aplikasi, aplikasi edit video, aplikasi edit foto, aplikasi penghasil uang, aplikasi bpjs ketenagakerjaan, aplikasi jaki, aplikasi edit video di laptop, aplikasi bpjs kesehatan, aplikasi pinjaman online, aplikasi awal bros, aplikasi adalah, aplikasi akuntansi, aplikasi absensi online,aplikasi arisan, aplikasi accounting, aplikasi awal bros batam, aplikasi admin slot, aplikasi belajar bahasa inggris, aplikasi baca novel gratis, aplikasi buat paspor, aplikasi bibit, aplikasi bobol wifi, aplikasi belanja online, aplikasi cek bansos, aplikasi cari jodoh, aplikasi cek pajak kendaraan, aplikasi capcut, aplikasi canva, aplikasi chat, aplikasi cari teman sekitar, aplikasi cek suhu tubuh, aplikasi desain rumah, aplikasi disdukcapil, aplikasi download video, aplikasi download video youtube, aplikasi dana, aplikasi download youtube, aplikasi desain baju, aplikasi daftar paspor online batam, aplikasi edit video di hp, aplikasi edit pdf, aplikasi edit foto terbaik, aplikasi edit background foto, aplikasi edit video terbaik, aplikasi foto, aplikasi freelance, aplikasi facebook, aplikasi foto jadi kartun,aplikasi flip, aplikasi foto bergerak, aplikasi film gratis, aplikasi foto di laptop,aplikasi gambar, aplikasi ganti background foto, aplikasi get contact, aplikasi gambar di ipad, aplikasi gambar denah rumah, aplikasi gojek, aplikasi gabung foto, aplikasi google, aplikasi halo awal bros, aplikasi hijau, aplikasi hotel, aplikasi hapus background, aplikasi hitung kalori, aplikasi hd foto, aplikasi hacker, aplikasi hotel murah

Sistem Reproduksi Pada Tumbuhan Dan Hewan

Sistem Reproduksi Pada Tumbuhan Dan Hewan

Energi

Transmutasi energi. Kilat mengubah 500 megajoule energi potensial setrum menjadi energi cahaya, energi bunyi, dan energi panas.

Simbol awam E
Satuan SI joule
Satuan lainnya erg, kalori, kkal, BTU, kW⋅h, eV
Dalam asongan pokok SI J = kg m2
s−2
Dimensi SI M
L
2
Kaki langit
−2

Kerumahtanggaan fisika,
energi
maupun disebut pun
tenaga
yakni milik fisika dari suatu korban, boleh berpindah melalui interaksi fundamental, nan dapat diubah bentuknya doang bukan dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Joule adalah rincih SI bakal energi, diambil dari besaran nan diberikan pada suatu alamat (melalui kerja operator) dengan memindahkannya sepanjang 1 meter dengan gaya 1 newton.[1]

Kerja dan panas ialah 2 eksemplar proses atau mekanisme yang dapat memindahkan sejumlah energi. Syariat kedua termodinamika membatasi jumlah kerja nan didapat melintasi proses pemanasan-beberapa di antaranya akan hilang perumpamaan panas terbuang. Besaran maksimum yang dapat digunakan kerjakan kerja disebut energi tersedia. Sistem seperti mesin dan benda hidup membutuhkan energi terhidang, tidak hanya sembarang energi. Energi mekanik dan bentuk-bentuk energi lainnya dapat berpindah sedarun ke buram energi menggiurkan tanpa batasan tertentu.

Cak semau beraneka macam tipe bentuk-rajah energi, tetapi semua tipe energi ini harus menunaikan janji berbagai kondisi seperti dapat diubah ke bentuk energi lainnya, mematuhi hukum konservasi energi, dan menyebabkan perubahan lega benda bermassa nan dikenai energi tersebut. Bentuk energi nan awam di antaranya energi kinetik dari benda bersirkulasi, energi radiasi mulai sejak kirana dan radiasi elektromagnetik, energi potensial yang tersimpan dalam sebuah benda karena posisinya seperti mana medan gravitasi, medan listrik atau tempat magnet, dan energi panas yang terdiri terbit energi potensial dan kinetik mikroskopik dari manuver-gerakan partikel tak beraturan. Beberapa bentuk spesifik dari energi potensial yaitu energi variabel yang disebabkan berpangkal pemanjangan atau deformasi benda padat dan energi kimia seperti pelepasan seksi detik sasaran bakar terbakar. Setiap benda yang punya massa detik diam, punya komposit diam maupun sebagai halnya energi sengap, meski tak dijelaskan kerumahtanggaan fenomena sehari-masa di fisika klasik.

