aplikasi, aplikasi edit video, aplikasi edit foto, aplikasi penghasil uang, aplikasi bpjs ketenagakerjaan, aplikasi jaki, aplikasi edit video di laptop, aplikasi bpjs kesehatan, aplikasi pinjaman online, aplikasi awal bros, aplikasi adalah, aplikasi akuntansi, aplikasi absensi online,aplikasi arisan, aplikasi accounting, aplikasi awal bros batam, aplikasi admin slot, aplikasi belajar bahasa inggris, aplikasi baca novel gratis, aplikasi buat paspor, aplikasi bibit, aplikasi bobol wifi, aplikasi belanja online, aplikasi cek bansos, aplikasi cari jodoh, aplikasi cek pajak kendaraan, aplikasi capcut, aplikasi canva, aplikasi chat, aplikasi cari teman sekitar, aplikasi cek suhu tubuh, aplikasi desain rumah, aplikasi disdukcapil, aplikasi download video, aplikasi download video youtube, aplikasi dana, aplikasi download youtube, aplikasi desain baju, aplikasi daftar paspor online batam, aplikasi edit video di hp, aplikasi edit pdf, aplikasi edit foto terbaik, aplikasi edit background foto, aplikasi edit video terbaik, aplikasi foto, aplikasi freelance, aplikasi facebook, aplikasi foto jadi kartun,aplikasi flip, aplikasi foto bergerak, aplikasi film gratis, aplikasi foto di laptop,aplikasi gambar, aplikasi ganti background foto, aplikasi get contact, aplikasi gambar di ipad, aplikasi gambar denah rumah, aplikasi gojek, aplikasi gabung foto, aplikasi google, aplikasi halo awal bros, aplikasi hijau, aplikasi hotel, aplikasi hapus background, aplikasi hitung kalori, aplikasi hd foto, aplikasi hacker, aplikasi hotel murah

Apakah Yang Dimaksud Dengan Tanah Litosol

Apakah Yang Dimaksud Dengan Tanah Litosol

Daftar isi :

Diversifikasi Tanah

Pendistribusian keberagaman tanah yang dilakukan oleh para ilmuwan boleh berlainan-selisih dari negara satu pada lainnya. Terdapat 12 diversifikasi tanah berdasarkan USDA (United States Department of Agriculture). Dan yang lainnya adalah jenis tanah diluar sistem USDA.

  1. Alfisol

  2. Andisol maupun Andosol

  3. Aridisol

  4. Entisol

  5. Gelisol

  6. Histosol

  7. Inseptisol

  8. Mollisol

  9. Oksisol (kaya akan zat metal dan alumunium oksida)

  10. Spodosol atau Podsol

  11. Ultisol (tanah lempung merah)

  12. Vertisol

Berbagai spesies tanah. Sumber foto: Wikimedia Commons

Penjelasan Singkat Jenis Tanah

1. Alfisol

Jenis tanah yang makmur dengan aluminium dan logam. Mereka n kepunyaan tepi langit akumulasi lempung, dan terbentuk di mana ada layak kelembaban dan keharmonisan untuk setidaknya tiga bulan pertumbuhan tanaman. Mereka merupakan 10% terbit tanah di seluruh bumi.

Tanah alfisol
Cermin jenis tanah alfisol. Sendang foto: Wikimedia Commons

2. Andisol alias Andosol

Macam tanah abu vulkanik. Mereka masih muda dan dulu bakir. Mereka menghampari 1% permukaan bebas es marcapada.

