Cara Meningkatkan CPM YouTube Anti Ribet

YouTube merupakan salah satu platform yang bisa menghasilkan uang. Namun, hal tersebut tentunya tidak mudah dan harus melewati banyak proses. Salah satu cara untuk menambah penghasilan dari YouTube adalah dengan meningkatkan CPM. Adapun cara meningkatkan CPM YouTube yang dapat digunakan referensi bagi pemilik channel. Syarat YouTube bisa menghasilkan uang adalah channel yang sudah ter-monetisasi.

Cara Meningkatkan CPM YouTube Anti Ribet

Jika sudah termonetisasi, pengguna tinggal mengupayakan channel-nya agar semakin berkembang. Salah satunya dengan meningkatkan CPM. Apa sebenarnya CPM itu? CPM berasal dari cost per mil adalah biaya iklan yang dibayarkan ke tayangan YouTube per 1000 tayangan. Semakin tinggi CPM, semakin tinggi penghasilan. Berikut ini merupakan langkah meningkatkan CPM, yaitu:

1. Melakukan Pemblokiran Terhadap Iklan CPM kecil

Langkah pertama yang bisa untuk meningkatkan CPM adalah dengan memblokir iklan yang mempunyai CPM kecil. Upayakan memblokir iklan yang mempunyai CPM kurang dari satu dollar. Cara memblokir pun cukup mudah, tinggal mengaktifkan tombol “Blokir” pada iklan di adsence yang ber CPM kecil.

2. Mengoptimalkan Kata Kunci dan Tag pada Video

Cara meningkatkan CPM YouTube kedua adalah dengan mengoptimalkan kata kunci maupun tag. Pengguna harus melakukan penelitian atau riset terlebih dahulu kata kunci apa saja yang sering dicari pengguna. Biasanya pencarian kata kunci yang tinggi akan berpeluang meningkatkan CPM di YouTube. Pengguna YouTube harus pintar-pintar dalam membuat kata kunci.

3. Membuat Video Menarik dengan Kualitas yang Tinggi

Step ini merupakan langkah yang sangat penting dalam meningkatkan CPM di YouTube. Konten yang menarik akan menambah penonton dan channel YouTube akan semakin terkenal. Channel YouTube yang semakin terkenal akan menambah subscriber dan tentunya akan banyak yang menonton. Semakin banyak yang menonton, berarti semakin banyak iklan yang dilihat.

Hal ini merupakan suatu berkah bagi pemilik channel  YouTube karena jumlah penonton akan berpengaruh pada CPM. Namun, perlu diingat bahwa konten yang menarik juga harus yang bermanfaat atau ada unsur edukasi. Sangat disayangkan jika konten YouTube cukup menarik tetapi tidak bermanfaat apalagi merugikan orang lain. Sebaiknya hal itu dihindari.

4. Mengupload Video dengan Teratur

Mengunggah video secara teratur dapat membuat CPM meningkat. Pemilik channel yang sudah memiliki jadwal rutin upload akan mempunyai penonton setia. Apalagi kontennya menarik dan berkualitas. Penonton akan secara rutin menonton video yang telah diupload. Jika pemilik channel konsisten, maka akan semakin banyak penonton yang melihat dan mengklik iklan yang muncul dalam video.

5. Menghindari Terjadinya Copyright Strike

Dalam YouTube terdapat berbagai aturan yang harus diperhatikan oleh pembuat konten. Aturan-aturan tersebut diantaranya mengenai musik, gambar, logo, gambar yang dipakai dan lain sebagainya. Jika terbukti copyright maka pemilik konten tidak akan mendapatkan penghasilan sesuai harapan. Oleh karena itu, hindari pelanggaran hak cipta.

6. Memaksimalkan Judul Pada Video

Langkah ini mirip seperti langkah nomor dua. Bedanya, kali ini yang dimaksimalkan adalah pada judul. Judul sebuah konten sangat perlu dibuat menarik. Pasalnya, sebelum menonton, penonton akan melihat terlebih dahulu judulnya. Jika menarik maka pengguna tidak segan untuk mengklik video tersebut.

Itulah enam cara meningkatkan CPM YouTube yang bisa digunakan referensi bagi pemilik channel yang sudah ter-monetisasi. Sebenarnya masih terdapat cara lain untuk meningkatkan CPM. Namun, enam langkah di atas adalah cara yang paling berpengaruh  dalam menambah CPM. Tapi kontennya harus tetap edukatif dan tidak merugikan orang lain.

https://www.duwus.com/wp-content/uploads/2021/09/26.-cara-meningkatkan-cpm-youtube.png

 

Artikel Terkait