Menurut rasio massa-energi, semua rajah energi membutuhkan massa. Contohnya, menambahkan 25 kilowatt-jam (90 megajoule) energi pada objek akan meningkatkan massanya sebanyak 1 mikrogram; jika ada timbangan yang sedemikan temperamental maka penambahan massa ini bisa kelihatan. Rawi menyangkal energi potensial nuklir menjadi tulang beragangan energi lainnya; total massanya akan berubah ketika energi terlepas ke sekelilingnya terutama internal bentuk energi radiasi.

Biarpun energi bisa berubah bentuk, semata-mata hukum kekekalan energi menyatakan bahwa jumlah energi pada sebuah sistem doang berubah jika energi berpindah ikut atau keluar dari sistem. Situasi ini berguna enggak boleh jadi menciptakan maupun memusnahkan energi. Total energi dari sebuah sistem dapat dihitung dengan menambahkan semua rancangan energi dalam sistem tersebut. Sempurna perpindahan dan transformasi energi adalah pembangkitan setrum, reaksi kimia, atau memanjatkan benda.

Organisme hidup juga membutuhkan energi tersuguh lakukan teguh hidup; manusia misalnya, membutuhkan energi berbunga makanan beserta oksigen untuk memetabolismenya. Peradaban membutuhkan pasokan energi bagi berbagai macam kegiatan; sumber energi seperti bahan bakar fosil merupakan topik penting privat ekonomi dan politik. Iklim dan ekosistem bumi juga dijalankan makanya energi radiasi yang didapat dari surya (juga energi geotermal yang didapat dari internal bumi.

Bentuk-bentuk energi
Variasi energi Deskripsi
Kinetik (≥0), energi akibat gerak dari suatu objek
Potensial Energi potensial terdiri berbunga banyak bentuk
Mekanik Jumlah energi kinetik dan potensial
Gelombang listrik mekanik (≥0), bentuk energi insinyur akibat gerak osilasi suatu benda
Kimia energi yang terkandung kerumahtanggaan paduan kimia
Listrik energi akibat wadah listrik
Magnet energi akibat palagan magnet
Radiasi (≥0), energi akibat radiasi elektromagnetik tertera cahaya
Nuklir energi akibat nukleon berikatan membentuk nukleus atom
Ionisasi energi akibat perantaraan elektron ke atom atau atom
Elastik energi akibat deformasi material
Gravitasi energi akibat medan gravitasi
Tutup mulut (≥0) setara dengan konglomerat diam
Termal Energi dalam suatu sistem yang dipengaruhi suhu
Seksi Sejumlah energi termal yang berpindah (dari proses) ke arah suhu yang makin kurang
Kerja teknikus beberapa energi nan berpindah (terbit proses) akibat perpindahan pada sebelah mode

Sejarah

[sunting
|
sunting sumber]

Thomas Young – anak adam pertama yang mengemukakan istilah “energi” internal pandangan modern.

Pengenalan
energi
berasal dari bahasa Yunani Bersejarah:
ἐνέργεια,

translit.



energeia

,
har.‘aktivitas, operasi’,[2]
nan probabilitas muncul purwa mungkin dalam karya Aristoteles sreg abad ke-4 SM. Padanan dengan definisi modern, energeia adalah konsep filosofis kualitatif yang sangat luas.

Lega intiha abad ke-17, Gottfried Leibniz mengusulkan ide bahasa Latin:

vis viva
, alias tendensi hidup, nan didefinisikan sebagai pergandaan antara komposit objek dengan kuadrat kecepatannya; engkau percaya bahwa besaran
vis viva
adalah kekal. Untuk memerinci perlambatan akibat percekcokan/rabaan, Leibniz takhlik teori bahwa energi termal terdiri dari gerak rawak berpangkal bagian pembentuk zat, meski lega kesannya hal ini membutuhkan waktu lebih berusul suatu abad untuk dituruti secara awam. Analogi berbudaya dari kuantitas ini (energi gerak) hanya berbeda puas faktor pengali sepiak.

Pada tahun 1807, Thomas Young kemungkinan adalah basyar purwa nan memperalat istilah “energi” ketimbang
vis viva.[3]
Gustave-Gaspard Coriolis menjelaskan “energi gerak” plong tahun 1829, dan William Rankine menganjurkan istilah “energi potensial” tahun 1853. Hukum kekekalan energi juga pertama kali dipostulatkan lega awal abad ke-19, dan bermain plong semua sistem terisolasi. Pernah dipertentangkan apakah panas adalah khasanah fisika atau bukan, ataupun hanyalah besaran fisika seperti momentum. Pada masa 1845 James Prescott Joule menemukan hubungan antara kerja mekanik dengan munculnya panas.

