Salah Satu Etika Saat Latihan Renang Adalah

Duwus.com – Salah Satu Etika Saat Latihan Renang Adalah

Asyiknya Berolahraga Kelas 4 SDMI 126 saja. Pengambilan napas juga bisa berselang pada setiap 2 tau 3 putaran lengan. 3 Setelah mahir berenang gaya bebas, ayo adakan lomba. Lomba renang gaya bebas dengan jarak 20 meter. Siapa yang paling cepat renangnya dengan gaya yang benar, maka dialah pemenangnya. Gambar 10. 5 Lomba renang gaya bebas Sumber: dokumentasi pribadi Etika di setiap kolam renang pada umumnya sama. Etika dimaksudkan untuk menjaga kebiasaan tata krama yang dipandang sopan. Selain itu, etika juga untuk menjaga keselamatan, kebersihan dan kenyamanan. Etika di kolam renang pada umumnya adalah: 1 Memakai pakaian renang yang baik dan sopan. 2 Tidak membuang sampah sembarangan. 3 Tidak membawa barang berharga. 4 Tidak makan selama di kolam renang. 5 Tidak berenang ketika sakit. 6 Menyesuaikan kemampuan diri ketika berenang. 7 Menyimpan pakaian di tempat yang telah disediakan. 8 Tidak banyak bercanda, dorong-dorongan atau tarik-tarikan. 9 Mematuhi tata tertib yang diberlakukan di kolam renang setempat.

D. Etika di Kolam Renang

127 Bab 10 – Renang Gaya Bebas Petunjuk Guru • Guru memberi contoh setiap gerakan renang gaya bebas yang diajarkan, bila perlu diperagakan di daratan tanpa air agar siswa mudah memahaminya. • Sedini mungkin Guru mengantisipasi adanya siswa yang sakit, trauma atau ketakutan yang berlebihan terhadap air, agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakannya. Rangkuman 1. Ada tiga gerak dasar renang gaya bebas. Yaitu, gerak meluncur, gerak tungkai dan gerak lengan. 2. Gerak meluncur berguna untuk mengawali dan memperlancar gerakan awal renang. 3. Belajar gerak meluncur bisa dilakukan dengan meluncur ke dinding kolam. 4. Gerakan tungkai dalam renang gaya bebas adalah naik dan turun secara bergantian 5. Gerakan lengan dalam renang gaya bebas adalah berputar dari depan ke belakang lewat bawah. Lalu, dari belakang ke depan lewat atas. 6. Bernapas dalam renang gaya bebas dilakukan dengan mulut. Yaitu, menghirup udara di atas permukaan air melalui mulut. Sedangkan menghembuskannya bisa melalui mulut ataupun hidung. 7. Kombinasi dari latihan gerakan tungkai dan lengan serta pernapasan menghasilkan gerakan renang gaya bebas. 8. Etika di kolam renang dimaksudkan untuk menjaga kebiasaan tata krama yang dipandang sopan. Selain itu, etika juga untuk menjaga keselamatan, kebersihan dan kenyamanan. Terima Kasih Tuhan Engkau telah memberi kami kesehatan dan keahlian. Kami pun dapat berenang bagaikan ikan berenang bebas di alam. Terima Kasih Tuhan Asyiknya Berolahraga Kelas 4 SDMI 128 Bagaimana teman? Asyik kan berolahraga. Nah, sekarang saatnya menguji kemampuanmu. • Guru mengadakan uji kompetensi siswa. • Guru meminta siswa menuliskan jawaban soal-soal di buku latihan. Petunjuk Guru Ayo, Uji Kemampuanmu

Baca juga:  Perbedaan Waktu Indonesia Dan United Kingdom

A. Silakan pilih jawaban yang paling tepat.

1. Untuk memperlancar gerakan awal renang kamu menggunakan . . . . a. gerakan menendang-nendang b. gerakan mendayung c. gerakan meluncur d. gerakan selonjor 2. Ketika akan berhenti meluncur, kedua tangan meraih pinggiran kolam. Kedua lutut ditarik menuju . . . . a. tangan b. perut c. punggung d. dada 3. Gerakan tungkai dalam renang gaya bebas adalah . . . . a. naik dan turun b. berputar-putar c. kesamping-samping d berputar naik turun 4. Gerakan kedua tungkai dalam renang gaya bebas berpangkal dari . . . . a. telapak kaki b. tungkai bawah c. lengan atas d. paha atas 129 Bab 10 – Renang Gaya Bebas 5. Gerakan lengan dalam gaya bebas memutar dari belakang ke depan lewat . . . . a. atas b. tengah c. bawah d. samping 6. Pada latihan gerakan lengan dapat dilakukan sambil . . . di air. a. duduk b. berjalan c. berlari d. melompat 7. Bernapas dalam renang gaya bebas dilakukan dengan . . . . a. menghirup udara melalui mulut dan menghembuskannya melalui hidung b. menghirup udara melalui hidung dan menghembuskannya melalui hidung c. menghirup udara melalui hidung dan menghembuskannya melalui mulut d. menghirup udara melalui mulut dan menghembuskannya melalui hidung ataupun mulut 8. Pada saat lengan kanan selesai mendayung, kepala miring sedikit ke . . . . Mulut segera menghirup udara. a. kanan b. kiri c. depan d. belakang 9. Kombinasi dari latihan gerakan tungkai dan lengan serta pernapasan gaya bebas menghasilkan . . . . a. gerakan renang gaya bebas b. gerakan renang gaya dada c. gerakan bebas d. gerakan dada 10.Selama di kolam renang sebaiknya kamu . . . . a. makan dan minum b. bercanda ria c. membawa barang berharga d. mematuhi tata tertib yang diberlakukan Asyiknya Berolahraga Kelas 4 SDMI 130

