, kamu telah ikut membantu Muhammad Sa’ad mendapatkan jawaban yang dibutuhkannya.


Unsur hara didalam tanah lama kelamaan akan habis sehingga tanah menjadi tandus dan sulit ditanami. Cara menjaga keseimbangan lingkungan yang sesuai d …

engan peristiwa tersebut adalah…A. Menanam tanaman xerofit agar cadangan air bertambahB. Memberikan pupuk organik agar kesuburan tanah meningkatC. Menanam tanaman hidrofit agar cadangan air bertambahD. Memberikan pupuk anorganik agar kesuburan tanah meningkat=pakai penjelasan !!!=no ngasal !!!​


Sebutkan nama-nama organ di gambar, beserta fungsinya! ​


tanaman tersebut memiliki batang yang berongga, yang berguna adalah untuk…A. Agar dapat mengapung di atas airB. Menjaga keseimbangan agar tidak terb …

alikC. Mengurangi penguapan udaraD. Mampu mengambil oksigen dari udara=pakai penjelasan !!!=no ngasal !!!​


kelainan tulang belakang yang menyebabkan tulang belakang bagian bawah melengkung atau bengkok ke depan adalah…A. kifosisB. SkoliosisC. LordosisD. O …

steoporosis=pakai penjelasan !!! =no ngasal !!!​


Plisss, beserta penjelasannya, sama penyakit yang kaya gini gini, gua belum paham gara gara covid :(, semoga yang jawab lengkap gue doain selalu menda …

patkan nilai baek aminn


Keanekaragaman hayati adalah mohon dibantu​


Jelaskan yang dimaksud dengan sumber energi yang dapat diperbaharui sebutkan dengan contohnya minimal 5​


mematikan lampu di siang hari/penghematan listrik adalah upaya mencegah pencemaran? udara/tanah/air???


Gelombang gempa dapat merambat dipermukaan tanah. Gelombang ini di sebut … *4 poin​


berikut adalah beberapa contoh hubungan khas antara dua makhluk hidup 1. burung dengan kerbau2. anggrek dengan pohon mangga3. katak dengan pepohonan4. …

lalat dengan tumbuhan raflesia.hubungan khas yang menunjukkan jenis simbiosis komensalisme adalah…..a.1 dan 2B.2 dan 3c. 1 dan 3d. 2 dan 4jawab dengan benar!!!!​

Tumbuhan hijau berperan sebagai produsen yang menjadi sumber makanan konsumen herbivora dan omnivora. Foto: Pixabay


Dalam sebuah

rantai makanan
, produsen berperan sebagai makhluk hidup yang mampu membuat makanannya sendiri. Produsen di dalam ekosistem tertentu diwujudkan dalam bentuk tumbuhan hijau.


Produsen tidak memakan makhluk lain, tetapi justru dimakan oleh makhluk lainnya. Produsen juga bisa membuat zat organik dari zat anorganik melalui proses fotosintesis.


Tak hanya itu, produsen turut mendukung kehidupan konsumen dan dekomposer. Hal ini menunjukkan bahwa peran produsen memang sangat penting dalam kelangsungan makhluk hidup lainnya.


Lalu, apa yang terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah? Bagaimana nasib makhluk hidup yang menjadikannya sebagai sumber makanan? Agar lebih memahaminya, simak penjelasannya berikut ini.

Produsen yang mengalami kepunahan akan mengganggu rantai makanan dalam sebuah ekosistem. Foto: Freepik


Dirangkum melalui buku

Sukses USBN Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar

terbitan Tim Ganesha Operation (2017: 15), kepunahan produsen dalam suatu rantai makanan akan berdampak terganggunya ekosistem, akibat ketidakseimbangan populasi pada komponen rantai makanan.


Punahnya produsen akan diikuti dengan kepunahan konsumen tingkat I, dan selanjutnya diikuti dengan kepunahan konsumen II, dan seterusnya. Sebaliknya, lonjakan populasi suatu komponen rantai makanan akan dengan cepat menyusutkan populasi makanannya (konsumen tingkat sebelumnya).


Jika makanannya habis, populasi komponen rantai makanan tersebut juga akan berkurang atau bahkan punah (apabila tidak mendapat sumber makanan lain dalam jumlah yang cukup).


Supaya lebih memahami kaitan produsen dengan makhluk lainnya, berikut penjelasan tentang rantai makanan dan masing-masing peran komponen yang terlibat di dalamnya.

Ilustrasi rantai makanan yang terdiri dari produsen dan konsumen. Foto: Pixabay


Mengutip buku

USBN Sekolah Dasar Kupas Tuntas Materi dan Soal


karangan Baidha Azra dkk (2018: 308), rantai makanan adalah proses makan memakan antara satu


makhluk hidup


dengan makhluk hidup lainnya dalam suatu urutan.


Dalam sebuah rantai makanan, terdapat makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan pengurai. Contoh rantai makanan:


  • Di sawah: Padi -> Tikus -> Ular -> Burung Elang -> Jamur/Bakteri


  • Di sungai: Alga -> Ikan Seribu -> Ikan Gurame -> Jamur/Bakteri


Peran Masing-Masing Komponen Rantai Makanan


  • Tumbuhan hijau, berperan sebagai produsen dalam rantai makanan. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri. Hasil fotosintesis yang disimpan dalam bentuk cadangan makanan, dimanfaatkan oleh konsumen tingkat I sebagai sumber makanan.


  • Herbivora dan omnivora, berperan sebagai

    konsumen

    dalam rantai makanan. Selain mengendalikan populasi makhluk hidup yang menjadi makanannya, konsumen juga berperan sebagai stok makanan bagi konsumen berikutnya, sehingga keseimbangan ekosistem terjaga.


  • Pengurai, makhluk hidup ini menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati. Pengurai membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur.


Meski kedudukan pengurai selalu di bagian ujung rantai makanan, perannya mencakup keseluruhan komponen rantai makanan lainnya. Pasalnya, bisa saja rantai makanan putus pada produsen (tumbuhan mati sebelum dimakan konsumen tingkat I) atau pada konsumen tingkat rendah.

Video yang berhubungan

Apa Yang Akan Terjadi Jika Produsen Dalam Suatu Ekosistem Punah

Sumber: https://idkuu.com/apa-yang-terjadi-jika-produsen-dalam-suatu-ekosistem-punah-jelaskan

 

Artikel Terkait