Pengembangan ini memunculkan teori kekekalan energi, dirumuskan seremonial oleh William Thomson (Lord Kelvin) n domestik termodinamika. Termodinamika mengasihkan penjelasan bagi peluasan proses-proses kimia oleh Rudolf Clausius, Josiah Willard Gibbs, dan Walther Nernst. Clausius sekali lagi mengedepankan konsep entropi dan Jožef Stefan mengenalkan hukum energi radiasi. Menurut teorema Noether, hukum kekekalan energi adalah akibat daripada hukum fisika tidak berubah terhadap waktu.[4]

Satuan

[sunting
|
sunting sumur]

Si dan ketengan berhubungan

[sunting
|
sunting mata air]

Energi dinyatakan dalam satu joule (J).[5]
Pengusahaan satuan ini dinamakan untuk mengagungkan jasa berpangkal James Prescott Joule atas percobaannya dalam pertepatan teknisi panas. Dalam istilah yang lebih mendasar 1 joule ekuivalen dengan 1 newton-meter dan, dalam istilah runcitruncit sosi SI, 1 J sama dengan 1 kg m2 s−2.

Pemakaian dalam sains

[sunting
|
sunting sumber]

Mekanika klasik

[sunting
|
sunting perigi]

Intern mekanika klasik, energi nan kepunyaan nan berguna secara konsep dan matematis. Beberapa formulasi mekanika telah dikembangkan menggunakan energi misal konsep utama.

Kerja, sebuah bentuk energi, yakni tren dikali jarak.





W
=





C



F





d


s



{\displaystyle W=\int _{C}\mathbf {F} \cdot \mathrm {d} \mathbf {s} }



Disini dikatakan bahwa kerja (




W


{\displaystyle W}



) seperti mana terstruktur garis bermula gaya
F
sepanjang lintasan
C; buat makin detailnya lihat pada artikel kerja mekanik. Kerja dan energi adalah tergantung bentuk.

Besaran energi kerumahtanggaan sistem terkadang disebut Hamiltonian, diambil dari nama William Rowan Hamilton. Persamaan gerak klasik bisa ditulis dalam bentuk Hamiltonian, cak agar buat sistem yang dahulu kompleks dan khayali. Pertepatan klasik ini n kepunyaan analogi langsungnya intern mekanika kuantum nonrelativistik.[6]

Konsep lain berkaitan dengan energi disebut sebagai Lagrangian, diambil dari tanda Joseph-Louis Lagrange. Formulasi ini sama pentingnya dengan Hamiltonian, dan keduanya dapat digunakan bikin menempatkan maupun diturunkan dari persamaan gerak. Konsep ini ditemukan dalam konteks mekanika klasik, sahaja bermanfaat secara umum untuk fisika beradab. Konsep Lagrangian didefinisikan seumpama energi kinetik
cacat
energi potensial. Umumnya, konsep Lagrange secara matematis lebih mudah digunakan daripada Hamiltonian untuk sistem non-konservatif (seperti sistem dengan tren gesek).

Biologi

[sunting
|
sunting sumber]

Intern bidang biologi, energi berperan plong seluruh tingkat sistem biologis, berusul biosfer mengaras makhluk hidup terkecil.

Biosfer yaitu bagian ataupun lapisan berpunca mayapada di mana terwalak atma. Cakupan biosfer yaitu mulai berasal sistem akar minimum dalam pokok kayu-pohon nan ada di mayapada ke ekosistem bersuasana liar di palung terdalam yang ada di samudra, hutan hutan yang intern dan puncak dolok-giri janjang.[7]
Pergerakan energi terjadi di biosfer. Energi yang masuk ke biosfer semenjak dari matahari. Terserah banyak spesies energi yang dipancarkan matahari, namun nan diterima oleh bumi yaitu sebagian kecil energi tersebut. Energi yang berasal dari matahari yang biasa digunakan maka dari itu makhluk atma merupakan energi panas dan cahaya. Energi panas penting buat manjapada agar tetap menjadi biosfer seperti mana energi panas bisa mempertahankan suhu bumi agar optimal bagi spirit. Binar diperlukan agar individu hidup dapat melihat. Selain itu, cahaya pun dimanfaatkan oleh pohon bagi membuat sakarosa dan bibit misal nutrisi bagi makhluk hidup lainnya.[8]

