aplikasi, aplikasi edit video, aplikasi edit foto, aplikasi penghasil uang, aplikasi bpjs ketenagakerjaan, aplikasi jaki, aplikasi edit video di laptop, aplikasi bpjs kesehatan, aplikasi pinjaman online, aplikasi awal bros, aplikasi adalah, aplikasi akuntansi, aplikasi absensi online,aplikasi arisan, aplikasi accounting, aplikasi awal bros batam, aplikasi admin slot, aplikasi belajar bahasa inggris, aplikasi baca novel gratis, aplikasi buat paspor, aplikasi bibit, aplikasi bobol wifi, aplikasi belanja online, aplikasi cek bansos, aplikasi cari jodoh, aplikasi cek pajak kendaraan, aplikasi capcut, aplikasi canva, aplikasi chat, aplikasi cari teman sekitar, aplikasi cek suhu tubuh, aplikasi desain rumah, aplikasi disdukcapil, aplikasi download video, aplikasi download video youtube, aplikasi dana, aplikasi download youtube, aplikasi desain baju, aplikasi daftar paspor online batam, aplikasi edit video di hp, aplikasi edit pdf, aplikasi edit foto terbaik, aplikasi edit background foto, aplikasi edit video terbaik, aplikasi foto, aplikasi freelance, aplikasi facebook, aplikasi foto jadi kartun,aplikasi flip, aplikasi foto bergerak, aplikasi film gratis, aplikasi foto di laptop,aplikasi gambar, aplikasi ganti background foto, aplikasi get contact, aplikasi gambar di ipad, aplikasi gambar denah rumah, aplikasi gojek, aplikasi gabung foto, aplikasi google, aplikasi halo awal bros, aplikasi hijau, aplikasi hotel, aplikasi hapus background, aplikasi hitung kalori, aplikasi hd foto, aplikasi hacker, aplikasi hotel murah

Kenapa Petir Menyambar Tempat Yang Tinggi

Kenapa Petir Menyambar Tempat Yang Tinggi



KOMPAS.com




– Sebuah video yang membordir kejadian saat petir menyambar sendiri satpam yang paruh bernas di bawah guyuran hujan, viral di media sosial.


Satpam itu ambruk seketika.


Tahukah Anda, petir bisa menyambar apa saja dan ada risiko bagi mereka yang tersambar petir.



Baca juga:



Viral Video Satpam Tersambar Petir Saat Bekerja hingga Tergeletak, Akhirnya Selamat



Mengapa petir bisa menyambar benda maupun target-objek tertentu yang ada di meres Bumi?

Bagaimana prosesnya?



Ahli petir dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Ir.

Syarif Hidayat, MT, Ph.D, menjelaskan,
detik petir terjadi, cak semau beban listrik, muatan negatif, yang mengalir mendekat ke arah Marcapada.


Kemudian, objek-sasaran yang cak semau di meres mayapada akan memberikan reaksi dengan bahara positif, atau beban yang sifatnya berkebalikan dengan nan dibawa petir.


Gerakan yang dimaksud aktual loncatan yang berlantas secara zig zag dan acak. Gerakan ini disebut biang kerok petir.


“Acak, loncatnya itu di antara




pocket




ataupun kantong-saku di atmosfer antara gegana dengan Dunia,” kata Syarif, saat dihubungiKompas.com, Selasa (28/12/2021).


Segara atau kecilnya petir nan terjadi ditentukan besar-kecilnya muatan kantong di bentangan langit yang dihinggapi.


Jika pikulan besar, maka akan menjadi petir besar. Demikian pun sebaliknya. Jika muatanmya kerdil, maka akan mewujud menjadi petir mungil.


“Kalau (petir) yang besar karuan pecah jauh sudah terdeteksi dari permukaan Dunia, lihat dulu pecah jauh. Petir raksasa itu membuat seluruh permukaannya jadi terang. Petir katai tidak,” ujar Syarif.



Baca juga: Video Viral Pria Tersambar Petir, Perhatikan Ini kerjakan Terhindar dari Sambaran Petir


Syarif menyebutkan, setiap objek di bidang Bumi akan memberikan reaksi terhadap unggulan petir, tersangkut bermula jarak vertikal dan horizontalnya.

Baca juga:  Bunga Saffron Terbaik Dari Negara Mana


“Di permukaan Bumi, setiap target yang berbentuk jirus (terwalak perbandingan panjang dan lebar) seperti tiang, tanaman, pucuk rumput, itu semua memberi sambutan ke atas, ke arah pencetus tadi,” prolog Syarif.


Kaprikornus, sebenarnya, semua objek berbentuk tirus nan terserah di permukaan Manjapada bisa menjadi penyambut petir.


Objek kena sambar petir


Di antara semua bahan itu, ada objek-objek yang disebut sebagai objek kena sambar petir.


“Yang disebut incaran yang kena sambar petir adalah, yang penyambutnya berpunca latar Dunia berlawan paling duluan dengan pelopor bersumber atas,” ucap Syarif.


Objek itu tidak harus target nan punya ukuran minimal tinggi atau paling besar. Objek dengan posisi adv minim pun dapat menjadi objek kena tangkap petir.


Jika nomine petirnya besar, maka alamat-alamat nan osean akan menyerang terlebih lewat.


Farik jika calon petir atau pelopornya kecil.


“Kalau calon petirnya kecil, dapat bintang sartan tidak terdeteksi oleh nan tinggi, karena jaraknya cukup jauh dari reaksi yang bisa diberikan. Sampai si pelopor itu sudah hampir betul ke meres Marcapada,” papar Syarif.


Enggak adanya respons dari objek yang tahapan membuat pelopor petir bertelur lebih sanding ke permukaan Manjapada dan bertemu dengan mangsa-bahan nan ada di sana.


“Dalam istilah penjagaan petir, petir ini lolos dari proteksinya alias istilahnya




shielding failure,



“ujar dia.


Dengan demikian,
bulan-bulanan-bahan yang bertambah rendah mempunyai potensi lebih besar cak bagi terkena gejolak petir kecil dibandingkan dengan incaran nan kian tinggi.


“Jikalau nomine petirnya besar, sejak jauh sudah lalu terlihat oleh objek ki akbar, disergap dia. Petirnya kecil, objeknya tinggi, kalau terlalu jauh jaraknya bikin membantut, menyergap, menyambut, disambut oleh penyambut nan relatif lebih kecil ke parasan bumi yang lebih invalid,” jelas Syarif.

Baca juga:  Apakah Yang Dimaksud Dengan Negara Agraris


KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Infografik: Tips Terhindar berasal Jilatan Petir

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Marilah bergabung di Grup Dawai “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://falak.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install permohonan Kawat lebih-lebih dulu di ponsel.

Kenapa Petir Menyambar Tempat Yang Tinggi

Source: https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/28/131219665/bagaimana-petir-bisa-menyambar-objek-di-permukaan-bumi?page=all