Tanah andisol
Profil ini difoto di Provinsi Jambi, Sumatra Indonesia. Tanah terbimbing dalam abu vulkanik andesit puas kemiringan 27% pada ketinggian 1.200 meter di lereng kaki Mt. Hulunilo. Situs ini ditumbuhi oleh semak sekunder. Tumbuhan asli yaitu pangan pegunungan adv minim tanaman ek, pohon salam dan pakis pokok kayu. Kandungan karbon organik adalah 18,9 komisi di permukaan 9 cm dan tunak di atas 0,9 persen di semua cakrawala, meningkat menjadi 2 tip di cakrawala A nan tertimbun sreg 128 cm. Nilai pH kapling berkisar antara 5,2 setakat 5,9 di semua horizon. Daerah ini digunakan cak bagi pertanian subsisten dan penggembalaan. Sumber foto: Soil Science / Flickr

3. Aridisol

Petak kering terasuh di asal kondisi sahara yang memiliki kelembaban kurang dari 90 hari berturut-timbrung sejauh periode tanam dan enggak terurai. Mereka mencakup hampir 12% tanah di Manjapada. Pembentukan tanah lambat, dan akumulasi bahan organik langka. Mereka mana tahu memiliki zona caliche ataupun duripan di bawah permukaan. Banyak aridisol memiliki cakrawala Bt yang berkembang dengan baik yang menunjukkan pergerakan tanah liat dari periode kelembaban yang kian tangga.

Tanah aridisol
Kapling aridisol. Sendang foto USDA

4. Entisol

Jenis persil yang mentah terbentuk yang bukan memiliki varietas kapling nan berkembang dengan baik. Umumnya ditemukan di sungai dan pasir pantai yang tak terintegrasi dan petak liat atau abu vulkanik, beberapa mempunyai “lengkung langit” A di atas batuan dasar. Mereka adalah 18% semenjak tanah di seluruh dunia.

Tanah entisol
Lengkap kapling entisol. Mata air foto: Wikimedia Commons / USDA

5. Gelisol

Permafrost tanah dengan permafrost dalam 2 meter dari permukaan alias bahan gelik dan permafrost n domestik satu meter. Mereka merupakan 9% berpunca kapling di seluruh dunia.

Tanah gelisol
Contoh tanah gelisol. Sumur foto: USDA

6. Histosol

Jenis tanah organik, yang sebelumnya disebut petak pandau, ialah 1% dari persil di seluruh marcapada.

Tanah histosol
Contoh tanah histosol. Sumber foto: USDA

7. Inseptisol

Keberagaman persil mulai dewasa. Mereka memiliki formasi horizon bawah permukaan tetapi menunjukkan sedikit eluviasi dan iluviasi. Mereka ialah 15% dari tanah di seluruh marcapada.

Tanah inseptisol
Sempurna tanah inseptisol. Sumber foto: WWikimedia Commons dan USDA

8. Mollisol

Jenis petak berpunya lunak, dalam, gelap terbentuk di padang suket dan beberapa hutan papan keras dengan cakrawala A tinggal rimbun. Mereka adalah 7% dari tanah di seluruh dunia.

Tanah mollisol
Transendental kapling mollisol. Sumber foto: USDA

9. Oksisol

Varietas tanah sangat lapuk, mampu akan besi dan aluminium oksida (seskuoksida) atau kaolin tetapi rendah silika. Mereka cuma melacak zat makanan karena siram hujan tropis yang tangga dan suhu tinggi dan sedikit dari belet yang tersisa. Mereka adalah 8% dari tanah di seluruh dunia.

Tanah oksisol oxisol
Kamil tanah oksisol (oxisol). Mata air foto: USDA

10. Tanah cemberut spodosol

Jenis kapling dengan lapisan koloid organik yang dikomplekskan dengan besi dan aluminium yang terlepas dari sepuhan di atasnya. Mereka yaitu tanah tipikal wana konifer dan ranggas di iklim campah. Mereka merupakan 4% dari tanah di seluruh dunia.

Baca juga:  Sebutkan Dan Jelaskan Fungsi Dari Tari Modern
Tanah podsol spodosol
Kamil lahan podsol (spodosol). Sendang foto: USDA

11. Ultisol

Variasi petak masam di kawasan tropis lembab dan subtropis, yang terkuras kalsium, magnesium, dan kalium (nutrisi tanaman penting) Mereka sangat lapuk, hanya tidak lapuk begitu juga Oxisols. Mereka membentuk 8% dari petak di seluruh mayapada.