Sreg individu hidup, energi berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel atau organel berpokok suatu organisme. Sreg dasarnya, setiap aktivitas nan dilakukan oleh orang nasib memerlukan energi. Proses campuran zarah, penguraian molekul, serta pemindahan atom dari satu gelanggang ke tempat lain juga memerlukan energi.[9]

Hijrah

[sunting
|
sunting sumber]

Kerja

[sunting
|
sunting sendang]

Kerja
didefinisikan umpama “teratur sempadan” kecondongan F selama s:





W
=




F





d


s



{\displaystyle W=\int \mathbf {F} \cdot \mathrm {d} \mathbf {s} }



Persamaan di atas mengatakan bahwa kerja (




W


{\displaystyle W}



) sama dengan terkonsolidasi dari perkalian dot antara tendensi (





F



{\displaystyle \mathbf {F} }



) yang bekerja benda dan posisi benda mendekati hampa (





s



{\displaystyle \mathbf {s} }



).

Jenis

[sunting
|
sunting sumber]

Energi kinetik

[sunting
|
sunting mata air]

Energi kinetik adalah bagian energi yang berhubungan dengan gerakan suatu benda.






E

k


=




v





d


p



{\displaystyle E_{k}=\int \mathbf {v} \cdot \mathrm {d} \mathbf {p} }



Persamaan di atas menyatakan bahwa energi kinetik (





E

k




{\displaystyle E_{k}}



) seperti mana teratur dari pergandaan dot kecepatan (





v



{\displaystyle \mathbf {v} }



) sebuah benda dan paksa benda mendekati nol (





p



{\displaystyle \mathbf {p} }



).

Energi potensial

[sunting
|
sunting sumur]

Bertentangan dengan energi kinetik, nan yakni energi dari sebuah sistem dikarenakan gerakannya, atau gerakan internal berasal partikelnya, energi potensial dari sebuah sistem adalah energi yang dihubungkan dengan konfigurasi ira dari komponen-komponennya dan interaksi mereka satu sama lain. Jumlah partikel nan membebaskan mode satu selevel lain secara faali menciptakan menjadikan sebuah sistem dengan energi potensial. Kecondongan-gaya tersebut, contohnya, boleh timbul dari interaksi elektrostatik (lihat hukum Coulomb), atau gravitasi.

Energi dalam

[sunting
|
sunting sumber]

Energi internal
adalah energi kinetik dihubungkan dengan kampanye zarah-zarah, dan energi potensial yang dihubungkan dengan getaran rotasi dan energi setrum bersumber partikel-unsur di dalam molekul. Energi intern seperti energi adalah sebuah maslahat keadaan yang dapat dihitung internal sebuah sistem.

Energi elektrik

[sunting
|
sunting sumber]

Energi listrik merupakan energi yang berkaitan dengan perhitungan persebaran elektron yang dinyatakan dalam satuan Watt-jam atau kiloWatt-jam. Perpindahan energi listrik terjadi dalam bentuk sirkuit elektron melalui konduktor jenis tertentu. Energi listrik boleh disimpan misal energi medan elektrostatik melintasi medan listrik yang dihasilkan maka dari itu terkumpulnya muatan elektron puas cadel-pelo kapasitor. Besaran energi medan listrik ditambah dengan energi medan elektromagnetik, setimbang dengan energi yang berkaitan dengan kancah magnet nan timbul akibat aliran elektron melalui kumparan induksi.[10]

Energi mekanik

[sunting
|
sunting sumber]

Rangka pergantian energi mekanik yaitu kerja. Energi mekanik tersimpan dalam kerangka energi potensial atau energi kinetik.[11]

Energi elektromagnetik

[sunting
|
sunting sendang]

Energi elektromagnetik ialah bentuk energi nan berkaitan dengan radiasi elektromagnetik. Energi radiasi dinyatakan dalam satuan elektron-Volt (eV) atau udara elektron-Volt (MeV). Radiasi elektromagnetik tak berkaitan dengan massa dan adalah lembaga energi masif. Apabila panjang gelombangnya semakin sumir dan frekuensinya semakin tahapan, maka energi transmisi semakin besar alias semakin energetik. Sumber radiasi ataupun tinggi gelombang radiasi elektromagnetik dibagi atas bilang papan bawah. Radiasi sinar gamma (y) merupakan jenis radiasi yang paling energetik mulai sejak energi elektromagnetik. Sinar X dihasilkan maka itu keluar orbitnya elektron. Radiasi termal merupakan radiasi elektromagnetik ketimbul akibat getaran atom. Kelompok energi elektromagnetik ini tercantum radiasi ultraviolet atau radiasi temperatur panjang, radiasi retas pandang dan kelompok radiasi temperatur cacat maupun sinar inframerah. Jenis radiasi elektromagnetik yang lainnya adalah radiasi gelombang listrik milimeter dan gelombang mikro yang digunakan lakukan radar serta
microwave-cookers.[12]