B. Silakan isi titi-titik di bawah ini dengan jawaban yang tersedia.

Dimana pun berada sudah pasti ada etika dan aturan yang harus dipatuhi, termasuk etika dalam berenang. Hal seperti sopan santun, keselamatan diri, dan kebersihan lingkungan juga harus Anda perhatikan.

Semua pengunjung harus mematuhi ketiga hal tersebut untuk kenyamanan dan keselamatan bersama. Jika semuanya mematuhi aturan dan berhati-hati maka akan selamat.

Kolam renang adalah tempat yang digunakan untuk umum bukan untuk kepentingan pribadi tapi untuk banyak orang.

Oleh karena itu, para pengunjung tidak boleh bersikap seenaknya tanpa mematuhi aturan, tata tertib, dan etika dalam berenang yang berlaku. Kunci utamanya adalah menjaga keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain.

12 Etika dalam Berenang di Kolam Umum

Berikut ini adalah etika dalam berenang yang harus Anda patuhi. Berikutnya mari kita ulas lengkap tentang 12 poin penting terkait etika dalam berenang.

Etika dalam berenang yang pertama.

1. Walaupun berada di kolam renang, sopan santun dalam berpakaian tetap diperhatikan.

Etika dalam berenang

Sopan santun sudah menjadi budaya di negara , berbeda dengan kebudayaan Barat yang terkenal cukup bebas, termasuk dalam hal pakaian.

Walaupun Anda sedang berada di lingkungan kolam renang, kesopanan dalam berpakaian untuk pria dan wanita harus diperhatikan. Hal ini berpengaruh untuk kenyamanan bersama apalagi itu termasuk tempat umum. Bagi para wanita, gunakan pakaian renang yang layak seperti baju renang pada umumnya.

Baca juga:  Cerita Kampung Halaman Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya

Hindari berpakaian terlalu terbuka seperti bikini karena di kebudayaan  pakaian seperti itu tidak pantas dipakai di tempat umum.

Untuk laki-laki bisa kenakan baju renang untuk laki-laki atau celana khusus renang saja. Jangan hanya menggunakan dalaman khusus pria karena akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengunjung wanita.

Kemudian etika dalam berenang yang ke dua ..

2. Jangan makan dan minum saat berada di kolam renang

Judulnya memang liburan atau rekreasi di kolam renang, tetapi jangan makan dan minum seenaknya di kolam renang. Karena bisa menyebabkan makanan atau minuman Anda tumpah dan bercampur dengan air kolam.

Hal ini tidak boleh dilakukan karena sangat mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya apabila kolam renang kotor. Apabila Anda lapar atau haus, silahkan makan dan minum di pinggir kolam renang atau kursi santai dan tenda yang sudah disediakan pengelola.

Selain itu makanan dan minuman yang tumpah juga menyebabkan jalan menjadi licin sehingga berbahaya bagi pengunjung yang sedang berjalan. Selalu jaga keselamatan bersama di kolam renang.

3. Kalau ingin membersihkan badan seperti mandi, gunakan kamar mandi yang disediakan oleh pengelola.

Ada beberapa dari pengunjung yang kurang paham mengenai etika dalam berenang. Tidak diperbolehkan untuk Anda yang ingin berbilas mandi setelah berenang di dalam kolam renang.

Karena sisa busa dari sabun dan shampoo apabila bercampur dengan air kolam renang akan menjadi limbah. Kalau air kolam renang sudah tercemar oleh sisa busa sabun dan shampo maka akan membuat mata terasa perih dan mengganggu pengunjung lain. Demikian etika dalam berenang yang ke tiga.

4. Tidak mengganggu pengunjung lain yang sedang berenang

Namanya tempat umum sudah pasti akan ramai oleh pengunjung, tidak terkecuali kolam renang. Kolam renang selalu menjadi destinasi favorit keluarga saat akhir pekan atau liburan panjang. Padatnya pengunjung membuat suasana kolam renang menjadi sangat tidak kondusif.

Oleh sebab itu, para pengunjung secara inisiatif harus bisa menjaga kenyamanan antar sesama dengan cara tidak iseng atau jahil kepada pengunjung yang lain.

Selain karena menimbulkan ketidaknyamanan, hal ini juga bisa menimbulkan ketidakselamatan. Misalnya Anda secara sengaja mengagetkan atau mendorong pengunjung lain ke kolam renang.