Tanah ultisol
Contoh persil ultisol. Sumber foto: USDA

12. Vertisol

Mereka kaya akan petak liat dan cenderung melembung ketika basah dan menciut selepas dikeringkan, sering membuat retakan yang dalam sehingga sepuhan permukaan bisa merosot. Macam Tanah vertisol selit belit untuk bertani ataupun membangun jalan dan bangunan karena tingkat ekspansi yang tinggi. Mereka merupakan 2% berasal tanah di seluruh manjapada.

Tanah vertisol
Contoh tanah vertisol. Sumur foto: USDA

13. Tanah Aluvial

tanah AluvialTanah aluvial merupakan tipe petak yang terjadi karena endapan lumpur biasanya nan terbawa karena aliran sungai. Tanah ini biasanya ditemukan dibagian hilir karena dibawa dari hulu. Tanah ini rata-rata bewarna coklat hingga kelabu.

Karakteristik

Tanah ini sangat setuju kerjakan pertanaman baik pertanian antah atau palawija seperti jagung, tembakau dan jenis pokok kayu lainnya karena teksturnya nan lembut dan mudah digarap sehingga tidak mesti membutuhkan kerja yang keras untuk mencangkulnya.

Persebaran

Kapling ini banyak tersebar di Indonesia berpokok sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Jawa.

14. Tanah Grumusol

tanah Grumusol

Persil grumusol terdidik bersumber pelapukan batuan kapur dan tuffa vulkanik. Kandungan organic di dalamnya terbatas karena dari batuan kapur jadi dapat disimpulkan tanah ini tidak gemuk dan tidak cocok bagi ditanami tanaman.

Karakteristik

Tekstur tanahnya kersang dan mudah terbit terutama saat tuarang dan mempunyai warna hitam. Ph yang dimiliki netral hingga alkalis. Lahan ini lazimnya berada di meres yang lain lebih dari 300 meter berpunca permukaan laut dan memiliki bentuk topografi datar hingga bergelombang. Perubahan temperatur pada daerah yang terdapat tanah grumusol terlampau nyata saat panas dan hujan.

Arus

Persebarannya di Indonesia sebagaimana di Jawa Perdua (Demak, Jepara, Pati, Rembang), Jawa Timur (Ngawi, Madiun) dan Nusa Tenggara Timur. Karena teksturnya yang tandus maka akan bagus sekiranya ditanami vegetasi kuat sama dengan kayu jati.

15. Tanah Humus

tanah humus

Petak kompos merupakan tanah yang terbentuk mulai sejak pelapukan tumbuh-pokok kayu. Mengandung banyak partikel hara dan mineral dan sangat berbenda.

Karakteristik

Tanah Pupuk hijau suntuk baik untuk melakukan cocok tanam karena kandungannya yang suntuk produktif dan baik buat pohon. Persil ini n kepunyaan zarah hara dan mineral yang banyak karena pelapukkan tumbuhan setakat warnanya nyana kehitam hitaman.

Persebaran

Kapling ini terdapat di negeri yang terserah banyak rimba. Persebarannya di Indonesia menutupi provinsi Sumatera, Kalimantan, Jawa, Papua dan sebagian wilayah berpokok Sulawesi.

16. Tanah Laterit

Tanah Laterit

Lahan laterit memiliki corak abang bata karena mengandung banyak zat besi dan alumunium. Di indonesia sendiri tanah ini sepertinya patut fimiliar di beraneka ragam area, terutama di negeri desa dan perkampungan.

Karakteristik

Tanah laterit termasuk dalam jajaran tanah yang telah tua renta sehingga tidak cocok untuk ditanami tumbuhan apapun dan karena kandungan yang ada di dalamnya pula.

Persebaran

Persebarannya koteng di Indonesia menghampari Kalimantan, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

17. Tanah Latosol

tanah Latosol

Jenis tanah ini pula keseleo suatu nan terwalak di Indonesia, tanah ini terbentuk dari pelapukan batuan endapan dan metamorf.