Energi kimia

[sunting
|
sunting sendang]

Energi kimia yakni hasil interaksi elektron antara dua ataupun lebih anasir/molekul yang mengalami pencampuran. Reaksi kimia ini menghasilkan senyawa ilmu pisah yang stabil. Energi ilmu pisah belaka boleh terjadi intern bentuk energi tersimpan. Bila energi dilepas dalam satu reaksi maka reaksinya disebut reaksi eksotermis. Satuan energi kimia dinyatakan dalam kiloJoule, runcitruncit panas Britania, atau kiloKalori. Bila energi dalam reaksi kimia terserap maka disebut dengan reaksi endotermis. Reaksi kimia eksotermis adalah sumber energi korban bakar yang lampau terdahulu untuk orang dalam proses pembakaran yang menyertakan oksidasi terbit bahan bakar fosil.[13]

Energi nuklir

[sunting
|
sunting sumber]

Energi nuklir merupakan energi dalam tulangtulangan tersimpan yang boleh dilepas. Pembentukan energi nuklir merupakan akibat dari interaksi elemen dengan atau kerumahtanggaan inti atom. Energi ini dilepas seumpama hasil aksi zarah-anasir untuk memperoleh kondisi yang lebih stabil. Satuan energi nuklir yakni miliun elektron reaksi. Peluruhan radioaktif, fisi dan senyawa terjadi selama reaksi nuklir berlangsung .[14]

Energi termal

[sunting
|
sunting sumur]

Energi termal adalah rajah energi dasar yang dapat dikonversi secara munjung menjadi energi panas. Pengubahan energi termal ke energi lain dibatasi maka dari itu Hukum Termodinamika Kedua. Bentuk transisi dari energi termal bisa lagi privat bentuk energi tersimpan sebagai kalor laten ataupun kalor sensibel yang aktual entalpi.[15]

Termodinamika

[sunting
|
sunting mata air]

Energi dalam

[sunting
|
sunting mata air]

Energi dalam yaitu jumlah dari semua elemen energi mikroskopik yang suka-suka pada sistem. Energi dalam merupakan energi yang dibutuhkan cak bagi menciptakan sistem. Energi dalam berhubungan dengan energi potensial, seperti struktur molekul, struktur batu belanda, gerak zarah, dan aspek geometri lain. Termodinamika berfokus pada perubahan energi dalam, tetapi bukan nilai absolutnya.[16]

Hukum pertama termodinamika

[sunting
|
sunting sumber]

Hukum permulaan termodinamika menyatakan bahwa energi
always conserved
[17]
dan distribusi seksi merupakan bentuk eksodus energi. Untuk sistem homogen, dengan suhu dan tekanan yang telah ditentukan, rumus penurunan berpunca hukum mula-mula, bahwa sistem nan saja bersandar berpunca gaya impitan dan perpindahan panas (misalnya silinder mumbung berisi gas), pertukaran diferensial energi n domestik sistem dirumuskan dengan






d

E
=
T

d

S



P

d

V



{\displaystyle \mathrm {d} E=T\mathrm {d} S-P\mathrm {d} V\,}



,

dengan suku purwa di sebelah kanan adalah merangsang yang dipindahkan ke intern sistem, dinyatakan privat master
T
dan entropi
S
(nilai entropi naik dan peralihan dS
bernilai substansial ketika sistem dipanaskan, dan suku terakhir di sebelah kanan ialah kerja yang dilakukan puas sistem, di mana impitan
P
dan tagihan
V
(cap merusak berasal berpangkal kompresi lega sistem nan membutuhkan kerja nan dilakukan pada sistem sehingga persilihan volume, dV, bernilai negatif saat kerja dilakukan puas sistem).

Persamaan ini silam spesifik, mengancaikan semua energi ilmu pisah, elektrik, nuklir maupun gravitasi. Rumus masyarakat hukum pertama termodinamika nilainya tetap meyakinkan meskipun pada situasi di mana sistem tidak homogen. Bakal kasus ini, perlintasan energi internal pada sistem
terpejam
dinyatakan dengan






d

E
=
δ


Q
+
δ


W


{\displaystyle \mathrm {d} E=\delta Q+\delta W}



dengan




δ


Q


{\displaystyle \delta Q}




adalah panas yang masuk intern sistem dan




δ


W


{\displaystyle \delta W}




adalah kerja yang dilakukan pada sistem.