Hal ini sangat tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan cedera atau trauma bagi orang lain. Berikutnya, etika dalam berenang yang ke lima yaitu:

5. Saat di kolam renang jangan melakukan hal untuk kepentingan pribadi

Etika dalam berenang selain masalah sopan santun juga ada tata tertib yang harus dilakukan. Seperti untuk tidak menggunakan kolam renang untuk kepentingan pribadi yang tidak ada hubungannya dengan renang.

Karena selain fungsinya. Anda pasti bisa membedakan dimana tempat untuk keperluan pribadi dan dimana tempat untuk keperluan umum. Ayo sesama pengunjung jagalah kenyamanan dan keamanan untuk kepentingan bersama.

6. Jangan buang air kecil di kolam renang

Ketika  masuk ke kolam renang, keinginan untuk buang air kecil memang sering muncul. Yang jadi masalah adalah Anda sudah terlalu asik di kolam renang dan akhirnya malas untuk keluar mencari toilet.

Akhirnya, buang air kecil di kolam renang menjadi solusi yang praktis. Padahal apabila Anda membuang air kecil di kolam renang, kotorannya akan balik lagi mengenai Anda.

Baca juga:  Jelaskan Peranan Pasar Bagi Sumber Daya Manusia

Air yang sudah terkontaminasi dengan air seni menjadikan air tidak layak untuk dipakai berenang. Karena bisa menyebabkan badan gatal-gatal dan menimbulkan bau tidak sedap.

Oleh karena itu, jaga kebersihan kolam renang untuk kepentingan bersama. Jangan sampai setelah berenang bukan senang yang didapat melainkan penyakit.

7. Tidak membuang sampah di kolam renang

Etika dalam berenang yang satu ini memang masih sulit diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya sepertinya sudah menjadi kebiasaan sejak dulu yang sulit diubah.

Lokasi tempat sampah yang jauh atau kurangnya tempat sampah di lokasi menjadi alasan paling umum bagi para pengunjung. Padahal sampah yang berceceran di kolam renang menyebabkan kolam renang menjadi kotor dan permukaan jalanan di seran kolam renang menjadi licin.

Para pengelola sepertinya harus mewanti-wanti para pengunjung untuk hal ini, kalau bisa terapkan sistem denda bagi pengunjung yang melanggar. Karena kalau sampai terjadi pengunjung ada yang terpeleset karena licinnya lantai oleh sampah bisa berakibat fatal bagi si korban.

8. Tidak mencuci apapun di kolam renang

Jika Anda ingin mencuci sesuatu seperti pakaian bekas renang atau peralatan sisa makan dan minum bisa Anda bersihkan di kamar mandi.

Karena busa akibat sisa cucian Anda sangat membuat air kolam renang tercemar dan tidak layak dipakai lagi. Hal ini merugikan pihak pengelola karena harus rajin membersihkan dan mencuci kolam renang lebih rutin dari biasanya.

9. Patuhi semua tata tertib yang berlaku

Setiap tempat pasti mempunyai tata tertib dan tata tertib dibuat untuk dipatuhi bukan untuk dilanggar. Para pengunjung sudah seharusnya mematuhi tata tertib yang berlaku. Tujuan dibuatnya tata tertib sudah pasti untuk kenyamanan dan keamanan bersama.

10. Jaga fasilitas dan wahana di kolam renang

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola juga termasuk kebutuhan umum bukan oribadi. Oleh karena itu, setiap pengunjung secara sadar harus menjaga kelayakan fasilitas dan wahana di kolam renang. Jangan dengan sengaja merusak atau ceroboh dalam menggunakan fasilitas di kolam renang.

11. Jangan berenang apabila Anda sakit

Ada kalanya ketika Anda merasa kurang sehat dan Anda merasa perlu berolahraga tetapi Anda memilih berenang. Jadi masalah apabila Anda berenang saat Anda menderita sakit yang menular seperti penyakit kulit, atau penyakit yang membahayakan.

Seperti yang  tahu, air sangat mudah sekali untuk menyebar penyakit. Sehingga Anda juga harus memperhatikan kesehatan, apabila ingin berolahraga pilih olahraga yang tidak melalui media air. Etika dalam berenang yang terakhir ..

12. Simpan barang-barang Anda di tempat yang disediakan

Etika dalam berenang yang terakhir adalah selalu jaga dan simpan barang bawaan Anda di tempat yang disediakan. Apabila Anda berenang sendirian tentu saja tidak akan ada yang menjaga barang bawaan Anda.

Pihak pengelola biasanya selalu meyediakan loker untuk menaruh barang-barang Anda agar tetap aman. Biasanya loker disediakan gratis bagi pengunjung.

Dalam melakukan suatu olahraga contohnya berenang terdapat aturan yang harus dipatuhi. Etika dalam berenang harus diterapkan di dalam kolam renang.

Jaga kebersihan, kenyamanan, dan keamanan bersama. Jika Anda mengajak anak berenang, maka jagalah. Selalu perhatikan langkah Anda, jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti terpeleset. Semoga bermanfaat!

Editted: 01/07/2021 by IDNarmadi.

Salah Satu Etika Saat Latihan Renang Adalah

Sumber: https://belajardenganbaik.com/salah-satu-etika-ketika-berada-di-kolam-renang-adalah