Karakteristik

Ciri-ciri mulai sejak lahan latosol adalah warnanya yang merah hingga kuning, teksturnya lempung dan n kepunyaan solum lengkung langit. Perputaran tanah litosol ini berada di daerah yang memiliki curah hujan tinggi dan kelembapan yang janjang pula serta puas ketinggian berkisar pada 300-1000 meter berpangkal permukaan laut. Tanah latosol tidak berlebih subur karena mengandung zat logam dan alumunium.

Persebaran

Perputaran petak latosol di daerah Sulawesi, lampung, Kalimantan timur dan barat, Bali dan Papua.

18. Kapling Litosol

tanah Litosol

Tanah litosol merupakan tanah yang hijau mengalami perkembangan dan adalah tanah nan masih muda. Terbentuk bermula adanya peralihan iklim, topografi dan adanya vulkanisme.

Karakteristik

Bakal melebarkan kapling ini harus dilakukan dengan cara menanam pokok kayu cak agar mendapatkan mineral dan unsur hara yang cukup. tekstur tanah litosol bermacam-keberagaman ada yang renik, bebatuan lebih lagi berpasir.

Persebaran

Biasanya terdapat pada daerah yang n kepunyaan tingkat kecuraman tinggi seperti mana di ardi pangkat, nusa tenggara barat, Jawa paruh, Jawa Barat dan Sulawesi.

19. Lahan Kapur

tanah kapur

Seperti dengan namanya tanah kapur berasal semenjak batuan kapur yang mengalami pelapukan.

Karakteristik

Karena terpelajar bersumber lahan kapur maka boleh disimpulkan bahwa tanah ini tidak rani dan tidak boleh ditanami tanaman yang membutuhkan banyak air. Tetapi jika ditanami oleh tumbuhan yang langgeng dan tahan lama seperti pohon jati dan tanaman keras lainnya.

Persebaran

Petak kapur tersebar di daerah nan kering sebagai halnya di gunung kidul Yogyakarta, dan di area pegunungan kapur begitu juga di Jawa Tengah, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga:  Cara Membuat Kandang Ayam Dari Kayu Bulat

20. Tanah Mergel

Tanah Mergel

Hampir sama dengan tanah kapur, spesies tanah ini sekali lagi mulai sejak bermula kapur, cuma dicampur dengan berbagai rupa bahan lainnya yang membedakan yaitu kamu lebih mirip seperti pasir. Tanah mergel terbentuk dari batuan kapur, pasir dan lahan liat dan mengalami pembentukan dengan bantuan hujan semata-mata tidak merata.

Karakteristik

Tanah ini bernas dan bisa ditanami makanya persawahan dan perkebunan. Selain itu kembali terwalak banyak mineral dan air di dalamnya.

Peredaran

Tanah ini banyak terletak di daerah dataran rendah seperti mana di Solo (Jawa Tengah), Madiun dan Kediri (Jawa Timur).

21. Tanah Organosol

tanah Organosol

Kapling organosol terlatih dari pelapukan benda organic seperti tanaman, gambut dan pandau. Biasanya terdapat di daerah yang memiliki iklim basah dan memiliki guyur hujan strata.

Karakteristik

Ketebalan dari tanah ini sangat minim hanya 0.5 mm saja dan memiliki diferensiasi kaki langit yang jelas, kandungan organic di dalam tanah organosol lebih berpunca 30% dengan tekstur lempung dan 20% untuk tanah nan berpasir. Kandungan unsur hara invalid dan memiliki tingkat humiditas invalid (PH 0,4) saja.

Persebaran

Persil ini biasanya ditemukan di daerah tepi laut dan hampir tersebar di seluruh pulau di Indonesia seperti sumatera, papua, Kalimantan, jawa, Sulawesi dan nusa tenggara.

