Jelaskan Masing Masing Jenis Pertunjukan Instrumental

Duwus.com – Jelaskan Masing Masing Jenis Pertunjukan Instrumental

Lihat Foto

Penonton menyaksikan pertunjukan musik di gelaran JakIPA di Monas, Jakarta Pusat. Sabtu (16/11/2019)

KOMPAS.com– Dalam setiap pertunjukkan seni harus didahului dengan persiapan. Hal tersebut juga berlaku untuk pertunjukan musik.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pertunjukan artinya tontonan atau sesuatu yang dipertunjukkan (bioskop, wayang, dan sebagainya) serta bersifat permanen.

Dalam buku Musik dan Kosmos: Sebuah Pengantar Etnomusikologi (2000) oleh Shin Nakagawa, pertunjukan merupakan kegiatan kesenian, baik pertunjukan musik, drama, atau pertunjukan lainnya.

Sedangkan musik yaitu nada atau suara yang disusun sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi itu).

Pertunjukan musik adalah suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik dengan kualitas. DI mana pertunjukan tersebut dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

Baca juga: Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Bentuk pertunjukan musik

Dalam pertunjukan musik ada beberapa bentuk penyajian yang erat kaitannya dengan tujuan dan jenis musik yang disajikan. Berikut bentuk-bentuk penyajian musik:

Penyajian musik orkestra

Penyajian musik orkestra memerlukan peralatan instrument yang lengkap dan pemain yang cukup banyak.

Para pemain musik dituntut untuk disiplin tinggi dan harus menjaga kekompakan dan keharmonisan.

Meskipun orchestra terkesan formal, tetapi dapat dihadiri oleh penonton yang banyak.

Penyajian musik tunggal

Penyajian musik tunggal adalah bentuk penyajian musik yang menampilkan seseorang memainkan alat musik tertentu. Seperti memainkan piano, biola, atau gitar.

Baca juga: Contoh Kritik Musik

Lihat Foto

KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI

Pertunjukan musik di trotoar sudirman, Rabu (29/8/2018)

Berikut adalah soal mata pelajaran Seni Budaya (Musik) kelas XI SMA materi Pertunjukan Musik Barat lengkap dengan kunci jawaban.


Soal Essay:

  1. Sebutkan ciri karakteristik Pertunjukan musik elektrik!
  2. Jelaskan ciri karakteristik Pertunjukan musik solo!
  3. Menurut kalian bentuk pertunjukan musik yang yang berfungsi sebagai media komersial !
  4. Pertunjukan musik barat dalam memiliki beberapa tujuan, Menurut kalian bentuk pertunjukan musik apa yang cocok dipergelarkan disekolah kalian ? Berikan alasannya !
  5. Dari hasil mengamati visual atau audio visual anda, coba jelaskan ciri-ciri dari musik pertunjukan orchestra menurut pengamatanmu !
  6. Sebutkan ciri karakteristik Pertunjukan ansambel petik,!
  7. Jelaskan ciri karakteristik pertunjukan musik ansambel campuran!
  8. Jelaskan ciri-ciri karakteristik pertunjukan brass band!
  9. Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai instrument ritmis!
Baca juga:  Berikan Contoh Tindakan Ekonomi Yang Didasarkan Atas Kejujuran

1. Ciri karakteristik Pertunjukan musik elektrik yaitu pertunjukan musik dengan peralatan berkekuatan tinggi yang berbeda dari penyajian musik sebelumnya yang ditampilkan di dalam ruang tertutup, pertunjukan jenis musik ini biasanya dilakukan di ruang terbuka dengan jumlah penonton yang bisa mencapai ribuan orang.

2. Ciri karakteristik Pertunjukan musik solo yaitu bentuk pertunjukan musik yang hanya menampilkan seorang musikus dalam bernyanyi ataupun dalam memainkan alat musik tertentu. contohnya, pertunjukan seni vocal seorang diri, mempertunjukan permainan trompet seorang diri, mempertunjukan piano seorang diri.

3. Bentuk pertunjukan musik yang berfungsi sebagai media komersial adalah Pertunjukan seni musik yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan finansial, baik bagi penciptanya, penyanyinya, maupun penyelenggaranya.

4. Pertunjukan musik barat memiliki beberapa tujuan, bentuk pertunjukan musik yang cocok dipergelarkan disekolah adalah Bentuk pertunjukan seni musik bertujuan karakter, karena dalam pertunjukan musik karakter ini kita menanamkan nilai-nilai moral dan etika kepada penikmat seni. Pendidikan karakter seperti perilaku sopan, halus, hormat kepada orang tua, cinta keindahan, menyayangi tanaman dan binatang, patuh kepada guru, norma-norma kehidupan bermasyarakat.

5. Ciri-ciri dari musik pertunjukan orchestra yaitu memiliki sifat formal dan disiplin tinggi, melibatkan banyak pemusik, dan biasa dihadiri oleh jumlah penonton yang jauh lebih besar daridapa pertunjukan musik lainnya, menampilkan musikus andal dalam jumlah besar, bahkan bisa mencapai 100-an pemusik. Pertunjukan musik membutuhkan gedung pertunjukan yang khusus.