Transformasi

[sunting
|
sunting sumber]

Metamorfosis energi atau konversi energi merupakan proses pengubahan energi dari satu bentuk energi ke suatu rangka energi yang lain atau berbeda.[18]
Mandu transformasi energi dimanfaatkan oleh manusia menjadi suatu sistem yang berkecukupan menghasilkan usaha.[19]
Setiap proses transformasi energi pasti mengalami kerugian.[20]
Setiap kerugian dalam transformasi energi dipengaruhi oleh lingkungan. Ini disebabkan oleh sifat alami energi nan cenderung dapat terseba ke mana-manar.[21]
Kegiatan konversi energi nan terencana terlazim memiliki beberapa prinsip umum. Validitas dari prinsipnya harus berupa bukti empiris sehingga dapat digunakan oleh pengguna akhir energi. Prinsip utama n domestik transfigurasi energi adalah pengiritan energi, pengurangan rugi energi dan peningkatan efisiensi energi yang dikelola melalui manajemen energi. Transfigurasi energi dilakukan dengan memperhatikan tata energi sonder memikirkan kondisi keragaman teknologi dari pemakai energi di bagian akhir siklus energi.[22]
Proses konversi energi dapat dilakukan dengan memperalat mesin konversi energi. Pengubahan energinya dapat internal energi mekanis, energi elektrik, energi kimia, energi nuklir dan energi termal.[23]

Manajemen

[sunting
|
sunting sumber]

Penyelenggaraan energi selalu berkaitan dengan metamorfosis energi. Prinsip umum penyelenggaraan energi dan transformasi energi adalah ekuivalen. Masing-masing harus menggunakan prinsip yang berperangai umum dan telah memiliki tingkat keabsahan yang dapat ditunjukkan melangkaui bukti empiris. Manajemen energi tidak dipengaruhi makanya tingkat keragaman konsumen penghabisan energi. Kondisi ini main-main bagi segi standar teknis, ekonomi maupun mileu. Konversi energi di dalam kajian manajemen energi berjasa bahwa setiap proses perubahan energi harus boleh dibuat mengalami kerugian energi dengan jumlah yang sesedikit mungkin. Manajemen energi dalam hal ini bermain dalam meningkatkan tepat guna energi yang dipengaruhi oleh adanya kegiatan konversi energi. Penyelenggaraan energi yang efektif terulur melampaui tahap pengumpulan dan penguraian informasi. Tahap pengumpulan pemberitaan menutupi analisis data sejarah energi, audit energi, akuntansi, amatan teknik serta pembuatan proposal investasi dengan riset kelayakan bak acuannya. Sementara tahap penyampaian informasi meliputi pelatihandan pemberian informasi kepada sida-sida yang bekerja di rataan energi.[22]
Acara tata energi disesuaikan dengan kemampuan estimasi perusahaan dalam pembiayaan energi. Indeks kinerja utama sreg energi-energi yang penting dkenali lakukan keperluan pencermatan energi. Pekerjaan manajemen energi ini dapat dilakukan oleh konsultan dai pihak n domestik maupun eksternal.[22]

Tatap pula

[sunting
|
sunting sumber]

Energi dalam ilmu alam

[sunting
|
sunting sumber]

  • Konversi energi
  • enthalpy
  • exergy
  • kunci (fisika)
  • Energi orbital spesifik
  • termodinamika
  • entropi termodinamika

Topik terdepan

[sunting
|
sunting sumber]

  • Daftar topik energi
  • Ketegangan energi
  • Pengembangan energi
  • Teknologi energi
  • Kebijakan energi
  • Energi terbaharui

Artikel lainnya

[sunting
|
sunting sumber]

  • Keadilan energi
  • Energy demand management and DSM
  • Penyimpanan energi
  • Persneling energi
  • EU Energy Label
  • Spiritual energy (sama dengan contoh sreg New Age)
  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia

Referensi

[sunting
|
sunting sumber]

Catatan kaki

[sunting
|
sunting sumber]


  1. ^

    Energy units are usually defined in terms of the work they can do. However, because work is an indirect measurement of energy, (One example of the difficulties involved: if you use the first law of thermodynamics to define energy as the work an object can do, you must perform a perfectly reversible process, which is impossible in a finite time.) many experts emphasize understanding how energy behaves, specifically the conservation of energy, rather than trying to explain what energy “is”.
    “The Feynman Lectures on Physics Vol I”
    (PDF)
    . Diakses tanggal
    3 Apr
    2014
    .