22. Tanah Wadas

tanah padas

Tanah padas sebenarnya tak lagi dapat dibilang sebagai tanah karena sangat keras erat begitu juga dengan batuan.

Karakteristik

Hal ini dikarenakan nafkah air didalamnya hampir tidak ada karena petak padas sangat padat bahkan tak ada air. Zarah hara nan terserah di dalamnya sangat adv minim dan kas dapur organiknya dahulu rendah bahkan sanding tidak ada. Tanah padas tidak sekata digunakan cak bagi bercocok tanam.

Rotasi

Jenis tanah ini tersebar erat di seluruh negeri Indonesia secara merata.

23. Tanah Pasir

tanah pasir

Seperti dengan namanya tanah pasir merupakan pelapukan dari batuan pasir.  Tanah ini biasanya banyak di area selingkung pantai ataupun daerah kepulauan.

Karakteristik

Tanah pasir tidak memiliki kandungan air dan mineral karena teksturnya yang habis lemah. Tanah kersik halus akan lampau mudah ditemukan di daerah nan berpasir di Indonesia. Andai negara kepulauan, Indonesia adalah salah satu negara dengan total tanah ramal terluas di dunia. Jenis pokok kayu yag cocok untuk tanah ini yakni umbi-umbian.

Revolusi

Sanding seluruh wilayah di Indonesia memiliki persebaran tanah pasir.

24. Tanah Podsolik Biram Kuning

tanah Podsolik

Tanah ini sangat mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia karena persebarannya yang hampir rata.

Karakteristik

Kapling ini bewarna merah hingga asfar dan kandungan organic serta mineralnya akan sangat mudah mengalami penyabunan oleh air hujan. Maka dari itu karena itu bakal menyuburkan tanah ini harus ditanami tumbuhan nan memberikan zat organic untuk kesuburan tanah serta jamur baik hayati maupun hewani.

Persebaran

Petak ini boleh digunakan untuk perkebunan dan persawahan serta dapat ditemukan di Sumatera, Sulawesi, Papua, Kalimantan dan Jawa terutama jawa fragmen barat.

25. Kapling Liat

tanah liatPersil liat adalah spesies tanah yang terdiri berpokok senyawa dari aluminium serta silikat yang memiliki sengkang tak bertambah dari 4 mikrometer. Lahan liat terbentuk semenjak adanya proses pelapukan batuan silika yang dilakukan oleh bersut bikarbonat dan sebagian diantaranya dihasilkan dari aktivitas geotermal.

Karakteristik

Kapling liat tersebar di sebagian besar area Indonesia secara merata. Kebanyakan digunakan lakukan membuat kerajinan hingga keperluan lainnya. Kapling liat lazimnya memiliki warna abu abu pekat atau hampir memfokus ke rona hitam, biasanya terdapat di bagian internal tanah ataupun di penggalan permukaan.

Persebaran

Tanah liat dempet tersebar secara merata di seluruh kawasan di Indonesia, hanya yang membedakannya adalah kedalaman persil tersebut. Selain 18 Jenis persil ada 10 variasi tanah lainnya yang ada di Indonesia atau di dunia.

Klasifikasi Tanah

Klasifikasi tanah adalah hobatan yang berhubungan dengan penggolongan persil berlandaskan karakteristik yang menyingkirkan saban variasi tanah.

Klasifikasi petak ialah sebuah subjek yang dinamis yang mempelajari struktur dari sistem klasifikasi tanah, definisi dari kelas-kelas yang digunakan bakal penggolongan persil, kriteria yang menentukan pengelompokan tanah, hingga penerapannya di lapangan. Tanah seorang dapat dipandang sebagai material maupun sumber daya.