6. Ciri karakteristik Pertunjukan ansambel petik yaitu pada pertunjukan ansambel petik rata-rata sebagian besar instrument yang dimainkan adalah intrumen petik, biasanya instrument utama yang digunakan instrumen adalah gitar.

7. Ciri karakteristik pertunjukan musik ansambel campuran yaitu bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik contohnya, cello, viola, contra bass, juga simbal.

Baca juga:  Hitunglah Luas Dan Keliling Masing Masing Bangun Tersebut

8. Ciri-ciri karakteristik pertunjukan brass band adalah ansambel yang seluruh instrumen musiknya terdiri golongan alat-alat musik tiup.

9. Instrument ritmis adalah instrumen musik yang hanya dapat menghasilkan bunyi atau suara yang dalam pertunjukan musik berfungsi sebagai pengatur irama lagu

Jenis pertunjukan musik instrumental salah satunya ialah orkestra. Foto: Pexels.


Orkestra termasuk salah satu

jenis

pertunjukan

musik

instrumental. Istilah pertunjukan musik instrumental sendiri memiliki berarti pertunjukan seni musik yang diiringi oleh instrumen.


Namun, apa saja jenis-jenis pertunjukan instrumental dalam dunia musik? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Jenis Pertunjukan Instrumental


Mengutip buku

Seni Budaya Kelas XI Semester 1

oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jenis-jenis pertunjukan instrumental masing-masing dibagi menjadi lima. Berikut uraiannya:


Kata resital berasal dari bahasa

Inggris
, yaitu

recital

yang berarti deklamasi atau pertunjukan piano secara sendiri (solo). Jenis pertunjukan instrumental ini menyanyikan lagu-lagu karya sendiri yang mendeskripsikan atau menceritakan perjalanan proses kreatif sang pianis. Biasanya yang dimainkan adalah portofolio karya sang seniman.


Ensambel merupakan kelompok musik yang diiringi dengan instrumen sejenis atau campuran. Ensambel memiliki beberapa macam instrumen. Contohnya, ensambel gesek, ensambel tiup, ensambel perkusi, ensambel petik, dan ensambel campuran.


Ensambel gesek hanya memainkan alat musik gesek sejenis violin, biola, celo, dan contrabas. Sedangkan ansambel campuran memainkan aneka alat musik, mulai dari alat musik ritmis, melodis, maupun harmonis.


Orkestra merupakan kelompok musisi yang memainkan alat musik bersama. Kelompok orkestra mempunyai 30- 40 pemain hingga 100-an pemain.


Bila beranggotakan 30-40 pemain, disebut orkestra kecil. Lalu bila memiliki sekitar 100 pemain disebut orkestra besar (
Symphony orchestra

atau

Philharmonic orchestra
).


Jumlah anggota pasti di orkestra berbeda-beda, tergantung pada karya yang dimainkan dan juga luas tempat konser. Biasanya orkestra memainkan musik-musik klasik.

Baca juga:  Sebagai Suatu Seni Sejarah Memerlukan Hal Berikut Kecuali

Jenis pertunjukan musik instrumental salah satunya ialah band. Foto: pexels.


Band adalah pertunjukan musik barat terpopuler. Sebab hampir semua negara pernah mengadakan pertunjukan band. Setiap negara juga biasanya mempunyai grup band yang legendaris.


Sebelumnya, band kerap disamakan dengan grup musik atau ensambel musik. Dengan perkembangan teknologi pada bidang akustik, akhirnya alat musik mengalami sentuhan teknologi. Kini pertunjukan musik tidak lagi memerlukan instrumen yang banyak dan cukup dimainkan oleh sedikit orang.


Dengan demikian, band berisi kumpulan musik yang hanya terdiri atas dua atau lebih musisi. Mereka memainkan alat musik ataupun bernyanyi.


Band jazz, misalnya, biasanya menggunakan instrumen musik tiup berupa satu atau beberapa saksofon, trompet, dan lain-lain. Lalu, terdapat satu atau dua instrumen yang bermain ritmis, seperti gitar elektrik, piano, atau organ. Kemudian ada juga sebuah instrumen bas, dan seorang drummer atau pemain perkusi.


Pertunjukan musik band juga tergolong popular karena musiknya cukup keras dan jumlah instrumennya tidak terlalu banyak. Karena faktor tersebut, sebuah band tidak memerlukan banyak pemain. Terlebih, telah ada teknologi akustik dan multimedia yang mendukung.


Untuk bermain band, cukup merekrut empat atau lima orang pemain. Isinya terdiri atas satu pemain gitar melodi, satu pemain gitar ritem, satu pemain gitar bas, satu pemain keyboard, dan satu pemain drum. Salah satu di antaranya dapat merangkap sebagai vokalis. Contoh grup band rock ialah The Beatles, The Rolling Stones, atau Koes Plus.

Jelaskan Masing Masing Jenis Pertunjukan Instrumental

Sumber: https://kafesentul.com/pertunjukan-musik-yang-hanya-menampilkan-alat-musik-instrumen-adalah-musik