    [
    pranala nonaktif permanen
    ]



  2. ^


    Harper, Douglas. “Energy”.
    Online Etymology Dictionary
    . Diakses tanggal
    May 1,
    2007
    .





  3. ^


    Smith, Crosbie (1998).
    The Science of Energy – a Cultural History of Energy Physics in Victorian Britain. The University of Chicago Press. ISBN 0-226-76420-6.





  4. ^


    Lofts, G; O’Keeffe D; et al. (2004). “11 — Mechanical Interactions”.
    Jacaranda Physics 1
    (edisi ke-2). Milton, Queensland, Australia: John Willey & Sons Australia Ltd. hlm. 286. ISBN 0-7016-3777-3.





  5. ^


    Aswardi dan Yanto, D. T. P. (2019).
    Mesin Aliran Searah. Purwokerto: CV IRDH. hlm. 7. ISBN 978-623-7343-12-7.





  6. ^

    The Hamiltonian MIT OpenCourseWare website 18.013A Chapter 16.3 Accessed February 2007

  7. ^


    Society, National Geographic (2011-06-24). “biosphere”.
    National Geographic Society
    (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal
    2020-10-08
    .





  8. ^


    “Geography4Kids.com: BGC Cycles: Energy Cycle”.
    www.geography4kids.com
    . Diakses tanggal
    2020-10-08
    .





  9. ^


    “2.2: Energy”.
    Biology LibreTexts
    (dalam bahasa Inggris). 2018-09-21. Diakses copot
    2020-10-08
    .





  10. ^

    Pudjanarsa dan Nursuhut 2013, hlm. 3-4″Energi listrik yakni energi yang berkaitan dengan akumulasi distribusi elektron, dinyatakan dalam Watt-jam dan kiloWatt-jam. bentuk transisinya yakni aliran elektron melalui konduktor jenis tertentu. Energi listrik boleh disimpan sebagai energi medan elektrostatik nan ialah energi yang berkaitan dengan palagan listrik yang dihasilkan oleh terakumulasinya muatan elektron pada pelo-pelat kapasitor. Energi medan listrik ekivalen dengan energimedan elektromagnetik nan sama dengan energi yang berkaitan dengan medan magnet yang ketimbul akibat peredaran elektron melalui kumparan induksi.”

  11. ^

    Pudjanarsa dan Nursuhut 2013, hlm. 3″Tulangtulangan transisi dari energi mekanik yakni kerja. Energi operator yang tersimpan adalah energi potensial atau energi gerak.”

  12. ^

    Pudjanarsa dan Nursuhut 2013, hlm. 4″Energi elektromagnetik merupakan bentuk energi yang berkaitan dengan radiasi elektromagnetik. Energi radiasi dinyatakan dalam ketengan energi yang sangat kecil, yaitu elektron-Volt (eV) atau mega elektron-Volt (MeV) nan pula digunakan dalam evaluasi energi nuklir. Radiasi elektromagnetik ialah tulang beragangan energi steril dan enggak berkaitan dengan massa. Energi gigi semakin besar atau semakin energetik apabila panjang gelombangnya semakin pendek dan frekuensinya semakin jenjang. Sumber radiasi maupun tataran gelombang listrik radiasi elektromagnetikndibagi atas beberapa kelas dimana radiasi sinar gamma (y) adalah keberagaman radiasi nan paling energetik dari energi elektromagnetik. Sinar X dihasilkan oleh keluar orbitnya elektron. Radiasi termal ialah radiasi elektromagnetik yang timbul akibat getaran atom. Kelompok energi elektromagnetik ini sangat samudra, termasuk radiasi ultralembayung atau radiasi temperatur tataran dan kelompok boncel radiasitembus pandang serta kelompok radiasi temperatur rendah ataupun sinar inframerah. Radiasi gelombang milimeter dan gelombang mikro adalah bentuk energi berikutnya berpokok keberagaman radiasi elektromagnetik, digunakan lakukan radar serta microwave-cookers.”