Konservasi tanah

Konservasi kapling merupakan serangkaian strategi pengaturan untuk mencegah abrasi tanah semenjak permukaan mayapada atau terjadi perubahan secara kimiawi ataupun biologi akibat eksploitasi yang jebah, salinisasi, pengasaman, atau akibat pengotoran lainnya. Strategi nan biasanya dipakai, yaitu:

  • pemilihan vegetasi intiha tanah
  • penangkalan erosi
  • pengaturan kadar garam
  • pengendalian keasaman
  • meningkatkan keabadian organisme petak yang menguntungkan
  • penangkalan dan remediasi kapling dari kontaminasi
  • mineralisasi

Strategi lainnya yang biasa dipergunakan dalam bidang pertanian yaitu:

  • pertanian tanpa pengolahan tanah
  • perebusan kapling berkontur
  • alur penahan angin (windbreak)
  • arus pokok kayu
  • penggunaan pupuk alami
  • menempohkan lahan

Banyak rataan guna-guna yang berkujut dalam upaya-upaya tersebut, diantaranya agronomi, hidrologi, ilmu tanah, ilmu pisah lingkungan, meteorologi, mikrobiologi dan teknik persawahan.

Tanah Yakni

Tanah adalah babak kerak mayapada nan tersusun bersumber mineral dan bahan organik. Terdapat banyak spesies tanah, begitu juga: Alfisol, Andisol, Aridisol, Entisol, Gelisol, Histosol, Inceptisol, Mollisol, Oxisol, Spodosol, Ultisol, Vertisol.

Baca juga:  Kayu Jati Dimanfaatkan Manusia Untuk Dijadikan Bahan Pembuatan

Tanah sangat vital peranannya bagi semua nasib di manjapada karena petak mendukung usia pokok kayu dengan meluangkan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar tunggang. Struktur persil nan berongga-sinus juga menjadi panggung nan baik bagi akar untuk bernapas dan tumbuh. Kapling juga menjadi habitat hidup berbagai jasad renik. Untuk sebagian besar binatang darat, kapling menjadi tanah cak bagi sukma dan mengalir.

Eksemplar Soal Dan Jawaban Tentang Jenis Tanah

1. Tanah podsolik yakni tanah yang…

A. Terdidik karena tenaga alam, guru tangga, hujan banyak dan pohon yang jelek
B. Dari endapan bahan yang di angkut oleh air, baik batuan mauoun organisme
C. Mengandung kuarsa, yuridiksi suhu rendah dan curah hujan tinggi
D. Dari target induk organik nan mengalami pelapukan

Jawaban : C

2. Di Pulau Sumatera sebagian besar terdiri dari tanah vulkanis, soren dan aluvial. Hal ini disebabkan oleh faktor berikut, kecuali…

A. Adanya varietas hutan hujan tropis
B. Adanya rawa-rawa
C. Adanya gunung-gunung yang aktif
D. Adanya kali besar lautan

Jawaban : B

3. Berikut adalah beberapa ciri-ciri tanah:

(1). Dari material abrasi yang diangkut kali besar

(2). Berpokok mulai sejak bebatuan beku nan lapuk

(3). Kepejalan nya dalam keadaan basah lekat

(4). Topografi galibnya berbukit-jabal

(5). Kesuburan madya hingga hierarki

Dari ciri tersebut, yang termaktub ciri-ciri tanah aluvial adalah…

A. 2, 3 dan 4
B. 1, 2 dan 3
C. 1, 3 dan 5
D. 1, 2 dan 4

Jawaban : C

4. Lapisan tanah yang gelojoh disebut tanah olah atau persil pertanian adalah…

A. Sepuhan tanah asal
B. Saduran tanah atas
C. Lapisan tanah induk lahan
D. Saduran petak induk

Jawaban : B

5. Kapling yang berasal dari pelapukan korban-bahan organik terutama tumbuh-pokok kayu adalah tipe tanah…

A. Organosol
B. Aluvial
C. Litosol
D. Regosol

Jawaban : A

6. Tanah yang mersik harus dipupuk, tujuan perabukan adalah…

A. Mempemudah irigasi
B. Membagi korban makanan
C. Bikin mengurangi penguapan lahan
D. Mengurangi bahaya air bah

Jawaban : B

7. Berikut ini nan merupakan ciri-ciri tanah yang subur, kecuali…

A. Banyak mengandung asam
B. Struktur tanahnya baik, butir petak tidak bersisa rapat/berkemut-kemut
C. Banyak mengandung bersut
D. Sedikit mengandung zat asam

Jawaban : B

8. Spesies persil yang berasal berpokok bahan muntahan dolok berapi disebut tanah…

A. Aluvial
B. Laterit
C. Mergel
D. Vulkanik

Jawaban : D

9. Variasi kapling mergel, lahan yang terbentuk berbunga incaran…

A. Muntahan gunung berapi
B. Endapan batuan kapur yang bercampur dengan lumpur
C. Endapan lumpur sungai
D. Sisa tumbuhan dan organisme nan membusuk

Jawaban : B

10. Varietas tanah yang sangat cocok untuk tanaman kelapa ialah…

A. Tanah aluvial
B. Lahan batu halus
C. Kapling mergel
D. Tanah kapur

Jawaban : B


Bacaan Lainnya yang Boleh Membentuk Anda bertambah Mandraguna

  • Daftar Gunung Berapi di Indonesia
  • Longsor Bawah Laut – Penjelasan dan Penyebab
  • Penyebab Tsunami
  • Cara Melindungi Diri Saat Gunung Berapi Meletus
  • Gunung Agung Terkini dan Sejarah Erupsi Bukit Agung di Bali
  • Letusan Gunung Samalas 1257 di Lada Menyebakan Cuaca Ekstrem Dunia
  • Vulkano / Ancala Berapi Gunung yang terbentuk di sekitar lubang atau bukaan di tanah
  • Jatuh di Lava – Segala Yang Terjadi Jika Anda Termendak Dalam Isi perut bumi? Apa yang terjadi pada raga Dia?
  • Waktu Kesiapsiagaan Bencana Kewarganegaraan Diperingati Setiap Tanggal 26 April – Cara-Cara Cak bagi Mencagar Diri dari Bencana
  • Signifikansi Peringatan Gunung Berapi – Tingkat Aktivitas Level 1-4 di Indonesia
  • Hasil ledakan ancala berapi: gas vulkanik, lava, magma, hujan abu, gegana panas
  • Daftar Jabal Berapi di Indonesia
  • Abstrak Cak bertanya UN Kimia Beserta Jawabannya
  • Berapa Intelek IQ Dia? Pembenaran IQ Anda Disini
  • 10 Cara Belajar Pintar, Efektif, Cepat Dan Mudah Di Ingat – Untuk Ulangan & Ujian Tentu Sukses!
  • Tulisan Menunjukkan Kepribadian Anda & Bagaimana Kaidah Dia Menulis?
  • Problem yang dapat dicegah dengan vaksin – Perlu diketahui
  • Top 10 Sungai Terpanjang Di Marcapada
  • Gelanggang Wisata Yang Perlu Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negri
  • Ketupat bangkahulu Tangan Melambangkan Karakter Anda & Kepalan nomer berapa yang Anda miliki?
  • Bentuk Kaki Menandakan Karakter Beliau – Gambar Suku nomer berapa yang Anda miliki?

Unduh / Download Petisi HP Pinter Ahli

Respons“Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Ia memasang applikasi kita!

Siapa sejumlah kepingin pintar harus bayar?Permohonan Ilmu pengetahuan dan informasi yang mewujudkan Anda menjadi kian smart!

  • HP Android
  • HP iOS (Apple)

Sumber bacaan: Environment, Wikipedia (Inggris)





Pinter Pandai “Bertepatan Berbagi Aji-aji”



Quiz
 |Matematika|IPA
 |Geografi & Album|Info Unik|Lainnya
|
Business & Marketing

Apakah Yang Dimaksud Dengan Tanah Litosol

Source: https://www.pinterpandai.com/jenis-tanah-alfisol-andisol-aridisol-entisol-gelisol-histosol-inceptisol-mollisol-oxisol-spodosol-ultisol-vertisol/