  13. ^

    Pudjanarsa dan Nursuhut 2013, hlm. 5″Energi kimia merupakan energi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron dimana dua atau bertambah unsur/molekul berkombinasi sehingga menghasilkan senyawa ilmu pisah yang stabil. Energi ilmu pisah cuma dapat terjadi dalam bentuk energi tersimpan. Bila energi dilepas dalam satu reaksi maka reaksinya disebut reaksi eksotermis nan dinyatakan internal kJ, Btu, atau kKal. Bila energi dalam reaksi kimia terserap maka disebut dengan reaksi endotermis. Sumber energi mangsa bakar yang dahulu penting bagi manusia adalah reaksi kimia eksotermis nan plong umumnya disebut reaksi pembakaran. Reaksi pembakaran melibatkan oksidasi dari bahan bakar fosil.”

  14. ^

    Pudjanarsa dan Nursuhut 2013, hlm. 5-6″Energi nuklir yakni energi n domestik bagan tersimpan yang dapat dilepas akibat interaksi atom dengan ataupun n domestik inti atom. Energi ini dilepas sebagai hasil usaha partikel-partikel cak bagi memperoleh kondisi yang lebih stabil. Eceran nan digunakan adalah juta elektron reaksi. Puas reaksi nuklir boleh terjadi peluruhan radioaktif, fisi dan fusi.”

  15. ^

    Pudjanarsa dan Nursuhut 2013, hlm. 6″Energi termal merupakan bentukenergi dasar, yaitu semua energi yang dapat dikonversi secara penuh menjadi energi menggiurkan. Sementara itu pengomversian berasal energi termal ke energi bukan dibatasi oleh Hukum Termodinamika Kedua. Bentuk transisi dari energi termal adalah energi panas, dapat pula internal bentuk energi tersimpan sebagai kalor laten Atau kalor sensibel yang berupa entalpi.”

  16. ^

    I. Klotz, R. Rosenberg,
    Chemical Thermodynamics – Basic Concepts and Methods, 7th ed., Wiley (2008), p.39

  17. ^


    Kittel and Kroemer (1980).
    Thermal Physics. New York: W. H. Freeman. ISBN 0-7167-1088-9.





  18. ^

    Widjonarko, dkk. 2020, hlm. 114.

  19. ^

    Saleh dan Bahariawan 2018, hlm. 115.

  20. ^

    Widjonarko, dkk. 2020, hlm. 18.

  21. ^

    Ismail dan Rahman 2020, hlm. 6.
  22. ^


    a




    b




    c



    Sutikno, dkk. 2019, hlm. 1.

  23. ^

    Ismail dan Rahman 2020, hlm. 2.

Daftar pustaka

[sunting
|
sunting sendang]

  • Ismail dan Rahman, R. A. (2020).
    Energi Angin: Turbin Angin
    (PDF). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. ISBN 978-623-227-451-8.



  • Pudjanarsa, A. dan Nursuhut, D. (2013).
    Mesin Konversi Energi. Yogyakarta: ANDI. ISBN 978-979-29-3452-6.



  • Sutikno, dkk. (2019).
    Transformasi Energi: Manejemen, Prinsip, dan Aplikasi
    (PDF). Yogyakarta: UAD Press. ISBN 978-602-0737-31-7.



  • Saleh, A. S., dan Bahariawan, A. (2018).
    Siasat Asuh Energi dan Elektrifikasi Pertanian. Sleman: Deepublish. ISBN 978-602-475-036-7.



  • Widjonarko, dkk. (2020).
    Teknologi Penyimpanan Energi dan Perkembangannya
    (PDF). Jember: UPT Penerbitan Institut Jember. ISBN 978-623-7973-58-4.



Pranala luar

[sunting
|
sunting mata air]

  • Situs Berita Energi Terbarukan
  • Portal Media Siaran Teknologi dan Energi Hijau
    Diarsipkan 2009-08-15 di Wayback Machine.
  • Energy Encyclopedia Encyclopedia of free energy
  • Conversions of energy units
  • Renewable Energy
    [
    pranala nonaktif permanen
    ]

  • What does energy really mean? From Physics World Diarsipkan 2004-08-03 di Wayback Machine.
  • Glossary of Energy Terms
  • International Energy Agency IEA – OECD

Pustaka lanjutan

[sunting
|
sunting sumur]

  • Feynman, Richard.
    Six Easy Pieces: Essentials of Physics Explained by Its Most Brilliant Teacher. Helix Book. See the chapter “conservation of energy” for Feynman’s explanation of what energy is and how to think about it.
  • Einstein, Albert (1952).
    Relativity: The Special and the General Theory (Fifteenth Edition). ISBN 0-517-88441-0



Sistem Reproduksi Pada Tumbuhan Dan Hewan

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Energi

Baca juga:  Penggunaan Produk Elektronik Yang Ramah Lingkungan